√ Essay : Pengertian, Contoh & Cara Membuatnya Lengkap

Diposting pada

√ Essay : Pengertian, Contoh & Cara Membuatnya Lengkap

 

 

Materi.Co.ID – Hay hay bertemu lagi dengan artikel materi.co.id . Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat essay . Simak ulasan lengkap nya dibawah ini

 

√ Cara Membuat Essay yang Mudah Secara Lengkap
√ Cara Membuat Essay yang Mudah Secara Lengkap

 

Pengertian Essay

Essay ialah sebuah tulisan yang dialam nya memuat tentang pendapat, pandangan, atau ekspresi pribadi mengenai suatu hal yang sedang hangat di masyarakat. Agar tujuan essay dapat tersampaikan dengan baik, maka dari itu sebuah essay haruslah ditulis dengan sebaik mungkin.

 


Cara Membuat Essay

1. Tentukan tema semenarik mungkin

Sebelum menulis sebuah essay, tentukan terlebih dahulu essay apa yang ingin Anda tulis. Sebuah tema yang bagus akan memberikan pengaruh besar untuk isi keseluruhan essay tersebut. Oleh karena itu, pilihlah tema yang sedang hangat terjadi, sehingga para pembaca mau meluangkan waktunya untuk membaca essay yang akan ditulis.

 

2. Lakukan research

Setelah mendapatkan tema, lakukanlah research melalui buku atau internet tentang tema tersebut. Hal ini dilaksanakan guna mendukung argument yang ingin ditulis di dalam essay, sehingga pendapat akan menjadi semakin kuat. Apabila essay disupport dengan data seperti, fakta, contoh, teori, dan lainnya, maka essay tersebut akan menjadi bagus , dan sebaliknya.

 

3. Membuat Kerangka atau outline

Membuat kerangka atau outline berguna pada saat membuat sebuah karya tulis. Hal ini dilakukan untuk menyusun ide – ide yang ingin diungkapkan. Selain itu, dengan outline, tulisan tidak akan keluar dari ide atau tema, sehingga essay akan logis.

 

4. Memperhatikan pemilihan kata

Essay yang baik ialah essay yang menggunakan bahasa yang baik, sebab essay ialah karya tulis formal. Jadi gunakanlah bahasa yang formal. Disamping itu, Harus mempertimbangkan siapa calon pembaca essay. Jika calon pembaca essay ialah para intelektual, gunakanlah bahasa intelektual pula. Dan sebaliknya, apabila calon pembaca ialah masyarakat awam, gunakanlah bahasa umum, tetapi tetap menggunakan bahasa yang formal. Ini bertujuan untuk menjadikan essay selain baik secara struktur, juga baik secara konteks, karena mudah dipahami.

 


Menulis Essay

Sesudah semua persiapan diatas telah selesai dilakukan, mulailah menulis. Dalam menulis essay ada 3 hal yang harus diperhatikan, yaitu :

1. Introduction

Introduction ialah bagian awal essay, Bagian ini mengungkapkan hal yang akan dibahas di dalam sebuah essay. Selain itu, di dalam introduction juga terdapat statement tentang suatu pemasalahan yang akan dibahas, tulislah statement tersebut dengan bahasa yang dapat menimbulkan pertanyaan dan keingintahuan dari pembaca untuk mencari tahu alasan tentang statement tersebut.

 

2. Isi

Bagian selanjunya adalah isi. Bagian ini mengandung garis besar keseluruhan isi essay. Tulislah dengan mengacu pada point dioutline yang telah dibuat. Kembangkan point tersebut dan jangan lupa untuk memberikan pendukung berupa data agar opini Anda tidak lemah.

 

3. Penutup

Bagian selanjutnya ialah penutup. Bagian ini berupa konklusi atau kesimpulan dari essay. Tulislah kembali point pada bagian isi dengan bahasa lain dan dalam satu kalimat. Suatu kesimpulan haruslah mewakili isi essay tersebut dan jangan timbulkan ide atau topik baru pada bagian penutup.

 

4. Judul

Judul juga penting dalam membuat essay. Judul yang baik ialah judul yang bisa memikat perhatian orang lain, sehingga mereka tertarik untuk membacanya.

 


Contoh Essay

Kebut Membawa Maut

Akhir-akhir ini sering sekali terjadi kecelakaan di jalan raya, terutama pada musim mudik atau menjelang lebaran. Kecelakaan tersebut disebabkan banyak faktor, seperti mengantuk,kelelahan, mesin yang tidak fit, kebut-kebutan, dan lain-lain. Namun, dari banyaknya faktor tersebut, kebut-kebutan merupakan faktor yang sangat berbahaya diantara semua faktor-faktor lainnya.

Menurut data yang diperoleh dari kepolisian dan jasa raharja, pada tahun lalu terjadi 1900 kasus kecelakaan di jalan raya akibat kebut-kebutan. Kebut-kebutan sangatlah berbahaya , sebab ini dapat merugikan banyak pihak, baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Untuk lebih meyakinkan statement di atas, berikut ini adalah 2 paragraf yang membahas tentang kerugian akibat kebut-kebutan di jalan raya.

Yang pertama adalah, kebut-kebutan bisa mencelakai diri sendiri dan orang-orang terkasih. Mengendarai kendaraan di luar batas normal akan menyebabkan kecelakaan, sehingga melukai diri sendiri dan orang – orang terkasih yang ada di dalam mobil. Bahkan tidak hanya melukai, tetapi juga bisa mengambil nyawa mereka yang kebut-kebutan di jalan raya. Data kepolisian mengungkapkan bahwa lebih dari 1900 kasus kecelakaan dijalan rayadiakibat karena kebut-kebutan, dan setidaknya ada 5034 orang yang meninggal.

Kedua, kebut-kebutan bisa mencelakai orang lain, khususnya pejalan kaki. Para pengemudi yang memacu kendaraannya di luar batas bisa kehilangan control akan kendaraanya, sehingga akan menabrak para pejalan kaki.

Contohnya kasus yang terjadi di Tugu Tani, Jakarta 5 tahun silam, sebanyak 17 orang meninggal dunia, dan 20 orang luka-luka, akibat tertabrak mobil yang dikendarai oleh seorang wanita.

Maka dari itu, kebut-kebutan dapat menyebabkan kecelakaan dan mengantarkan kematian di jalan raya, tidak hanya bagi pengemudi, tetapi juga bagi orang lain yang ikut menggunakan jalan raya yang tidak bersalah.

 


Contoh Essay dalam Bidang Ekonomi

Judul : Melemahnya Rupiah

Semakin tahun, nilai tukar Rupiah cenderung sangat melemah. Hal ini tentunya bukan hal yang bagus, tetapi juga tidak dapat dihindarkan terutama dari negara-negara berkembang, salah satunya Indonesia. Nilai tukar Rupiah yang melemah bukannya tanpa sebab, tetapi banyak faktor yang menunjang hal tersebut.

Salah satu hal yang paling riskan yang menunjang melemahnya nilai tukar Rupiah adalah kecenderungan melambatnya ekonomi negara Indonesia, sedangkan pada negara-negara maju sedang terjadi pemulihan ekonomi. Selain itu, merosotnya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan ketidakpastian pemerintah menaikkan harga BBM juga mempengaruhi melemahnya Rupiah.

Nilai tukar sebuah mata uang sangat ditentukan oleh hubungan penawaran-permintaan atas mata uang. Jika permintaan atas sebuah mata uang meningkat sementara penawarannya menurun, maka nilai tukar mata uang akan naik, begitu pun sebaliknya. Dengan demikian, Rupiah melemah karena penawaran yang tinggi, sementara permintaannya rendah.

Melemahnya Rupiah tentunya memiliki beberapa dampak, beberapa diantaranya pada dinamika ekspor dan impor dan kenaikan nominal Rupiah dari utang luar negeri, karena utang luar negeri dipatok dengan mata uang asing. Uang Rupiah yang dimiliki Indonesia harus ditukar dengan mata uang asing. Akibatnya, nilai tukar Rupiah pun semakin melemah.

Bukan tidak mungkin nilai tukar Rupiah terhadap Dollar naik. Pada tahun 1999, kurs tengah Rupiah terhadap US Dollar mencapai 7.100, sangat jauh berbeda dengan tahun 2018 yang mencapai 14.000. Penguatan Rupiah ini didukung dari perbaikan IHSG di Bursa Efek Indonesia yang mencapai 691,9 poin atau menguat 62,8% pada akhir 2003.

Keluarnya investasi portofolio asing juga menjadi salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap melemahnya Rupiah. Hal ini dikarenakan dalam proses ini investor asing menukar Rupiah dengan US Dollar untuk diputar dan di investasikan di negara lain. Hal ini berarti akan terjadi peningkatan penawaran terhadap mata uang Rupiah.

Faktor lain yaitu neraca perdagangan yang defisit, yaitu ekspor yang dilakukan Indonesia lebih kecil daripada impor. Hal ini sebenarnya dapat ditanggulangi jika Indonesia dapat merubah kultur budaya nya menjadi bangsa yang unggul dalam bidang swasembada di segala bidang. Ini tentunya memungkinkan dengan kekayaan alam dan potensi sumber daya manusia yang dimiliki Indonesia.

Faktor ketiga yang juga sangat melemahkan Rupiah adalah bangsa Indonesia yang umumnya bersifat konsumtif serta boros, bukan menjadi negara yang produktif. Bayangkan saja jika Indonesia dapat menjadi produktif dan warga negara nya tidak melulu konsumtif, dengan itu selain menguatnya Rupiah, utang Indonesia ke luar negeri pun dapat dicicil bahkan dilunasi.

 

Demikianlah bahasan kita mengenai cara membuat essay . Terima kasih bagi yang menyempatkan waktu untuk membaca dan mampir di artikel √ Essay : Pengertian, Contoh & Cara Membuatnya Lengkap . Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu 🙂

 

Baca Juga Artikel

Baca Juga  √ Biografi : Pengertian , Ciri , Jenis , Struktur dan Contohnya Lengkap

Baca Juga  Pengetian Teks Eksplanasi , Ciri-Ciri , Tujuan , Kaidah dan Contoh Secara Lengkap

Baca Juga  Pengertian Majas Paradoks , Ciri , Tujuan dan Contoh Secara Lengkap

Baca Juga  √ Koperasi : Pengertian, Sejarah, Jenis, Tujuan, Fungsi & Arti Lambangnya Lengkap

Baca Juga  Pengertian Teks Deskripsi, Ciri-Ciri ,Tujuan , Jenis dan Contohnya Terlengkap