√ 4 Contoh Teks Observasi Hewan & Tumbuhan Secara Lengkap

Diposting pada

√ 4 Contoh Teks Observasi Hewan & Tumbuhan Secara Lengkap – Hay hay bertemu lagi dengan artikel materi.co.id . Kali ini kita akan membahas tentang contoh teks observasi . Simak ulasan lengkap nya dibawah ini

√ 4 Contoh Teks Observasi Hewan & Tumbuhan Secara Lengkap
√ 4 Contoh Teks Observasi Hewan & Tumbuhan Secara Lengkap

 

 

 

Pengertian Teks Observasi

Teks laporan observasi ialah sebuah teks yang berisi mengenai pembahasan atau mengenai sebuah penelitian. Teks observasi berisi penjabaran umum atau melaporkan sebuah hasil penelitian. Teks ini dapat disebut juga dengan teks klasifikasi karena menjabarkan mengani jenis sesuatu berdasar kriteria tertentu, seperti bentuk atau sifat umum seperti benda, hewan, manusia, tumbuh-tumbuhan. Teks observasi bersifat faktual berdasarkan fakta yang ada.

 

 

 

Contoh Teks Observasi

 

Contoh Teks Observasi Tentang Bulan

 

Bulan adalah satelit alami planet Bumi. Bulan selalu bergerak memutari porosnya, Bumi, setiap 27,3 hari. Oleh karenanya, bulan tidak terlihat di belahan Bumi yang sama sepanjang waktu.

 

Perputaran bulan mengelilingi Bumi juga yang menyebabkan ia terlihat hanya pada malam hari. Saat malam, bulan seolah-olah terlihat seperti memiliki cahayanya sendiri. Padahal, cahayanya merupakan pantulan dari cahaya matahari.

 

Di bulan, tidak ditemukan air, udara, serta sistem pelindung sekuat lapisan atmosfer yang melindungi permukaan bulan dari hantaman benda langit, seperti asteroid atau komet. Oleh karena itulah, tidak ada kehidupan di bulan.

 

Hantaman benda langit tersebut menyebabkan kawah-kawah di permukaan bulan. Kawah paling besar bernama Clavius. Ia memiliki diameter sejauh 230 km dan kedalaman sedalam 3,6 km.

 

Struktur bulan dari yang terdalam adalah inti, mantel, dan kerak. Inti bulan memiliki bagian dalam yang keras setebal 240 km serta bagian luar berupa cairan setebal 300 km. Terdapat kandungan besi yang sangat banyak dalam inti bulan.

 

Setelah inti, ada mantel yang amat tebal. Ia disusun oleh sedikit logam besi dan banyak mineral silikat. Kemudian yang terluar adalah kerak. Kerak bulan tersusun atas batuan granit dan juga mineral kalsium dengan ketebalan berkisar antara 48 hingga 74 km.

 

Jarak bulan dengan Bumi sangatlah jauh. Jika dihitung dari pusat bulan ke pusat Bumi, jarak rata-ratanya adalah 384.405 km atau sejauh 30 kali diameter Bumi. Meski jauh, bulan masih dalam jangkauan gaya gravitasi Bumi tapi ia tak jatuh menimpa porosnya.

 

Hal demikian terjadi karena gaya sentrifugal yang ditimbulkan oleh pergerakan bulan mengelilingi Bumi. Gaya sentrifugal tersebut sedikit lebih besar daripada tarikan gravitasi Bumi, sehingga bulan tetap pada tempatnya.

 

Gaya sentrifugal ini pulalah yang menyebabkan bulan bergerak semakin menjauhi bumi dengan kecepatan sekitar 3,8 cm tiap tahunnya.

 

 

Contoh Teks Observasi Mengenai Lingkungan ( Sampah )

 

Sampah merupakan material sisa yang tidak digunakan lagi setelah mengalami suatu proses. Sampah dapat bersumber dari alam, manusia, industri, dan pertambangan. Sampah di bumi akan selalu terus bertambah lagi selama masih ada kegiatan yang dikerjakan baik itu oleh alam maupun oleh manusia.

 

Sampah yang dihasilkan di Indonesia mencapai 11 ton perharinya. Sampah bisa dibedakan berdasarkan sifat dan bentuknya. Berdasarkan sifatnya, sampah dapat dibagi menjadi dua, yaitu sampah organik dan sampah anorganik.

 

Sampah organik merupakan sampah yang bisa terurai oleh bakteri. Sedangkan sampah anorganik merupakan sampah yang tidak dapat terurai.

 

Contoh sampah organik ialah sisa makanan seperti sayuran, daun-daun kering, dan sebagainya. Sampah ini bisa diolah sebagai pupuk atau kompos.

 

Contoh sampah anorganik adalah plastik, kaca, kaleng, dan sebagainya. Sampah anorganik bisa di daur ulang atau bisa dimanfaatkan kembali menjadi barang yang memiliki nilai jual yang sangat tinggi.

 

Berdasarkan bentuknya, sampah bisa dibedakan menjadi sampah padat, sampah cair, sampah alam, sampah konsumsi, sampah manusia, dan sampah radio aktif.

 

Sampah padat ialah sampah yang berwujud padat.Sampah pada bisa berupa sampah rumah tangga, sampah dapurm kebun dan yang lainnya.

 

Sampah cair ialah sampah yang berbentuk cair yang telah digunakan dan tidak diperlukan lagi seperti limbah. Pengertian limbah adalah sampah cair yang dihasilkan dari aktivitas industri.

 

Sampah alam merupakan daun kering yang berasal dari hutan kemudian terurai melalui proses alami.

 

Sampah manusia merupakan istilah yang digunakan terhadap hasil-hasil pencernaan dari manusia, seperti feses dan urin. Sampah ini dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan manusia karena dapat dikatakan sebagai sarana perkembangan penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

 

Sampah konsumsi merupakan sampah yang dihasilkan oleh kegiatan konsumsi manusia dan dibuang ke tempat sampah. Jumlah sampah konsumsi sampai sekarang selalu meningkat.

 

Limbah radio aktif merupakan sampah nuklir yang dihasilkan dari fusi nuklir dan fisi nuklir yang menghasilkan uranium dan thorium. Limbah radio aktif sangat berbahaya bagi lingkungan dan kehidupan manusia karena dapat menghasilkan radiasi yang berdampak buruk bagi kesehatan makhluk hidup.

 

Oleh karena itu sampah nuklir disimpan di tempat-tempat yang sangat aman dan tidak sembarangan untuk digunakan. Untuk melakukan aktivitas tempat-tempat yang di tuju biasanya tempat bekas tambang garam atau dasar laut.

 

 

Contoh Teks Observasi Tentang Hewan ( Kelinci )

 

Kelinci ialah hewan mamalia dari Family Leporidae, yang dapat dijumpai di banyak bagian bumi. Jaman dahulu kelinci ialah hewan liar yang hidup bebas di Afrika hingga ke daratan Eropa. Pada perkembangannya yaitu tahun 1912 kelinci diklasifikasikan didalam ordo Lagomorpha.

 

Ordo ini dibedakan menjadi 2 keluarga, yaitu Ochtonidae (jenis pika yang pandai bersiul) dan Leporidae (tergolong di dalamnya jenis kelinci dan terwelu).Umumnya , kelinci dikelompokan menjadi 2 jenis yaitu kelinci bebas dan kelinci peliharaan.Yang termasuk dalam kategori kelinci bebas ialah terwelu (Lepus curpaeums) dan kelinci liar (Oryctolagus cuniculus).

 

Dilihat dari macam bulunya, kelinci ini terdiri atas jenis berbulu pendek dan panjang dengan warna yang agak kekuningan. Pada saat musim dingin, warna kekuningan berubah menjadi kelabu.

 

Menurut rasnya, kelinci terbagi menjadi beberapa jenis, di antaranya Angora, English Spot, Himalayan, Lyon, American Chinchilla, Dutch, dan lainnya.

 

Khusus Lyon sebetulnya ialah hasil perkawinan silang dari luar antara Angora dengan ras lainnya. Tetapi di kalangan peternak kelinci hias, hasil perkawinan silang yang dinamai sebagai Lyon atau Angora jadi-jadian.

 

Kelinci mempunyai banyak manfaat seperti dagingnya yang empuk dan lezat. Menurut penelitian para ahli, selain empuk dan rendah kolesterol, dagingnya bisa dijadikan obat dan dimasak dalam beranekaragam cara salah satunya yaitu sate kelinci.

 

Daging kelinci dipercaya bisa digunakan sebagai obat yang bisa menyembuhkan atau meredakan penyakit asma, liver, infeksi tenggorokan, dan asam urat.

 

Daging kelinci juga mengandung suatu zat yang disebut senyawa kitotefin. Senyawa tersebutjika digabungkan dengan senyawa lain seperti lemak omega 3 dan 9 disinyalir bisa sebagai penyembuh asma.

 

 

 

Contoh Teks Observasi Tentang Tumbuhan

Bunga bangkai merupakan salah satu tanaman langka yang terdapat di Indonesia. Ia memiliki nama lain, yaitu Rafflesia Arnoldy. Ukurannya sangat besar dan dapat menjulang tinggi hingga empat meter.

 

Tanaman ini dinamakan bunga bangkai karena ia mengeluarkan bau busuk yang amat menyengat. Meski begitu, bau ini memiliki dua peran yang sangat penting, yaitu sebagai perlindungan dan penarik perhatian serangga yang membantu proses penyerbukan.

 

Saat mekar, kelopak luar dari bunga ini terlihat berwarna putih, sedangkan bagian mahkotanya berwarna merah keunguan serupa magenta. Meski fisiknya terlihat besar dan kokoh, tapi masa hidupnya hanya tujuh hari sebelum kemudian mati.

 

Habitat asli bunga bangkai adalah di hutan Sumatera. Namun karena terancam punah, ia mulai dikonservasi di banyak tempat. Salah satunya ialah di Taman Hutan Raya Ir. Djuanda yang berada di Bandung, Jawa Barat.

 

Penebangan liar dan perubahan iklim ialah salah satu faktor yang menyebabkan bunga bangkai menjadi langka dan sangat sulit ditemukan.

 

 

 

Demikianlah bahasan kita mengenai contoh teks observasi . Terima kasih bagi yang menyempatkan waktu untuk membaca dan mampir di artikel √ 4 Contoh Teks Observasi Hewan & Tumbuhan Secara Lengkap . Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu 🙂

 

Baca Juga Artikel

Baca Juga  √ Mulut : Pengertian, Fungsi dan Strukturnya Terlengkap

Baca Juga  Pengertian Artikel ,Ciri - Ciri, Jenis ,Contoh & Tujuan Terlengkap

Baca Juga  Pengertian Majas Paradoks , Ciri , Tujuan dan Contoh Secara Lengkap

Baca Juga  Pengertian Majas Personifikasi , Ciri-Ciri , Fungsi dan Contoh Secara Lengkap

Baca Juga  √ Invoice : Pengertian , Jenis , Fungsi dan Contohnya Lengkap