Pengertian Dongeng , Ciri-Ciri , Jenis , Unsur Secara Lengkap

Diposting pada
Pengertian Dongeng , Ciri-Ciri , Jenis , Unsur Secara Lengkap
5 (100%) 60 votes

√ Pengertian Dongeng , Ciri – Ciri , Jenis , Unsur Secara Lengkap – Hay hay bertemu lagi dengan artikel materi.co.id . kali ini kita akan membahas tentang dongeng .

pasti sudah tidak asing lagi dengan kata dongeng ya ,sewaktu kecil sebelum tidur biasanya di bacakan cerita dongeng oleh ibu , namun apakah kalian sudah tau megenai dongeng lebih detail nya , disini kita akan berikan secara lengkap . simak bahasan nya dibawah ini

√ Pengertian Dongeng , Ciri - Ciri , Jenis , Unsur Secara Lengkap
√ Pengertian Dongeng , Ciri – Ciri , Jenis , Unsur Secara Lengkap

 

Pengertian Dongeng

Dongeng ialah suatu cerita khayalan atau cerita yang tidak benar terjadi . Dongeng biasanya memiliki fungsi yang menghibur dan mengandung nilai pendidikan. Dongeng yaitu cerita yang dikarang dan diceritakan kembali dengan secara berulang-ulang oleh orang-orang. Cerita itu bisa dibuat dikarenakan terinspirasi dari suatu peristiwa.

 

Pengertian Dongeng Menurut Para Ahli

  • Menurut Agus Triyanto

Dongeng ialah cerita fantasi sederhana yang tidak benar-benar terjadi dan  bertujuan untuk ajaran moral yang mendidik dan juga menghibur, jadi dongeng merupakan salah satu karya sastra yang isi ceritanya fiktif.

  • Menurut Badrun

Dongeng ialah suatu cerita prosa hasil seni rakyat yang hidup subur dalam angan-angan masyarakat, impian dan sebuah kenyataan bercampur menjadi satu dalam dunia angan-angan.

  • Menurut Handajani

Dongeng dikemas dengan perpaduan antara unsur hiburan dengan unsur pendidikan. Unsur hiburan dalam dongeng dapat ditemukan pada penggunaan kosa kata yang bersifat lucu, sifat tokoh yang jenaka, dan penggambaran pengalaman tokoh yang jenaka, sedangkan dongeng memiliki unsur pendidikan ketika dongeng tersebut mengenalkan dan mengajarkan kepada anak mengenai berbagai nilai luhur, pengalaman spiritual, petualangan intelektual, dan masalah-masalah sosial di masyarakat.

  • Menurut KBBI

Dongeng ialah suatu cerita yg tidak benar-benar terjadi (terutama tentang kejadian zaman dulu yg aneh, perkataan (berita dsb) yg bukan-bukan atau tidak benar: uraian yg panjang itu dianggapnya hanya cerita belaka

  • Menurut Liberatus Tengsoe

Dongeng ialah cerita khayal yang kebenarannya sulit dipercaya karena adanya hal-hal ajaib, aneh dan terkadang tidak masuk akal/logika.

  • Menurut Charles Perrault

Dongeng ialah sebuah cerita pendek mengenai petualangan khayal/imajinasi dengan keadaan dan tokoh-tokoh yang gaib dan luar biasa.

 

Ciri – Ciri Dongeng

  • Diceritakan dengan memakai alur yang sederhana.
  • Alur ceritanya yang singkat dan cepat.
  • Tokoh yang ada didalam cerita tidak diceritakan secara detail.
  • Peristiwa yang ada didalam cerita kebanyakan fiktif atau khayalan.
  • Ditulis dengan gaya pencitraan dengan secara lisan.
  • Lebih menekankan pada bagian isi atau persitiwa.

 

Jenis – Jenis Dongeng

  • Fabel

Dongeng cerita yang menggambarkan watak dan budi manusia yang pelakunya diperankan oleh binatang. Contoh : Kancil Mencuri Mentimun.

  • Legend

Dongeng cerita yang menjelaskan kejadian yang berhubungan dengan keajaiban alam, biasanya berisi tentang kejadian suatu tempat. Contoh : Terjadinya Danau Toba.

  • Mite

Dongeng yang menceritakan tentang dewa-dewa dan makhluk halus. Isi ceritanya tentang kepercayaan animisme. Contoh : Nyi Roro Kidul.

  • Sage

Dongeng menceritakan suatu tokoh yang berkaitan dengan sejarah. Sage juga biasanya menyebar dari mulut ke mulut sehingga lama-kelamaan terdapat tambahan cerita yang bersifat khayal. Contoh : Joko Tingkir .

  • Parabel

Dongeng yang isi ceritanya mengandung nilai-nilai pendidikan atau cerita pendek dan sederhana yang mengandung perumpamaan atau hikmah sebagai pedoman hidup. Contoh : Si Malin Kundang.

 

Unsur Dongeng

Dalam cerita dongeng memiliki 2 unsur , yaitu :

Unsur Intrinsik

  • Tema ialah  ide pokok dari cerita dan merupakan patokan untuk membangun suatu cerita.
  • Alur ialah jalan cerita yang diurutkan berdasarkan sebab akibat maupun berdasarkan urutan waktu.
  • Penokohan ialah proses penampilan tokoh dengan pemberian watak dan juga sifat.
  • Latar ialah salah satu unsur intrinsik pembentuk cerita yang menunjukkan dimana dan kapan rangkaian rangkaian cerita itu terjadi.
  • Amanat ialah pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca melalui cerita yang dibuat.

Unsur Ekstrinsik

  • Latar Belakang Masyarakat
    Ialah faktor dalam lingkungan masyarakat penulis yang mempengaruhi penulisan dongeng oleh penulis tersebut. Bebrapa contoh latar belakang masyarakat antara lain adalah :

-Ideologi Negara

-Kondisi Politik
-Kondisi Sosial
-Kondisi Ekonomi
-Nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat tersebut

  • Latar Belakang Pengarang
    Latar belakang pengarang merupakan faktor-faktor dalam pengarang yang mempengaruhi penulisan dongeng tersebut, beberapa faktor dari latar belakang pengarang adalah :

                             -Riwayat hidup penulis
-Kondisi psikologis
-Aliran sastra penulis

 

Fungsi Dongeng

  • Mengajarkan nilai moral yang baik.
  • Menambah wawasan dan daya imajinasi anak.
  • Mengembangkan kreativitas anak.
  • Menghilangkan stress (Hiburan).
  • Mendekatkan anak dengan orangtuanya.

 

Contoh Dongeng

Telur Emas

Alkisah, ada seekor angsa yang dapat mengeluarkan sebutir telur emas setiap hari. Angsa itu dimiliki seorang petani dan istrinya. Mereka bisa hidup nyaman dan berkecukupan berkat telur tersebut.

Kenyamanan ini berlangsung cukup lama. Namun pada suatu hari, tiba-tiba saja terbersit ide di benak petani tersebut. “Kenapa aku harus mendapatkan satu telur per hari? Kenapa tidak kuambil semuanya sekaligus dan jadi kaya raya?” pikirnya.

Istrinya ternyata setuju dengan ide tersebut. Mereka pun menyembelih si angsa dan membelah perutnya. Alangkah terkejutnya mereka ketika melihat perut tersebut hanya berisi daging dan darah. Tak ada telur sama sekali, apalagi emas.

Mereka pun menangis sejadi-jadinya. Tak ada sumber penghasilan tetap yang bisa mereka andalkan lagi. Mereka harus bekerja keras untuk menyambung hidup esok hari.

Pesan yang disampaikan dalam cerita dongeng anak sebelum tidur karangan Aesop ini hampir mirip dengan kisah Pulau Matahari sebelumnya. Yaitu untuk menghindari sifat tamak/ rakus dan selalu mensyukuri berkah yang diberikan oleh Tuhan.

Berusaha memang penting. Tapi jangan sampai menghalalkan segala cara untuk mendapatkan sesuatu yang tidak kita miliki. Bukan tidak mungkin kita malah kehilangan segalanya seperti yang dialami pasangan suami istri petani di atas.

 

Demikian bahasan kita mengenai dongeng . Terima kasih bagi yang menyempatkan untuk membaca dan mampir ke artikel √ Pengertian Dongeng , Ciri – Ciri , Jenis , Unsur Secara Lengkap . Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu 🙂

 

Baca Juga Artikel

Baca Juga  Pengertian Wawancara , Jenis , Tujuan dan Metode Wawancara Secara Lengkap
Baca Juga  Pengertian Silogisme , Unsur , Jenis dan Contoh Secara Lengkap
Baca Juga  Pengertian Teks Anekdot , Ciri-Ciri , Jenis , Tujuan ,Struktur dan Contoh Terlengkap
Baca Juga  Pengertian Konjungsi Subordinatif , Jenis dan Contoh nya Secara Lengkap
Baca Juga  Pengertian Surat Kuasa,Fungsi,Ciri dan Unsur Terlengkap