15 Daftar Aplikasi Edit Video di PC dan HP Terbaik 2022

Diposting pada

Materi.co.id – Saat ini, konten visual telah menjadi dunia yang di gunakan  banyak orang. Menjadi pembuat konten video sangat memuaskan untuk anak-anak maupun orang dewasa. Apabila kamu salah satunya, tahukah kamu apa saja software edit video terbaik yang bisa kamu gunakan?

Hal tersebut tergantung dengan bagus atau tidaknya konten video itu tergantung ide kamu. Apabila, pengeditan video yang baik juga mempengaruhi kualitas video. Memakai aplikasi yang sesuai pasti akan memaksimalkan ide kreatif yang ada di kepala Kamu.

Tetapi, tidak semua aplikasi pengeditan video punya kemampuan dan fungsi yang sesuai. Hal inilah yang membuat banyak orang kesulitan untuk menentukan aplikasi mana yang akan di pakai. Setiap aplikasi perlu memiliki penggunanya sendiri, sesuai dengan kepentingan masing-masing.

Daftar Rekomendasi Aplikasi Edit Video Terbaik

Daftar Rekomendasi Aplikasi Edit Video Terbaik

Apabila Kamu juga merasa kesulitan untuk menggunakan aplikasi pengeditan video untuk menyempurnakan konten yang Kamu miliki, jangan takut. Di bawah ini ada beberapa pilihan aplikasi edit video terbaik yang dapat kamu jajal.

1. Lightworks

Lightworks ialah suatu perangkat lunak pengeditan video populer untuk PC untuk di pakai pada tahun 2022. Aplikasi ini tersedia dengan banyak fitur unik seperti support akan multi-kamera, pemotongan video sampai mengekspor video langsung ke platform YouTube dengan resolusi 720p.

Kerennya, aplikasi Lightworks ini juga telah di desain memakai antarmuka yang cukup bersih dan simpel. So, pas banget buat kamu yang baru terjun di dunia video editing berpengalaman.

Tidak hanya itu, Lightworks juga kompatibel dengan beberapa sistem operasi yang banyak di pakai seperti Windows, Mac dan Linux.

2. Memakai Blender

Kompatibel dengan berbagai sistem operasi, Blender adalah salah satu aplikasi pengeditan video populer yang dapat Kamu pakai di PC Kamu. Alat open source ini awalnya di buat sebagai perangkat lunak khusus hanya untuk membuat dan memproses animasi 3D saja.

Akan tetapi seiring berjalannya teknologi dan perkembangan, editor profesional mengatakan bahwa aplikasi ini punya fitur pengeditan video yang berkualitas dan komplit. Perangkat lunak ini memberikan alat sederhana untuk mengedit serta keperluan dalam pemotongan dan pemangkasan video.

Tetapi, fitur-fitur yang mempermudah kerja keras, seperti video masking, yang membuat banyak orang mengenali dan memutuskan untuk pakai Blender.

3. DaVinci Resolusi

Dapat di katakan bahwa DaVinci Resolve merupakan aplikasi edit video terbaik di tahun 2022. Namun, meskipun aplikasi ini telah di lengkapi dengan berbagai fitur pengeditan video profesional, antarmukanya sangat intuitif.

Baca Juga  Tujuan Ergonomi

Terlebih fitur pengeditan video dasar seperti cropping dan trimming, Kamu juga dapat menentukan dari berbagai opsi audio dan warna yang unik dan menarik. Jadi, dengan pakai aplikasi ini, Kamu tidak perlu takut kehilangan ide dalam proses editing video.

Aplikasi ini juga menyuguhkan skillnya untuk menambahkan judul 2D atau 3D ke video yang Kamu ciptakan.

4. CyberLink PowerDirector 365

Sesudah menunggu sekian lama, CyberLink PowerDirector, program pengeditan video terkenal khusus buat Mac, akhirnya ada buat pengguna Windows. Aplikasi ini punya banyak fitur unik yang bisa di pake dengan gampangnya.

Bahkan CyberLink PowerDirector 365 telah terintegrasi dengan Shutterstock, sehingga pengguna bisa ngedaperin akses unlimited ke musik latar CyberLink, serta berbagai plug-in yang di perlukan dalam proses editing video.

Meskipun CyberLink PowerDirector 365 tergolong aplikasi baru, namun sangat di sarankan terutama untuk yang masih baru belajar editing.

5. Apple iMovie

Apple iMovie ialah perangkat lunak pengeditan video terbaik bawaan Mac yang memebrikan serangkaian fitur komplit dan antarmuka intuitif yang membuatnya mudah di pakai. Antarmuka drag-and-drop membuat aplikasi ini bisa memenuhi keperluan untuk memindahkan dan mengedit elemen dalam sebuah video dengan singkat.

Pengguna Mac OS juga bisa mengandalkan perangkat lunak bawaan ini sebagai lingkungan belajar berbagai keterampilan dasar dalam proses pengeditan video. Jika Kamu benar-benar menguasainya, hasil edit video Kamu di jamin akan terlihat cukup menakjubkan.

Fitur yang ada di iMovie termasuk pemangkasan, perpustakaan transisi bawaan, pengeditan layar terpisah, editor audio, dan dukungan video 4K.

6. Lumen5

Lumen5 ialah program pengeditan video yang banyak di pakai pada PC pemasar akhir-akhir ini. Aplikasi ini di yakini benar-benar bisa membuat video campaign dan marketing promo yang menarik dan “modern”.

Salah satu aplikasi pengeditan video terbaik punya antarmuka yang terbaik dan simpel. Sehingga tidak perlu takut kesusahan selama pemakaian. Banyak orang telah menjajalnya dan mereka menganggap Lumen5 sebagai salah satu editor video termudah untuk di pakai.

Bahkan, aplikasi ini di nilai bisa memberikan proses pembuatan video yang sangat gampang di mana pemakai akan di mudahkan dengan tampilan menu di dalamnya.

7. Final Cut Pro X

Apabila Kamu pengen aplikasi pengeditan video profesional, Final Cut Pro X ialah solusinya. Ya, aplikasi ini pake sistem operasi Macintosh, sehingga video yang di hasilkan sangat berkualitas.

Sehingga membuat aplikasi ini istimewa dengan punya beberapa fitur yang menarik dan unik. Ini termasuk pengeditan video 360 derajat, HDR, dan berbagai alat canggih yang di pakai untuk koreksi colour.

Final Cut Pro X juga sudah terintegrasi ke dalam ekosistem Apple, sehingga pengguna bisa pake aplikasi dengan lebih fleksibel.

Baca Juga  Dampak Globalisasi

8. Adobe Premiere Pro

Membahas tentang aplikasi edit video terbaik, rasanya tidak pas jika tidak menyinggung Adobe Premiere Pro. Ya, aplikasi ini sering di pake untuk kepentingan editing video yang baru dan profesional.

Adobe Premiere Pro juga kompatibel dengan Macintosh dan Windows dan dapat memberikan banyak fitur pengeditan untuk video dengan resolusi hingga 8K. Ini pasti sesuatu yang istimewa untuk perangkat lunak pengeditan video, bukan?

Selain itu, fitur pemotongan dan pengeditannya di anggap yang bagus tahun ini. Kamu juga bisa mengimpor hasil edit langsung ke berbagai platform yang Kamu mau.

9. Openshot

Berbeda dari beberapa aplikasi sebelumnya, Openshot ialah aplikasi pengeditan video open source untuk PC. Pengguna dapat menikmati berbagai fiturnya tanpa harrus memperbarui.

Pasti saja, Kamubenar-benar dapat mengelola perangkat lunak ini sesuai dengan keperluan Kamu. Banyak orang mengatakan bahwa software ini punya antarmuka yang mudah di mengerti dan relatif mudah di pakai, bahkan untuk editor video awam.

Beberapa fitur terbaik yang di kuasainya ialah audio mixing dan real-time preview saat pemakaian mengedit transisi video.

10. Shotcat

Seperti Opnshot, Shotcut merupakan salah satu editor video open source free terbaik untuk PC. Pilihan aplikasi ini di pakai oleh pengguna Windows untuk membuat video menarik dan klip video yang di kuasainya.

Meski demikian, aplikasi yang satu ini juga bisa di pakai pada perangkat Mac dan Linux. Sekarang, karena sifatnya yang open source, pengguna tidak perlu ketakutan membayar untuk mengakses semua fitur.

Dua fitur Shotcut yang sangat menarik ialah proses pengeditan video 4K HD dan alat pengeditan garis waktu.

11. Corel Video Studio Ultimate

Buat yang masih belajar yang baru memulai dalam dunia video editing, bisa menggunkaan Corel VideoStudio Ultimate sebagai senjata utama mereka untuk membuat video terbaik. Ya, aplikasi edit video ini ada dengan harga yang ekonomis dengan tampilan antarmuka pengguna yang dij amin tidak merugikan para penggunanya.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga memberikan berbagai fitur yang di perlukan buat mengedit video modern. Seperti seperti freeze-frame, video montase 360 ​​derajat, perpustakaan musik yang sangat komplit.

Sehingga, bila Kamu sudah terbiasa dengan aplikasi Corel Inc., VideoStudio Ultimate punya  tampilan dan nuansa yang sama dengan lainnya.

12. Studio Puncak

Meskipun Pinnacle Studio tidak se-terkenal  kebanyakan software video editing lainnya buat PC, sepertinya Pinnacle Studio layak di pertimbangkan bila Kamu belum pernah melakukan video editing sebelumnya.

Berkat harganya yang murah, pengguna sudah bisa ngedapetin lebih dari 1500 efek, judul, dan template untuk pengeditan video HD yang benar-benar terbaik. Selain itu, aplikasi ini punya alat koreksi warna, pemetaan ulang waktu, dan fungsi stop motion khusus.

Baca Juga  Perjanjian Renville

Antarmuka dan fitur-fiturnya juga sangat simpel di pakai, sehingga Kamu tidak perlu waktu lama untuk memahaminya.

13. HitFilm Express

Buat Kamu semua yang hobby dalam mengedit video 360, HitFilm Express mungkin bisa menjadi opsi tepat buat Kamu. Aplikasi ini punya semua fitur yang di perlukan oleh pengguna untuk membuat video panorama terbaik.

Beberapa fitur yang di maksud ialah trimming, splicing, dan audio editing. Walaupun banyak orang beranggapan HitFim Express sebagai aplikasi yang terlalu “sulit”, sebenarnya ini ialah aplikasi yang sangat di sarankan.

Adapun paket free itu sendiri, bahkan mencakup lebih dari 150 efek khusus buat membuat konten video 360 yang mengagumkan.

14. Avidemux

Meski Avidemux benar-benar program pengeditan video yang kurang terkenal di PC. Walaupun begitu, apliaksi ini dapat menyuguhkan antarmuka pengguna yang cukup banyak dan gampang di gunakan buat alat pengeditan terbaik.

Aplikasi ini ada dengan skillnya buat  melakukan berbagai tindakan penting dalam proses editing video. Ini termasuk pengkodean, pemotongan dan pemfilteran sederhana, yang di anggap punya potensi yang hampir serupa dengan Final Cut Pro X dan Adobe Premiere.

Tidak hanya itu, antarmuka yang simpel dengan metode yang gampang di pakai memungkinkan bahkan awam untuk menguasainya dalam waktu yang cepat.

15. PowerDirector Penting

Di peruntukan untuk Kamu yang baru paham dunia video editing, Kamu tentunya akan kaget tentang fitur-fitur free yang di berikan PowerDirector Essential. Versi free dari aplikasi pengeditan video terbaik ini punya mesin aplikasi yang memungkinkan pengguna melakukan banyak hal yang di perlukan.

Seperti, belajar alat edit video, efek, transisi mendasar yang terasa mumpuni dan praktis. Kamu juga akan berpendapat bahwa versi free dari aplikasi ini benar-benar memenuhi keperluan pengeditan video harian Kamu.

Beberapa fitur free yang ada pada aplikasi ini ialah akses ke tutorial Cyberlink, kontrol kecepatan video, chrominance, dan masker serta mode blending yang pas untuk di gunakan.

Itulah yang bisa saya berikan untuk kamu semua tentang Aplikasi Edit Video Terbaik sehingga kamu dapat menggunkaan salah satu dari aplikasi yang sudah saya berikan yang sesuai dengan potensi kamu untuk mengedit video, sehingga video yang kamu edit akan memiliki kualitas gambar terbaik dan tentunya kamu akan sangat puas dengan hasil kamu sendiri, Terimakasih.

Sumber Dari :

https://mumu.id/

https://lkp3i.id/

https://pkb-juang.id/

https://sidik-rsmc.id/

https://aprikalsel.co.id/

https://bhpjakarta.id/

https://pdamlebak.co.id/

https://indonesiax.co.id/

https://finexpo-bik2021.id/