√ Simbiosis : Pengertian , Jenis dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

√ Simbiosis : Pengertian , Jenis dan Contohnya Lengkap

 

 

 

Materi.Co.ID – Hay hay bertemu lagi dengan artikel materi.co.id . Kali ini kita akan membahas tentang simbiosis . Simak ulasan lengkap nya dibawah ini

 

√ Simbiosis : Pengertian , Jenis dan Contohnya Lengkap
√ Simbiosis : Pengertian , Jenis dan Contohnya Lengkap

 


 

Pengertian Simbiosis

 

Simbiosis merupakan suatu hubungan timbal balik antara dua makhluk hidup yang berbeda. Kata “simbiosis” berasal dari Bahasa Yunani yaitu kata “Sym” yang memiliki arti dengan dan juga kata “biosis” yang memiliki arti kehidupan. Jadi simbiosis merupakan sebuah pola interaksi yang sangatlah akrab diantara dua organisme yang mempunyai jenis berbeda. Simbiosis ialah sebuah sebutan untuk makhluk hidup yang melakukan sebuah simbiosis.


 

Jenis – Jenis Simbiosis

 

1.Simbiosis Mutualisme

Pengertian simbiosis Mutualisme ialah hubungan sesama mahkluk hidup yang saling menguntungkan kedua pihak. Sesuai dengan namanya, mutualisme, masing-masing individu akan mendapatkan mutu (untung).

 

Contoh simbiosis mutualisme :

 

  • Hubungan Bunga dan Lebah

Lebah membutuhkan madu yang terdapat pada bunga sepatu sebagai makanannya. Bunga sepatu membutuhkan lebah untuk membantu terjadinya proses penyerbukan.

 

  • Burung Jalak dan Kerbau

Kerbau memperoleh keuntungan dengan habisnya kutu – kutu yang menempel di tubuhnya, sedangkan burung jalak merasa untung karena mendapatkan makanan berupa kutu.

 

  • Jenis jamur dan Lumut kerak

Jamur pada lumut kerak berfungsi sebagai pelindung dan penyerap air serta mineral. Ganggang yang hidup di antara miselium jamur berfungsi menyediakan makan melalui fotosintesis. Lumut kerak adalah organisme hasil simbiosis mutualisme. Jamur pada lumut kerak tidak dapat hidup sendiri di alam.

 


 

2.Simbiosis Komensalisme

Pengertian simbiosis komensalisme ialah hubungan timbal balik, di mana satu pihak mendapatkan untung sedangkan pihak lain tidak dirugikan maupun diuntungkan.

 

Contoh Simbiosis Komensalisme :

 

  • Ikan Remora dengan Ikan Hiu

Ikan remora berada disekeliling pada ikan hiu supaya tidak dimangsa oleh ikan yang lebih besar darinya. Sedangkan ikan hiu tidak mendapat keunutngan dari ikan remora yang berada disekitarnya.

 

  • Tanaman Anggrek pada Pohon Rambutan

Tanaman Anggrek hidup menumpang pada pohon rambutan tanpa mengganggu proses tumbuh pohon tersebut. Tanaman anggrek mendapatkan tempat untuk tumbuh sehingga diuntungkan. Sedangkan pohon rambutan tidak mendapat untung atau mengalami rugi.

 

  • Udang dengan Timun Laut

Udang dapat memperoleh sisa makanan yang berada di sekitar timun laut. Keberadaan udang tidak mengganggu timun laut. Sehingga, timun laut tidak merasa diuntungkan atau dirugikan dengan keberadaan udang di sekitarnya.

 

  • Bulu Babi dan Ikan Goby

Bentuk ikan goby ialah kecil dan tipis. Pada biasanya, ikan goby akan berlindung atau bersembunyi diantara duri-duri bulu babi yang beracun untuk berlindung dari serangan predator.

 


 

3.Simbiosis Parasitisme

Pengertian simbiosis parasitisme adalah aimbiosis yang merugikan salah satu organisme. Artinya pada hubungan simbiosis ini salah satu simbion mendapatkan keuntungan, akan tetapi simbion yang lain dirugikan.

 

Contoh simbiosis parasitisme :

 

  • Hubungan parasit dengan inangnya

Berbagai mikro organisme penyakit yang hidup pada manusia, hewan dan tumbuhan bersifat parasit. Parasit hidup dan mendapatkan makanan dari inangnya, yaitu tubuh manusia, hewan, atau pun tumbuhan.

 

  • Hubungan tumbuhan benalu dengan inangnya

Benalu mendapatkan makanan dari inangnya, tetapi benalu tidak memberikan apa-apa kepada inangnya tersebut.

 

  • Hubungan antara tikus dan padi

Tikus pada sawah sudah menjadi hama paling ditakuti oleh para petani. Sebab tikus suka memakan dan merusak padi yang sudah tumbuh begitu banyak langsung dirusak oleh tikus. Dan itu menyebakan kerugian pada petani .

 


 

4.Simbiosis Netralisme

Pengertian simbiosis netralisme ialah hubungan timbal balik antara dua mahluk hidup yang tidak saling menguntungkan maupun merugikan. Kedua organisme bersifat netral, tidak saling menguntungkan atau pun saling merugikan.

 

Contoh Simbiosis Netralisme :

  • Kambing dengan burung hantu
  • Sapi dengan semut
  • Jangkrik dengan monyet
  • Gajah dengan serangga

 


 

5. Simbiosis Amensalisme

Pengertian simbiosis amensalisme ialah hubungan antar makhluk hidup dimana satu pihak dirugikan dan pihak lainnya tidak diuntungkan dan tidak dirugikan pula. Simbiosis amensalisme merupakan kebalikan dari simbiosis komensalisme.

 

Contoh Simbiosis Amensalisme :

  • Gulma dan tanaman produksi
  • Pohon pinus dan tanaman di sekitarnya
  • Pohon walnut dan tumbuhan lainnya
  • Ganggang hydrodictyon dan scenedesmus

 


 

6.Simbiosis Kompetisi

Pengertian simbiosis kompetisi ialah hubungan timbal balik antara dua mahluk hidup yang dimana keduanya saling berkompetisi untuk mendapatkan keperluannya. Simbiosis kompetisi memiliki dua jenis yaitu kompetisi intraspesifik (dua spesies yang berbeda) dan kompetisi interspesifik (spesies yang sama).

 

Contoh Simbiosis Kompetisi :

  • Harimau dan singa (berebut makanan yang sama sebagai karnivora)
  • Gajah dan jerapah (berebut rumput/tumbuhan sebagai makanan)
  • Kambing dan sapi (berebut rumput sebagai makanan)
  • Tanaman tumpang sari (saling berebut makanan yang sama)

 

 


Demikianlah bahasan kita mengenai simbiosis . Terima kasih bagi yang menyempatkan waktu untuk membaca dan mampir di artikel √ Simbiosis : Pengertian , Jenis dan Contohnya Lengkap . Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu 🙂

 

Baca Juga Artikel Lainnya

Baca Juga  √ Jaringan Meristem : Pengertian, Fungsi, Ciri dan Bentuknya Lengkap

Baca Juga  √ Antigen : Pengertian, Struktur, Fungsi dan Jenisnya Lengkap

Baca Juga  √ Sporozoa : Pengertian, Ciri, Reproduksi dan Jenisnya Lengkap
Baca Juga  √ Ciliata : Pengertian, Ciri, Struktur dan Klasifikasinya Lengkap
Baca Juga  Pengertian Narasi , Ciri-Ciri , Jenis , Struktur , Kaidah dan Contoh nya Terlengkap