√ Badan Golgi : Pengertian, Fungsi dan Strukturnya Lengkap

Diposting pada

√ Badan Golgi : Pengertian, Fungsi dan Strukturnya Lengkap

 

 

Materi.Co.ID – Hay hay bertemu lagi dengan artikel materi.co.id . Kali ini kita akan membahas tentang badan golgi. Simak ulasan lengkap nya dibawah ini

 

√ Badan Golgi : Pengertian, Fungsi dan Strukturnya Lengkap
√ Badan Golgi : Pengertian, Fungsi dan Strukturnya Lengkap

 


 

Pengertian Badan Golgi

 

Badan Golgi merupakan organel yang dihubungkan dengan fungsi ekskresi sel, dan struktur ini bisa dilihat dengan menggunakan mikroskop cahaya biasa. Badan golgi juga berada pada hampir semua sel eukariotik yang banyak ditemukan pada organ tubuh yang melakukan fungsi ekskresi, misalnya ginjal.

Tiap sel hewan mempunyai 10 sampai 20 badan Golgi, sementara sel tumbuhan mempunyai sampai ratusan badan Golgi. Badan Golgi pada tumbuhan biasanya disebut diktiosom.

 


 

Struktur Badan Golgi

 

  • Sakula

Sakula ialah gelembung yang memiliki bentuk gepeng menyerupai cakram yang tersusun bertumpuk dengan masing-masing dipisahkan oleh celah yang sempit.

Pada kedua permukaan masing-masing sakula tidak sama yaitu cembung dan cekung. Pada sakula yang berada dekat puncak sel, bagian tepi sakula terlihat gelembung yang sebagian dilepaskan menjadi butir-butir sekreksi. Bahkan gelembung itu juga bisa dilepaskan dari permukaan yang cekung dari sakula tersebut.

 

  • Vesikel Sekretoris

Gelembung vesikel sekretoris ialah gelembung bagian dari sakula yang terdapat pada bagian tepi.

Baca Juga  √ Lisosom : Pengertian, Struktur dan Fungsinya Lengkap

 

  • Mikrovesikel Atau Vesikel Tranfer

Gelembung mikro yang yang mempunyai diameter ± 40 mm yang bergerak. bisa dijadikan perhatian kalau mikrovesikel itu berasal dari Retikulum Endoplasma kasar yang dilepaskan, namun mikrovesikel sudah kehilangan butiran-butiran kromosomnya. Mikrovesikel akan bersatu dengan sakula pada akhirnya

 


 

Cara Kerja Badan Golgi

 

Organel apparatus golgi atau badan golgi bekerja sama baik dengan Retikulum endoplasma RE akan menfusi protein, lalu sesudah terjadi proses sintesis protein, akan dibentuk vesikel transfer atau mikrovesikel lalu dihantarkan ke organel badan golgi lebih tepatnya pada sakula. Maka akan terjadi penggabungan antara protein-protein yang dihantar dengan vesikel transpor yang dari RE.

Anggapan pertama akan terjadi pembesaran badan golgi, namun hal tersebut tidak terjadi sebab badan golgi atau apparatus golgi membentuk vesikel sekretoris yang memiliki peran dalam mengangkut sakula ke arah puncak sel untuk dibawa keluar sel.

Didalam badan golgi atau sakula akan terjadi pemadatan atau kondensasi sebelum diiringi ke vesikula sekretoris. Dalam badan golgi terdapat 3 jenis enzim galaktosil transferase yang memiliki fungsi dalam memperbaiki kerusakan pada protein membran akibat dari perbedaan oligosakarida. Selanjutnya, vesikel sekretoris akan keluar dari sel melewati membran sel melalui eksositosis. Proses ini bersamaan untuk memperbaiki kondisi membran selo yang ada.

 


 

Fungsi Badan Golgi

 

  • Membentuk atau membangun kantung (vesikula) untuk sekresi, khususnya pada bagian sel kelenjar kantung kecil yang berisi enzim dan bahan-bahan lain.
  • Membangun atau membentuk membran plasma, khususnya kantung yang ingin dilepaskan akan membentuk bagian dari membran plasma tersebut.
  • Membentuk dinding sel tumbuhan.
  • Berperan sebagai tempat terjadinya perubahan protein.
  • Membantu untuk memilih, mensortir dan memaket molekul-molekul untuk sekresi sel.
  • Membantu transpor lipid (lemak).
  • Membantu dalam pembentukan lisosom.
  • Membantu untuk membentuk akrosom pada spermatozoa yang berisi enzim yang dipakai untuk memecah dinding sel telur.
Baca Juga  √ Hewan Pisces : Pengertian, Klasifikasi dan Strukturnya Lengkap

 

Dalam badan golgi terdapat berbagai variasi coated vesicle, sebagai berikut:

  • Clathrin-coated ialah yang pertama yang ditemukan dan diteliti. Clathrin-coated tersusun dari clathrin dan juga adaptin. interaksi lateral antara adaptin dengan clatrin untuk membentuk formasi tunas. Jika tunas clathrin itu sudah tumbuh, protein yang luluh pada sitoplasma termasuk juga diantaranya dynamin akan membentuk sebuah cincin di setiap leher tunas dan juga memutusnya.

 

  • COPI-coated memaket tunas dari bagian pre-golgi serta antar cisternae. Beberapa dari protein COPI-coat memperlihatkan sekuens yang memiliki kemiripan dengan adaptin, hal tersebut dapat di duga berasal dari evolusi yang bermiripan. COPII-coated memaket tunas dari RE.

 

Terdapat 2 protein di dalam badan golgi yaitu :

  • T-snare yang merupakan protein yang terdapat di target
  • V-snare merupakan vesikel snare.

V-snare mencari T-snare, kemudian berfungsi menjadi satu. Protein Rab termasuk pada golongan GTP-ase. Protein Rab memiliki fungsi untuk memudahkan juga mengatur kecepatan pelayaran vesikel dan juga pemasangan v-snare dan T-snare yang digunakan pada penggabungan membran.

 

 


Demikianlah bahasan kita mengenai badan golgi. Terima kasih bagi yang menyempatkan waktu untuk membaca dan mampir di artikel √ Badan Golgi : Pengertian, Fungsi dan Strukturnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu 🙂

Baca Juga Artikel Lainnya