√ Metamorfosis : Pengertian , Jenis dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

√ Metamorfosis : Pengertian , Jenis dan Contohnya Lengkap

Materi.Co.ID – Hay hay bertemu lagi dengan artikel materi.co.id . Kali ini kita akan membahas tentang metamorfosis . Simak ulasan lengkap nya dibawah ini

 

√ Metamorfosis : Pengertian , Jenis dan Contohnya Lengkap
√ Metamorfosis : Pengertian , Jenis dan Contohnya Lengkap

 


Pengertian Metamorfosis

 

Metamorfosis merupakan suatu proses perkembangan biologi pada hewan yang menyertakan perubahan penampilan fisik atau struktur setelah kelahiran atau penetasan. Perubahan fisik itu terjadi akibat pertumbuhan sel dan diferensiasi sel yang secara radikal berbeda.


 

Tahapan – Tahapan Metamorfosis

 

  • Telur

Telur merupakan fase awal dalam metamorfosis. Telur memiliki bentuk bulat utuh dan di dalam telur terdapat benda berupa cairan yang merupakan calon individu. Cairan tersebut dilindungi dengan cangkang keras dan selalu dijaga ketat oleh sang induk.

 

  • Larva

Larva merupakan hewan yang baru menetas dari telur. Fase ini biasanya merupakan jenis mollusca atau hewan lunak. Larva juga memiliki anatomi yang belum lengkap dengan struktur tubuh yang sangat sederhana.

 

  • Pupa atau kepompong

Pupa ialah sebuah larva yang mengalami pengerasan. Fase ini merupakan fase peralihan dimana hewan akan mencapai bentuk tubuh sempurna. Pada waktu ini, serangga akan mengalami masa seperti tidur dalam kurun waktu yang cukup lama. Larva akan mengalami pemisahan sel yang akan membentuk suatu organ lengkap.
Hampir menyerupai seperti hibernasi yang tidak makan ataupun melakukan aktivitas apa pun. akan tetapi tahapan pupa atau kepompong bertujuan atau proses dimana makhluk hidup akan menjadi dewasa.

 

  • Nimpha

Nimpha ialah makhluk hidup dengan bentuk sempurna, namun mempunyai ukuran yang kecil. Organ dalam tubuh pun berukuran kecil dan belum berfungsi secara sempurna. Pada hewan tertentu, akan mengalami fase molting atau imago.

 

  • Molting

Fase molting merupakan proses pergantian kulit atau cangkang pada hewan tertentu. Sesudah mengalami fase molting, nimpha akan berubah menjadi makhluk hidup dewasa dengan struktur tubuh sempurna. Fase ini tidak hanya dialami oleh nimpha, namun juga binatang yang telah dewasa juga akan mengalami fase ini berulang kali.

 

  • Imago

Imago ialah makhluk hidup yang telah tumbuh dewasa. Fase ini juga merupakan fase akhir dari metamorfosis. Pada tahapan ini seorang imago jantan maupun betina akan melakukan perkawinan untuk menghasilkan sebuah telur yang akan kembali pada masa metamorphosis awal.

 


 

Jenis – Jenis Metarmorfosis

 

1.Metamorfosis Sempurna

Metamorfosis sempurna ialah perubahan bentuk yang terjadi pada serangga dimana larva (hewan muda) mempunyai bentuk yang sangat berbeda dengan bentuk ketika sudah dewasa. Biasa dikenal dengan sebutan holometabola. Biasanya cara makan bahkan habitatnya pun berbeda. Terdapat masa pergantian atau titik perubahan bentuk dari larva menjadi hewan dewasanya yaitu menjadi kepompong.

 


Hewan yang mengalami tahapan metamorfosis sempurna melewati empat tahap pertumbuhan dan perkembangan. Tahapannya yaitu :

 


  • Fase Telur

Pada tahap telur, induk dari organisme tersebut akan meletakkan telur – telurnya di tempat yang aman dan nyaman bagi calon anaknya tersebut. Pada tahapan telur, embrio hasil fertilasi sel sperma dan sel ovum yang akan terus melakukan proses pembelahan sel yang membentuk organ – organ utama bagi kehidupannya. Waktu yang dibutuhkan suatu organisme untuk menetas dari telurnya tergantung kepada jenis organime tersebut. Struktur dan bentuk dari telur ini juga bervariasi tergantung kepada jenisnya.

 

  • Fase Larva

Setelah menetas dari telurnya, organisme tersebut akan masuk ke fase larva. Pada tahapan larva, ia akan membutuhkan banyak makanan untuk perkembangan dan pertumbuhannya. Sebab itu sangat bagi induknya untuk meletakkan telur di daerah yang sesuai dengan kebutuhan makanannya saat menjadi larva. Pada fase larva dapat terjadi beberapa perubahan fisik, contohnya adalah pergantian kulit pada larva serangga, pergantian ini akan membuat tubuhnya siap untuk menjadi pupa. Perubahan ini dikontrol oleh faktor hormonal tubuhnya.

 

  • Fase Pupa

Pada fase pupa biasanya kebiasaan makan akan berkurang, namun metabolisme di dalam tubuh akan terus berlangsung. Pada proses pupa akan terjadi pertumbuhan, perkembangan dan diferensiasi sel. Ketika cukup matang, maka organisme ini akan memasuki tahap dewasa.

 

  • Fase Dewasa (Fase Imago)

Fase Dewasa merupakan tahapan akhir dalam suatu metamorfosis. Umumnya bentuk akhir dari makhluk dewasa pada metamorfosis sempurna dan kelihatan sangat berbeda dibandingkan pada fase larva atau pupa. Fase dewasa merupakan fase reproduksi dimana organisme ini akan mencari pasangan dan melakukan perkawinan serta berkembang biak

 

Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna adalah:

  • Kupu-kupu : Telur – ulat(larva) – kepompong (pupa) – kupu-kupu dewasa (imago)
  • Nyamuk : Telur – jentik/tempayak – pupa – nyamuk dewasa
  • Lalat : Telur – belatung(larva) – kepompong(pupa) – lalat dewasa
  • Lebah : Telur – larva – kepompong – lebah dewasa
  • Kumbang : Telur – larva – pupa – kumbang dewasa
  • Semut : Telur – larva – pupa – semut dewasa
  • katak : Telur – berudu – berudu berkaki – katak berekor – katak

 


 

2.Metamorfosis Tidak Sempurna

Metamorphosis tidak sempurna adalah Fase spesies yang belum dewasa pada metamorphosis biasanya disebut dengan larva. Tapi pada metamorphosis kompleks pada kebanyakan spesies serangga, hanya saja fase pertama yang disebut larva dan terkadang memiliki nama yang berbeda. Pada hemimetabolisme, perkembangan larva akan berlangsung pada fase pertumbuhan berulang dan ekdisis (pergantian kulit), fase ini disebut instar.

 

Hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna melewati tiga tahap pertumbuhan dan perkembangan. Tahapannya yaitu :

 


  • Fase Telur

Sama halnya pada metamorfosis sempurna, induk suatu makhluk hidup akan meletakkan telurnya pada tempat yang dirasa aman dan nyaman. Embrio hasil fertilasi dari sel sperma dan ovum ini dilindungi oleh sebuah cangkang yang kuat. Nutrisi pada masa telur di dapatkan dari komponen di dalam telur tersebut. Pada fase telur terjadi proses pembelahan sel untuk membentuk bakal individu yang mampu menghadapi dunia luar.

 

  • Fase Nimfa

Tahapan nimfa merupakan fase dimana hewan telah siap keluar dari telur. Organisme hasil dari fase nimfa sudah mempunyai bentuk sempurna, namun dalam ukuran yang lebih kecil. Pada tahapan nimfa akan terjadi pematangan organ – organ dalam tubuhnya terutama organ reproduksi. Pada tahap ini juga akan terjadi pergantian struktur luar tubuh karena penyesuaian dengan bertambah besarnya tubuh tersebut.

 

  • Fase Dewasa (Imago)

Seperti hal nya dengan pada metamofosis sempurna, pada tahap ini semua organ sudah siap untuk mendukung kehidupannya secara keseluruhan. Hewan tersebut akan mencari pasangan kemudia melakukan perkawinan. Lalu hasil fertilasi dari sel jantan dan betina akan masuk ke tahap awal dari metamorfosis tidak sempurna yaitu fase telur.

 

Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah:

  • Kecoa : Telur – nimfa – kecoa muda – kecoa dewasa
  • Capung : Telur – nimfa – capung dewasa
  • Laba-laba : Telur – nimfa – laba-laba muda – laba-laba dewasa
  • Belalang : Telur – nimfa – belalang muda – belalang dewasa
  • Jangkrik : Telur – nimfa – jangkrik muda – jangkrik dewasa

 

 

 


Demikianlah bahasan kita mengenai metamorfosis . Terima kasih bagi yang menyempatkan waktu untuk membaca dan mampir di artikel √ Metamorfosis : Pengertian , Jenis dan Contohnya Lengkap . Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu 🙂

 

Baca Juga Artikel Lainnya

Baca Juga  √ Teks Pidato : Pengertian , Ciri , Jenis , Metode dan Contohnya Lengkap
Baca Juga  √ Mata : Pengertian, Bagian dan Fungsinya Terlengkap
Baca Juga  √ Mitokondria : Pengertian , Struktur dan Fungsinya Lengkap
Baca Juga  √ Novel : Pengertian , Ciri , Jenis , Struktur dan Unsur Lengkap
Baca Juga  Pengertian Fakta dan Opini beserta Contoh Secara Lengkap