√ Kromosom : Pengertian, Struktur, Jenis dan Fungsinya Lengkap

Diposting pada

√ Kromosom : Pengertian, Struktur, Jenis dan Fungsinya Lengkap

 

 

Materi.Co.ID – Hay hay bertemu lagi dengan artikel materi.co.id . Kali ini kita akan membahas tentang kromosom . Simak ulasan lengkap nya dibawah ini

 

√ Kromosom : Pengertian, Struktur, Jenis dan Fungsinya Lengkap
√ Kromosom : Pengertian, Struktur, Jenis dan Fungsinya Lengkap

 


 

Pengertian Kromosom

 

Kromosom berasal dari kata chrome yang berarti berwarna dan kata soma yang artinya badan atau tubuh. Istilah kromosom bisa diartikan sebagai badan yang dapat menyerap warna.

Kromosom berada di dalam inti sel atau nukleus di setiap sel. Kromosom mulai bisa diamati saat berada pada tahap metafase saat proses pembelahan mitosis maupun pembelahan meiosis.

Saat tidak sedang membelah diri, kromosom tidak memiliki bentuk badan, tetapi dalam bentuk benang-benang yang terurai yang disebut dengan benang kromatin.

Kromosom yang bisa dilihat saat pembelahan sel merupakan kromosom dengan 2 kromatid. Kedua kromatid ini merupakan hasil dari replikasi DNA, dan kromosom membentuk huruf X. Bentuk kromosom seperti ini disebut sebagai kromosom dupleks. Kromatid dari pembelahan dari setiap kromosom sel akan terpisah ke dalam dua sel anak. Setiap kromatid ini berperan sebagai kromosom utuh dan disebut juga kromosom simpleks

Ukuran kromosom dalam sebuah sel sangat beragam. Panjangnya antara 0,2 sampai 50 mikron dan diameternya antara 0,2 sampai 20 mikron.

Baca Juga  √ Meiosis : Pengertian, Ciri, Fungsi dan Prosesnya Lengkap

 


 


Struktur Kromosom

 

A. Sentromer

Sentromer merupakan bagian dari kepala kromosom yang melekat pada benang benang disebut dengan spindle fobe atau Elemen-elemen yang bertugas untuk proses pembelahan memulai dari bidang ekuator ke arah tubuh nya masing-masing.

Sentromer disebut juga dengan kepala yang berfungsi ketika pembelahan sel mengarahkan yang berdasarkan letak sentromernya, kromosom dibedakan menjadi:

  • Kromosom metasentrik: Letak sentromernya berada ditengah dan kedua lengannya sama panjang, atau disebut juga bentuk V.
  • Kromosom akrosentrik: Letak sentromernya berada mendekati ujung sehingga lengannya sangat pendek, disebut bentuk J.
  • Kromosom submetasentrik: Letak sentromernya berada mendekati bagian tengah maka lengan yang satu lebih panjang dari lengan lainnya.
  • Kromosom telosentrik: Letak sentromernya berada di ujung sehingga hanya memiliki satu lengan, disebut bentuk.

 

B. Lengan Kromosom

Lengan Kromosom merupakan bagian badan utama dari kromosom yang berada pada beberapa kromosom dibungkus selaput tipis yang di dalamnya terdapat matriks berisikan cairan bening yang mengandung benang benang halus dinamakan dengan kromonema.

Membentuk struktur nukleosom lalu membentuk untaian benang yang dinamai kromatin, sebelum terjadinya pembelahan sel DNA akan membelah Kromatin maka akan terbentuk sel keturunan yang mendapatkan salinan lengkap berupa informasi genetik induknya.

Berdasarkan bentuk dan hasil pembelahan sel DNA maka terbentuk dua struktur kromosom adalah sebagai berikut :

  • Kromosom Sel Diploid, merupakan sel DNA yang mempunyai kromosom secara genetik dengan sel induk. Maka mempunyai persamaan kromosom dengan induknya.
  • Kromosom Sel Haploid, merupakan sel DNA yang hanya mempunyai kromosom secara tidak identik, maka hanya mempunyai setengah dari jumlah kromosom sel induk.

 

3.Kromomer

Kromonema berbentuk seperti pita spiral yang terdapat penebalan. Bagian kromonema yang mengalami pembelahan disebut kromomer. Kromomer ini memiliki fungsi untuk membawa sifat keturunan sehingga disebut sebagai lokus gen.

Baca Juga  Pengertian Teks Anekdot , Ciri-Ciri , Jenis , Tujuan ,Struktur dan Contoh Terlengkap

 


 

Jenis – Jenis Kromosom

 

Didalam sel tubuh suatu makhluk hidup pasti memiliki satu set kromosom yang jumlahnya tertentu. Satu set tersebut dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :

 

  • Autosom

Autosom atau yang dikenal dengan kromosom tubuh/kromosom somatik. Autosom adalah kromosom sebagai penentu sifat-sifat sel tubuh (sel somatik) namun tidak berperan dalam menentukan jenis kelamin suatu organisme. Jumlah autosom dalam sel tubuh ialah 2n-2, dimana n= jumlah seluruh kromosom. Dengan contoh, jumlah autosom sel tubuh manusia adalah 46-2= 44 atau 22 pasang.

 

  • Gonosom

Gonosom atau yang dikenal dengan kromosom seks/kromosom kelamin karena kromosom ini yang memiliki peran dalam menentukan jenis kelamin suatu organisme. Pada sel tubuh manusia ada dua buah kromosom seks. Jenis kelamin pada manusia ditentukan oleh jenis kromosom ini. Orang yang jenis kelamin laki-laki memiliki kromosom X dan kromosom Y (XY), sementara untuk wanita mempunyai sepasang kromosom X (XX).

 


 


Jumlah Kromosom pada Manusia

 

Jumlah kromosom di dalam sel manusia ialah 46 yang terbagi menjadi 23 pasang kromosom. Satu set kromosom (berjumlah 23) diturunkan dari ibu melalui sel telur dan satu set lainnya berasal dari ayah melalui sperma.

Kromosom dalam sel manusia dibagi menjadi 2 jenis, yaitu autosom yang terdiri dari 22 pasang kromosom dan gonosom atau kromosom seks yang terdiri dari satu pasang kromosom. Kromosom seks dapat menentukan jenis kelamin seseorang.

Perempuan mempunyai 2 kromosom X atau disebut juga kromosom XX, semetara lelaki mempunyai kromosom X dan Y menjadi kromosom XY.

 


 


Fungsi Kromosom

 

  • Berfungsi ebagai tempat penyimpanan informasi genetik yang akan diturunkan dari induk ke anak hingga membentuk sifat dan ciri khas individu itu.
  • Berperan penting dalam proses pembelahan sel.
  • Berfungsi untuk menentukan jenis kelamin sebuah individu.
Baca Juga  √ DNA : Pengertian, Struktur, Ciri, Sifat dan Komponen Penyusunnya Lengkap

 

 


Demikianlah bahasan kita mengenai kromosom. Terima kasih bagi yang menyempatkan waktu untuk membaca dan mampir di artikel √ Kromosom : Pengertian, Struktur, Jenis dan Fungsinya Lengkap. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu 🙂

Baca Juga Artikel Lainnya