√ Mamalia : Pengertian, Ciri, Klasifikasi dan Sistem Organnya Lengkap

Diposting pada

√ Mamalia : Pengertian, Ciri, Klasifikasi dan Sistem Organnya Lengkap

 

 

Materi.Co.ID – Hay hay bertemu lagi dengan artikel materi.co.id . Kali ini kita akan membahas tentang mamalia. Simak ulasan lengkap nya dibawah ini

 

√ Mamalia : Pengertian, Ciri, Klasifikasi dan Sistem Organnya Lengkap
√ Mamalia : Pengertian, Ciri, Klasifikasi dan Sistem Organnya Lengkap

 


 

Pengertian Mamalia

 

Kata mamalia berawal dari kata mamae yang mempunyai arti kelenjar susu. Maka, hewan mamalia dapat disebut dengan hewan kelas vertebrata yang memiliki kelenjar susu jadi binatang betina mamalia dapat menyusui anaknya. Sebagian besar hewan mamalia berkembang biak dengan cara melahirkan, walaupun ada pula sebagian hewan mamalia yang bertelur atau disebut monotremata.

Hewan monotremata atau hewan mamalia bertelur tidak mempunyai puting susu tetapi tetap memiliki kelenjar susu. Hewan mamalia ini jumlahnya sampai di angka 5.000 genus, dan menjalar dalam 425 keluarga serta mencapai angka 46 ordo bergantung pada klasifikasi ilmiahnya. Apabila digolongkan massa dan berat tubuh, hewan mamalia terbagi menjadi dua yaitu mamalia kecil dengan berat tubuh di antara 2 gram sampai 5 kilogram sementara mamalia berukuran besar mulai dari 5 kilogram ke atas.

 


 

Ciri – Ciri Mamalia

 

  • Memiliki anggota gerak untuk dapat berkegiatan seperti berjalan, berenang, atau bahkan juga untuk memegang sesuatu
  • Memiliki kelenjar susu yang disebut juga dengan (glandula mammae)
  • Memiliki tulang belakang yang dinamai dengan (vertebrata)
  • Memiliki rambut yang menutupi tubuhnya
  • Pada bagian jari mamalia memiliki kuku juga cakar untuk berburu makanan juga memanjat.
  • Mempunyai gigi taring, gigi seri dan juga gigi graham
  • Alat pernafasan mamalia adalah paru – paru
  • Jantung pada mamalia ialah 2 serambi juga 2 bilik.
  • Pengaturan suhu tubuh tergolong kedalam homoiterm
  • Berkembang biak dengan melahirkan (vivipar) dengan secara internal.
  • Tempat perkembangbiakan embrio di dalam rahim (uterus)
  • Sistem ekskresi Mammalia memiliki ginjal metanefros
  • Alat indra yang berupa mata, telinga, lidah, dan hidung

 


 

Klasifikasi Mamalia

 

  • Ordo Marsupialia

Mamalia ordo marsupilia merupakan mamalia yang memiliki ciri khusus yakni kantung di bagian perut. Kantung tersebut berperan untuk membawa dan menyusui bayi-bayi mereka. Contoh dari mamalia marsupilia ialah seperti kanguru, kuskus, dan koala. Di dalam kantong koala terdapat kelenjar susu dimana selain sebagai wadah membawa bayinya, juga sebagai tempat bayinya menyusu.

Baca Juga  √ Pengumuman : Pengertian , Ciri , Jenis , Unsur dan Contohnya Lengkap

 

  • Ordo Demoptera

Mamalia ordo demoptera ialah mamalia dengan ciri memiliki parasut meski bukan sayap. Parasut tersebut diperoleh dari kulit / membran yang terhubung antara keempat kakinya. Contoh hewan jenis ordo demoptera ialah monyet terbang, tupai terbang, dan beberapa jenis serangga.

 

  • Ordo Insektivora

Mamalia ordo insektivora memiliki karakteristik atau ciri khusus yaitu mata yang tertutup, telapak kaki bagian depan yang cenderung melebar, serta cakar yang kuat dan tebal. Mamalia jenis ordo ini tergolong mamalia kecil. Selain itu, mamalia ordo insektivora mempunyai ciri suka memakan serangga, cacing, biji bijian dan beberapa hewan kecil lainnya. Contoh mamalia ordo insektivora yaitu tikus tanah dan tapir.

 

  • Ordo Carnivore

Ordo carnivore tersusun atas berbagai jenis hewan yang memakan daging (Karnivora). Ciri khusus ordo carnivore mamalia yaitu mempunyai taring yang tajam yang berguna untuk mengunyah daging serta cakar untuk mencabik mangsa. Contohnya beruang, anjing, harimau, singa dan sejenisnya.

 

  • Ordo Chiroptera

Mamalia ordo chiroptera mempunyai ciri fisik yang nyaris sama dengan mamalia ordo demoptera yaitu adanya selaput membran yang terhubung antara kaki depan dengan kaki belakang. Hanya saja mamalia ordo chiroptera mempunyai ciri lain yaitu berada pada ukuran kaki depan yang lebih besar dibandingkan kaki bagian belakang. Contoh mamalia ordo chiroptera adalah kekelawar.

 

  • Ordo Cetacean

Ordo mamalia yang satu ini ialah mamalia yang hidup di tempat yang berair atau hidup di dalam air seperti lautan. Contohnya paus dan lumba-lumba. Walaupun mamalia laut tidak menyusui anaknya sebab tidak mempunyai kelenjar susu, tetapi dikaterogikan sebagai mamalia dikarenakan memenuhi ciri mamalia lainnya seperti adanya kelenjar susu, paru-paru, dan berkembang dengan cara melahirkan.

 

  • Ordo Primata

Mamalia ordo primata ialah mamalia jenis omnivora (pemakan tumbuhan). Selain itu ciri utama dari mamalia primata ialah memiliki bentuk jari yang lebih besar dan panjang. Jari tersebut untuk mempermudah dalam memanjat dan mengambil makanan. Contoh mamalia ordo primate yakni monyet, gorila, kera dan orang utan

 

  • Ordo Rodentia

Ordo rodentia mamalia misalnya seperti tupai, tikus, landak, dan jenis hewan pengerat lainnya.

 

  • Ordo Perisodactyla

Ordo perisodactyla merupakan mamalia yang mempunyai jari kaki berjumlah ganjil seperti kuda, dan keledai.

 

  • Monotremata

Monotremata merupakan hewan mamalia yang berkembang biak dengan cara bertelur seperti platypus, walaupun platypus tergolong hewan bertelur namun mereka menyusui anaknya.

 

  • Ordo Lagomorpha

Ordo lagomorpha merupakan hewan pemakan tumbuh-tumbuhan (Herbivora), daun, dan buah seperti kelinci.

 

  • Ordo Proboscidea

Ordo proboscidea adalah ordo mamalia jenis gajah meliputi seluruh spesies gajah.

 

  • Ordo Artiodactyla
Baca Juga  Pengertian Artikel ,Ciri - Ciri, Jenis ,Contoh & Tujuan Terlengkap

Ordo artiodactyla merupakan mamalia yang memiliki jari kaki genap seperti kijang, kerbau, sapi, kambing, jerapah, banteng dan unta.

 


 

Sistem Organ Mamalia

 

  • Sistem Pernapasan

Semua kelompok mamalia bernapas dengan paru-paru, tergolong dalam mamalia akuatik. Selain kerja dari otot dada, denyut pernapasan juga dibantu dengan diafragma. Fungsi ialah untuk mendapatkan oksigen dan mengeluarkan karbondioksida untuk mendapatkan energy untuk kelangsungan gerak tubuh dan segala prosesnya dengan menyederhanakan senyawa organik untuk diedarkan ke seluruh tubuh.

 

  • Sistem Reproduksi

Organ perkembangbiakan atau reproduksi pada mamalia ialah testes, ovarium, uterus, vesica, seminalis, duktus epididimis, uretra. Mamalia melakukan pembuahan secara internal, perkembangan embrionya berlangsung didalam uterus dengan masa kandungan yang beragam. Sistem ditribusi dan nutrisinya dikaitkan melalui plasenta yang menyalurkan nutrisi dari tubuh induknya.

 

  • Sistem Pencernaan

Saluran pencernaan mamalia tersusun dari mulut, esophagus, lambung, usus halus, usus besar dan anus. Pada mulut terdapat gigi yang pertumbuhannya disesuaikan dengan perilaku makan pada hewan bersangkutan. Mamalia karnivora mempunyai gigi taring yang sangat berkembang. Mamalia herbivore mempunyai gigi geraham yang dominan, taring tidak berkembang. Omnivore tidak menunjukkan adanya pertumbuhan jenis gigi yang dominan. Saluran usus pada hewan herbivore ini lebih panjang daripada usus karnivora. Pada kelompok Ruminansia (memamahbiak) ada perubahan yang sedikit berbeda dibandingkan kelompok lain.

 

  • Sistem Eksresi

Organ sistem ekstresi tergolong kulit, paru-paru, ginjal dan hati. Ginjal mengatur pengeluaran dan keseimbangan cairan dari kandung kemih dengan mengeluarkan urin. Kulit juga mengeluarkan keringat yang merupakan bagian dari sistem ekskresi. Mamalia juga mempunyai saluran pembuangan sisa pencernaan yang melalui anus dan saluran reproduksi melalui vagina dan penis.

 

  • Sistem rangka

Rangka mamalia tersusun atas 2 bagian yaitu rangka aksial dan apendikular. Rangka aksial ini ialah tulang tengkorak, tulang belakang, tulang dada, dan tulang selangka. Rangka spendikular terdiri dari tungkai atas yang disusun dengan tulang belikat, tulang lengan atas, tulang lengan bawah, tulang pengumpil, tulang hasta, tulang pergelangan tangan, tulang telapak tangan dan tulang jari. Penyusunan rangkanya tergantung pada jenisnya.

 

  • Sistem Saraf

Sistem saraf pusat mamalia terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang. Otak relatif lebih besar volumenya daripada kelompok vertebrata lain. saraf kranialnya terdiri atas 12 pasang. Sistem saraf mamalia tersusun atas sistem saraf pusat dan saraf tepi. Saraf pusat terdiri atas otak dan sum-sum lanjutan, sementara sum-sum tulang belakang berada dalam ruas-ruas tulang belakang. Sistem saraf mamalia sudah tergolong dalam sistem saraf yang kompleks.

 

  • Sistem Sirkulasi

Sistem sirkulasi umumnya dilakukan oleh jantung dan pembuluh darah. Jantung terdiri dari 4 ruang yang sudah terpisah sempurna dengan sirkulasi darah ganda. Dan sel darah merahnya tidak memiliki inti. Pengiriman oksigen dilakukan melalui sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Sebagai hewan endotermik, mamalia memerlukan lebih banyak oksigen dibandingkan hewan vertebrata lainnya

Baca Juga  √ Hewan Aves : Pengertian, Struktur dan Klasifikasinya Lengkap

 


 

Struktur Tubuh Mamalia

 

  • Kepala (Caput)

Kepala pada mamalia terbentuk oleh sebab adanya tulang tengkorak. Pada bagian kepala terdapat banyak organ pengindera seperti mata, telinga, hidung, dan lidah. Organ pengindera tersebut berhubungan langsung dengan otak. Dimana terdapat sebuah sinyal sensoris (perasa) dari organ yang langsung ke otak, dan juga sinyal motoris (pergerakan) dari otak ke organ.

 

  • Leher (cervical)

Leher merupakan sebuah tempat lewatnya saluran pernafasan, yaitu disebut trakea. Trakea ini hanya tempat berlalu udara yang masuk melalui hidung sampai pada paru-paru. Pada leher juga berada tempat berlalunya makanan yang disebut esofagus. Esofagus ini akan bermuara ke dalam lambung dalam penyaluran makanan.

Pada bagian belakang tulang leher ialah tempat berlalunya saraf saraf penting. saraf tersebut akan mempersarafi otot-otot pernafasan, sehingga pada saat terjadinya gangguan pada tulang belakang di leher, seseorang dapat meninggal sebabkan apabila terjadi gangguan pada saraf pernafasannya.

 

  • Badan (Corpus )

mamalia memiliki organ organ yang sangat penting seperti contohnya paru-paru, jantung, lambung, ginjal, juga glandula mammae yaitu tempat mamalia untuk bisa menyusui. Corpus mamalia tersebut dibentuk oleh karena tulang rusuk yang juga melindungi organ-organ penting pada bagian dalamnya. pada saat mamalia mengalami pembuahan secara internal lalu sesudah itu hamil. Uterus (rahim) yang berisi calon bayi tersebut akan melengkapi lebih dari setengah luas corpusnya.

 

  • Ekor (cauda )

Struktur pembentuk tubuh mamalia lainnya ialah ekor. Pada mamalia yang memiliki dua kaki, umumnya hanya berada tulang ekor. Akan tetapi pada mamalia yang memiliki empat kaki, ekor akan terlihat nyata seperti misalnya pada hewan kuda, kucing, juga harimau.

 

 


Demikianlah bahasan kita mengenai mamalia. Terima kasih bagi yang menyempatkan waktu untuk membaca dan mampir di artikel √ Mamalia : Pengertian, Ciri, Klasifikasi dan Sistem Organnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu 🙂

Baca Juga Artikel Lainnya