√ Tenggorokan : Pengertian, Fungsi dan Strukturnya Lengkap

Diposting pada

√ Tenggorokan : Pengertian, Fungsi dan Strukturnya Lengkap

 

 

Materi.Co.ID – Hay hay bertemu lagi dengan artikel materi.co.id. Kali ini kita akan membahas tentang tenggorokan. Simak ulasan lengkap nya dibawah ini

 

√ Tenggorokan : Pengertian, Fungsi dan Strukturnya Lengkap
√ Tenggorokan : Pengertian, Fungsi dan Strukturnya Lengkap

 


 

Pengertian Tenggorokan

 

Tenggorokan merupakan struktur dari leher yang terdiri dari faring dan laring. Tenggorokan mempunyai sebuah selaput otot yang disebut juga epiglotis yang memiliki peran sebagai pemisah esofagus dari trakea dan mencegah makanan dan minuman untuk masuk ke saluran pernapasan.

 


 


Fungsi Tenggorokan

 

  • Fungsi Tenggorokan dalam Sistem Pernapasan

Fungsi tenggorokan manusia adalah sebagai saluran pernapasan atau respirasi.

Ketika paru-paru mengisap udara yang berasal dari hidung dan mulut (atau salah satunya) ke faring dimana udara kemudian masuk ke laring yang kemudian turun ke bronkus dan kemudian tiba di paru-paru.

 

  • Fungsi Tenggorokan dalam Sistem Pencernaan

Tenggorokan adalah menjadi garis depan kedua dalam sistem pencernaan.

Kerongkongan, yang merupakan bagian dari tenggorokan, akan masukan makanan yang telah hancur di mulut ke perut di mana sebagian besar proses pelarutan kimia terjadi.

Tenggorokan memiliki sebuah selaput otot yang dinamakan epiglottis yang berfungsi untuk memisahkan esofagus dari trakea dan mencegah makanan dan minuman untuk masuk ke saluran pernapasan.

 

Baca Juga  √ Alveolus : Pengertian, Ciri, Fungsi dan Strukturnya Lengkap

 

Struktur Tenggorokan

 

  • Faring

Struktur tenggorokan yang menghubungkan antara mulut dengan rongga hidung pada esofagus dan laring, melewati tabung berotot. memiliki fungsi sebagai jalan bagi makanan dan udara guna mencapai lambung dan paru-paru. Faring terbagi menjadi 3 bagian, yaitu nasofaring (bagian atas, tersusun atas langit-langit mulut lunak dan keras), orofaring (bagian tengah, tersusun atas uvula dan amandel), dan laringofaring (bagian bawah, tersusun atas epiglotis dan saluran menuju esofagus atau laring).

 

  • Epiglotis 

Struktur tenggorokan yang berbentuk lipatan otot ini akan menyelimuti laring saat proses menelan, sehingga makanan tidak bisa memasuki laring dan paru-paru. Jika makanan atau partikel lain tersangkut pada laring, maka akan mengakibatkan penyakit aspirasi pneumonia.

 

  • Laring

Tabung yang berbentuk vertikal berotot yang menyimpan pita suara ini, atau yang lebih dikenal dengan kotak suara. Laring dapat memicu manusia bisa menghasilkan suara. Sebelum mencapai trakea, udara yang terhirup akan melalui laring.

 

  • Trakea 

Struktur tenggorokan yang mempunyai bentuk seperti pipa vertikal berotot dan berlubang ini disebut sebagai batang tenggorokan yang mengkaitkan laring dengan bronki paru-paru. Trakea memiliki fungsi untuk menyampaikan aliran udara dari dan ke dalam paru-paru saat proses pernapasan.

 

  • Esofagus

Struktur tenggorokan yang berbentuk tabung vertikal berotot ini terpisah dari faring dan kemudian membawa makanan dan minuman ke dalam lambung. Saat tidak melakukan aktivitas, ukuran esofagus mencapai 9-10 inchi dan lebar 2 cm, membentuk bagian saluran gastrointestinal dan letaknya di dekat trakea dalam wilayah toraks dan leher.

 


 


Cara Menjaga Kesehatan Tenggorokan

 

  • Hindari suhu dingin

Suhu panas tubuh dapat menghilang dari permukaan kepala dan leher 40 -50%. Sedangkan saat suhu di area leher berubah dingin, tenggorokan akan rentan terserang rasa sakit seperti batuk dan demam. Gunakan syal di leher untuk menjaga kehangatan pada tenggorokan.

Baca Juga  √ Gen : Pengertian, Struktur, Fungsi, Sifat dan Komponennya Lengkap

 

  • Jangan berbagi peralatan makan

Jangan pernah minum dari gelas atau botol yang sama dengan orang lain. Hal ini akan mengakibatkan risiko infeksi kuman atau bakteri masuk dan mengancam tenggorokan.

 

  • Selalu menggosok gigi dengan rutin

Menjaga kesehatan gigi dan mulut akan menjauhkan dari masalah tenggorokan. Perhatikan juga untuk selalu mengganti sikat gigi secara teratur. Paling lama 3 bulan sekali.

 

  • Rajin kumur air garam

Berkumur menggunakan air garam yang hangat bisa membantu mensterilkan mulut dan tenggorokan. Dan air garam juga bisa digunakan untuk memulihkan hidung yang tersumbat.

 

  • Minum air jahe dan madu

Minum air jahe dan madu merupakan ramuan terbaik untuk melindungi tenggorokan.

 


 

Jenis Penyakit Tenggorokan

 

  • Tonsilitis yakni terjadinya peradangan pada amandel atau tonsil.
  • Faringitis yakni terjadinya peradangan pada saluran yang menyambungkan hidung atau mulut dengan kerongkongan (esofagus) atau laring.
  • Laringitis, yakni terjadinnya peradangan pada laring.
  • Infeksi mononukleosis, yakni terjadinya infeksi virus Epstein Barr dengan gejala adanya pembesaran kelenjar getah bening, demam, dan sakit tenggorokan.
  • Abses peritonsil, yakni terjadinya pembengkakan bernanah antara langit-langit tenggorokan dan bagian belakang amandel.
  • Epiglotitis, yakni terjadinya peradangan pada katup yang memisahkan saluran pernapasan dengan saluran pencernaan.

 

 

 


Demikianlah bahasan kita mengenai tenggorokan. Terima kasih bagi yang menyempatkan waktu untuk membaca dan mampir di artikel √ Tenggorokan : Pengertian, Fungsi dan Strukturnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu 🙂

Baca Juga Artikel Lainnya