√ Pankreas : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Jenis Penyakitnya Lengkap

Diposting pada

√ Pankreas : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Jenis Penyakitnya Lengkap

 

 

Materi.Co.ID – Hay hay bertemu lagi dengan artikel materi.co.id . Kali ini kita akan membahas tentang pankreas. Simak ulasan lengkap nya dibawah ini

 

√ Pankreas : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Jenis Penyakitnya Lengkap
√ Pankreas : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Jenis Penyakitnya Lengkap

 


 

Pengertian Pankreas

 

Pankreas merupakan suatu organ pada sistem pencernaan yang memiliki dua fungsi utama yaitu untuk menghasilkan enzim pencernaan atau fungsi eksokrin juga menciptakan beberapa hormon atau fungsi endokrin.

Pankreas ini berada pada kuadran kiri atas abdomen atau perut dan bagian kaput/kepalanya melekat pada organ duodenum. Produk enzim akan disalurkan dari pankreas ke duodenum melalui saluran pankreas utama.

 


 

Fungsi  Umum Pankreas

 

  • Mengontrol kadar gula dalam darah melalui pengeluaran glukagon, yang menambah kadar gula dalam darah dengan memperlancar tingkat pelepasan dari hati.
  • Pengurangan kadar gula dalam darah dengan melepaskan insulin yang mana akan mempercepat aliran glukosa ke dalam sel pada tubuh, terutama otot. Insulin juga mendorong hati untuk mengubah glukosa menjadi glikogen dan menyimpannya di dalam sel-selnya.

 


 


Fungsi Pankreas Sebagai Organ Eksokrin

 

  • Sewaktu makanan sudah dicerna di lambung dan secara bertahap menuju duodenum, duodenum akan menghasilkan sebuah hormon yang dinamai hormon kolesistokinin. Hormon tersebut berperan untuk memberikan rangsangan pada pankreas untuk memproduksi berbagai enzim dan cairan yang terkandung dalam bentuk getah pankreas yang membantu proses pencernaan.
Baca Juga  √ Lambung : Pengertian, Fungsi dan Strukturnya Lengkap

 

  • Berbagai jenis enzim dan cairan yang diproduksi tersebut meliputi enzim lipase, enzim tripsinogen, enzim amilase, enzim karbohidrase pankreas, dan cairan NaCHO3.

 

  • Fungsi enzim lipase mempunyai peranan guna memecah lemak menjadi asam lemak dan gliserol. Lipase ini juga akan menyimpan lemak, apabila lemak yang masuk ke tubuh melebihi batas.

 

  • Enzim trisinogen berfungsi untuk memecah komponen protein, sifatnya belum aktif. Namun apabila sudah aktif, enzim ini berubah menjadi enzim tripsin yang berfungsi memecah pepton menjadi asam amino.

 

  • Enzim amilase mempunyai peran mengubah amilum (berupa polisakarida) menjadi berbentuk monosakarida. Polisakarida tidak bisa diserap oleh tubuh. Tubuh hanya bisa menyerap gula dalam bentuk monosakarida.

 

  • Enzim karbohidrase pankreas berperan untuk memecah disakarida untuk menjadi monosakarida. Enzim karbohidrase pankreas meliputi enzim maltase, laktase, dan sukrose.

 

  • Cairan NaCHO3 mempunyai sifat basa. Makanan yang berasal dari lambung bersifat asam. Makanan yang akan mengarah duodenum harus bersifat netral agar tidak melukai dinding lambung. Cairan NaCHO3 menetralkan makanan dari lambung karena bersifat basa.

 

  • Fungsi organ eksokrin mempunyai peran dalam proses pencernaan untuk memecah molekul kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana. Dan juga pankreas ini memiliki fungsi untuk menetralkan pH makanan yang berasal dari lambung untuk kemudian mengarah ke duodenum.

 


 

Fungsi Pankreas Sebagai Organ Endokrin

 

Pankreas manusia memiliki langerhans yang berperan dalam menjalankan fungsi endokrin pankreas. Langerhans ini merupakan kelompok sel kecil yang tersebar di seluruh pankreas yang banyak terdapat pembuluh darah dan menyusun 1%-2% dari seluruh masa pankreas.

Langerhans sendiri terbagi menjadi 4 jenis sel yaitu :

  • Sela Alfa Pankreas yaitu sel yang berfungsi untuk menciptakan hormon glukagon. Fungsi hormon glukagon ini untuk meningkatkan kadar gula dalam darah dan memecah cadangan gula dalam hati lalu dibawa ke darah.
Baca Juga  √ Nomina : Pengertian , Ciri , Jenis dan Contohnya Lengkap

 

  • Sel Beta Pankreas yaitu salah satu sel yang berfungsi untuk menghasilkan hormon insulin. Fungsi dari hormon insulin ini ialah untuk menurunkan kadar gula dalam darah, apabila kadar gula dalam darah tinggi, maka insulin akan menyimpan gula berlebih tersebut ke dalam hati. Apabila hormon insulin tidak ada atau kurang, maka manusia akan terkena penyakit diabetes militus.

 

  • Sel F Pankreas (Sel Gamma Pankreas) ialah suatu sel yang berfungsi untuk menciptakan polipeptida pankreas. Fungsi dari polipeptida yaitu untuk memperlambat penyerap makanan.

 

  • Sel Delta Pankreas merupakan sebuah sel yang berfungsi untuk menghasilkan somatostatin. Fungsi dari hormon somatostatin ialah guna menghambat sekresi Glukagon oleh sel alfa pankreas dan menghambat sekresi insulin oleh sel beta pankreas, dan juga menghambat produk polipeptida oleh Sel F pankreas.

 


 

Struktur Pankreas

 

  • Kepala pankreas merupakan bagian terluas dari pankreas, yang berdekatan dengan usus kecil.
  • Leher pankreas ialah bagian yang berada di antara kepala dan tubuh pankreas dengan panjang sekitar 2,5 cm.
  • Tubuh pankreas ialah bagian sentral yang mempunyai banyak sel pankreas, maka dinamai sebagai bagian terpenting dari pankreas.
  • Ekor pankreas merupakan bagian terakhir dari pankreas, ekor pankreas berada di perut kiri dan memiliki bentuk yang sedikit diremajakan.
  • Saluran pankreas (saluran pankreas) ialah saluran yang timbul dari pankreas dan dibuang ke usus kecil. Fungsi dari saluran pankreas ini ialah untuk menyalurkan berbagai enzim yang membantu pencernaan komponen-komponen penting seperti karbohidrat, protein dan lemak.

 


 

Jenis – Jenis Penyakit Pankreas

 

Pankreatitis – Kondisi peradangan pankreas ini, bisa bersifat akut maupun kronis ini. Pankreatitis seringkali diakibatkan oleh penyalahgunaan alkohol, fibrosis sistik, pembedahan yang dilakukan di area perut, batu empedu, darah dengan kadar kalsium tinggi, dan pengobatan tertentu.

  • Kanker pankreas : Kanker yang bisa tumbuh pada pankreas saat sel yang berada dalam pankreas mengalami kerusakan atau berkembang biak dengan cepat. Kanker pankreas terbagi ke dalam 3 jenis, adenokarsinoma merupakan jenis yang paling sering ditemukan. Karsinoma adenosquamous dan karsinoma sel squamous termasuk kasus yang jarang.
  • Insufisiensi Eksokrin Pankreas (EPI) : keadaan ini terjadi apabila tubuh kekurangan enzim eksokrin pankreas, maka terjadi kegagalan pencernaan atau ketidakmampuan mencerna makanan.
  • Pancreas Divisum : keadaan kongenital dimana dorsal dan ventral tidak mampu melebur bersama.
  • Diabetes Tipe 1 : keadaan autoimun di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sel yang menghasilkan insulin di dalam pankreas.
  • Diabetes Tipe 2 : Gangguan metabolik jangka panjang ini berlangsung jika terdapat penumpukan glukosa dalam aliran darah, sebab pankreas tidak mampu memproduksi dan melepaskan hormon insulin dalam jumlah yang tepat.
Baca Juga  √ Fermentasi : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Tahapannya Lengkap

 

 

 


Demikianlah bahasan kita mengenai pankreas. Terima kasih bagi yang menyempatkan waktu untuk membaca dan mampir di artikel √ Pankreas : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Jenis Penyakitnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu 🙂

Baca Juga Artikel Lainnya