Lembaga Sosial

Diposting pada

Materi.Co.ID – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini Materi.Co.ID akan membahas mengenai artikel yang berjudul Lembaga Sosial. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Lembaga Sosial


Pengertian Lembaga Sosial

Lembaga sosial adalah suatu kelompok sosial yang terbentuk karena adanya nilai, kepribadian, adat istiadat, norma, ataupun unsur lainnya yang berkembang dalam lingkungan masyarakat. Adapun anggota yang termasuk ke dalam suatu lembaga sosial harus ikut terikat dan aktif dengan peraturan yang dibuat serta harus dipatuhi bersama guna mencapai tujuan bersama.

 


Pengertian Lembaga Sosial Menurut Para Ahli

1. Menurut Peter L. Berger
Lembaga sosial yakni suatu aturan yang dapat menyebabkan perbuatan manusia lebih terkontrol untuk mengikuti pola tertentu dan dipaksa bergerak sesuai dengan jalan yang diinginkan masyarakat.


2. Menurut Robert Mac Iver dan CH. Page
Lembaga Sosial yakni suatu keadaan atau berbagai bentuk prosedur yang mapan dan terartur sehingga dapat dikatakan menjadi ciri atau karakteristik untuk kegiatan kelompok.


3. Menurut Koentjaraningrat
Lembaga sosial yakni suatu sistem tata kelakuan dan hubungan yang berpusat kepada kegiatan manusia untuk dapat memenuhi kompleksitas kebutuhan khusus dalam kehidupan manusia.


4. Menurut Roucek dan Warren
Lembaga sosial yakni berbagai macam pola yang telah memiliki posisi yang pasti atau tetap dengan tujuan untuk dapat mempersatukan berbagai kebutuhan manusia yang lahir akibat kebiasaan-kebiasaan dengan memperoleh persetujuan dengan berbagai cara yang sudah tidak terelakan lagi sehingga dapat tercapainya tujuan bersama.

Baca Juga  Penyimpangan Sosial

5. Menurut Liopold Von Wilse dan Becher
Lembaga sosial yakni suatu jaringan proses hubungan antarmanusia dan antarkelompok sosial yang memiliki fungsi untuk dapat memelihara hubungan serta polanya sesuai dengan minat dan kepentingan manusia dalam kelompoknya guna mencapai tujuan yang sudah disepakati bersama.

 


Ciri – Ciri Lembaga Sosial

Ciri – ciri lembaga sosial menurut Gillin & Gillin diantaranya sebagai berikut:

  1. Mempunyai satu hingga lebih tujuan tujuan tertentu.
  2. Mempunyai pola pemikiran serta perilaku yang terwujud dari kegiatan masyarakat dengan hasil hasilnya.
  3. Mempunyai lambang sebagai simbol yang digunakan untuk tujuan serta fungsi dari lembaga tersebut.
  4. Merumuskan tujuan serta tata tertib, lembaga mempunyai tradisi (aturan) tertulis dan tidak tertulis yang harus dipatuhi seluruh anggotanya.
  5. Mempunyai sebuah nilai dan norma yang akan dapat menjadi lembaga setelah melalui proses percobaan yang ada dalam jangka waktu yang relatif lama.
  6. Mempunyai alat-alat yang berbeda satu sama lain guna kelengkapan yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan dari lembaga tersebut.

 


Jenis – Jenis Lembaga sosial

Jenis – jenis lembaga sosial diantaranya sebagai berikut:

  • Lembaga Agama

Lembaga agama adalah suatu lembaga sosial dalam masyarakat dimana yang ada di dalamnya terdapat praktek kepercayaan suatu agama serta hal-hal lain yang dianggap suci. Lembaga ini dibentuk dengan tujuan untuk mempersatukan umat beragama.


  • Lembaga Keluarga

Lembaga keluarga adalah suatu lembaga dengan unit sosial yang paling kecil di dalam masyarakat yang menaungi seseorang ketika mereka lahir dengan beberapa anggota keluarga.


  • Lembaga Hukum

Lembaga hukum adalah suatu lembaga yang berfungsi sebagai alat pengatur hubungan masyarakat, menciptakan keadilan sosial, baik lahir maupun batin, serta menjadi alat untuk menyelesaikan sengketa dalam kehidupan masyarakat berbagai kalangan.

Baca Juga  Lembaga Politik

  • Lembaga Pendidikan

Lembaga pendidikan adalah suatu lembaga yang memiliki peran sebagai wadah berlangsungnya pendidikan atau pembelajaran yang dijalani seseorang dengan tujuan untuk mengubah dan mengatur tingkah lakunya agar menjadi individu yang lebih baik.


  • Lembaga Kesehatan

Lembaga kesehatan adalah suatu lembaga yang dapat terfokus pada pelayanan kesehatan dan tujuannya untuk dapat mewujudkan masyarakat agar selalu sehat secara mental maupun fisik. Lembaga ini sudah banyak sekali terbentuk dalam lingkungan masyakarat dengan pelayanan yang cukup memadai untuk menciptakan masyarakat yang sehat.


  • Lembaga Politik

Lembaga politik adalah suatu lembaga yang dibentuk guna dapat menangani permasalahan tata tertib dan aturan yang ada sehingga dapat mewujudkan keamanan dan ketentraman. Lembaga politik ini lebih mengarah pada hal-hal yang berkaitan dengan pemerintah juga pelayanan terhadap masyarakat guna melindungi masyarakat dan mengingatkan masyarakat terkait dengan aturan pemerintahan.

 


Tujuan Lembaga Sosial

Tujuan lembaga sosial menurut Drs. Achmadi diantaranya sebagai berikut:

  • Menjaga kebutuhan masyarakat.
  • Memberikan pegangan kepada masyarakat untuk dapat mengadakan sistem pengendalian sosial terhadap tingkah laku anggota-anggotanya agar lebih terkontrol dalam melakukan aktivitas sosial.
  • Memberikan pedoman dan arahan kepada anggota sosial untuk dapat bertingkah laku sesuai dengan aturan guna menghadapi masalah yang ada dalam aktivitas sosial tersebut.

 


Fungsi Lembaga Sosial

Fungsi lembaga sosial menurut gagasan Soerjono Soekanto diantaranya sebagai berikut:

  1. Untuk menjagai kelengkapan atau keutuhan masyarakat yang berkaitan.
  2. Memberikan pengarahan dan pengawasan terhadap pada masyarakat guna dapat melakukan sistem pengendalian sosial, yakni suatu sistem pengawasan masyarakat kepada para anggotanya.
  3. Memberikan pegangan atau pedoman terhadap para anggota masyarakat, guna mengatahui bagaimana mereka harus bertingkah atau bersikap ketika menghadapi berbagai masalah yang timbul dalam aktivitas sosial yang berhubungan dengan masyarakat.
Baca Juga  Dampak Kontravensi

 


Syarat Lembaga Sosial

Syarat lembaga sosial menurut Koentjaraningrat diantaranya sebagai berikut:

  • Mempunyai perlengkapan dan juga peralatan.
  • Mempunyai tata prilaku yang baku, sehingga dapat mewujudkan norma serta adat istiadat yang berlaku dan hidup di dalam ingatan ataupun secara tertulis.
  • Sistem kegiatan itu harus disadarkan dan dibiasakan kepada kelompok- kelompok yang berkaitan dalam suatu masyarakat dalam kurun waktu yang lama.
  • Suatu pusat kegiatan dalam lembaga sosial  yang mempunyai tujuan guna dapat memenuhi kompleks-kompleks kebutuhan tertentu yang didasari sekaligus dimengerti oleh kelompok yang bersangkutan.
  • Sekumpulan manusia yang dapat melakukan aktivitas bersama serta saling terhubung menurut sistem norma-norma yang berlaku tersebut dengan mematuhi aturan.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai √ Lembaga Sosial : Pengertian, Ciri, Jenis, Tujuan, Fungsi & Syaratnya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :