Fungsi Informasi

Diposting pada

Materi.Co.ID – Hay hay bertemu lagi dengan artikel materi.co.id . Kali ini kita akan membahas tentang informasi. Simak ulasan lengkap nya dibawah ini

 

√ Informasi : Pengertian, Ciri, Jenis dan Fungsinya Lengkap

 


Pengertian Informasi

Informasi merupakan pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri atas order sekuens dari simbol, atau makna yang bisa ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan. Informasi bisa direkam atau ditransmisikan. Hal ini bisa dicatat sebagai tanda-tanda, atau sebagai sinyal berdasarkan gelombang. Informasi ialah jenis acara yang mempengaruhi suatu negara dari sistem dinamis. Para konsep mempunyai banyak arti lain dalam konteks yang berbeda.

Informasi bisa dibilang sebagai pengetahuan yang diperoleh dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi. Akan tetapi, istilah ini mempunyai banyak arti disesuaikan pada konteksnya, dan secara umum berhubungan erat dengan konsep seperti arti, pengetahuan, negentropy, Persepsi, Stimulus, komunikasi, kebenaran, representasi, dan rangsangan mental.

Dalam beberapa hal pengetahuan tentang peristiwa-peristiwa tertentu atau situasi yang sudah dikumpulkan atau diterima melalui proses komunikasi, pengumpulan intelejen, ataupun diperoleh dari berita juga dinamakan informasi. Informasi yang berupa koleksi data dan fakta seringkali dinamai informasi statistik.

 


Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

  • Menurut Raymond McLeod

Informasi ialah data yang sudah diolah menjadi bentuk yang memiliki arti bagi si penerima dan berguna dalam pengambilan keputusan saatu ini atau di masa mendatang.


  • Menurut Jogiyanto HM

Informasi ialah hasil dari pengolahan data ke dalam bentuk yang lebih berguna bagi penerimanya yang mennjelaskan kejadian-kejadian yang nyata untuk dipergunakan dalam pengambilan keputusan.

Baca Juga  Contoh Sistem Gerak Tumbuhan

  • Menurut Lina Sidharta

Informasi ialah data yang disediakan dalam bentuk yang lebih berguna untuk mengambil suatu keputusan.


  • Menurut George R. Terry

Informasi ialah suatu data penting yang memberikan pengetahuan yang bermanfaat bagi penerimanya.


  • Menurut Azhar Susanto

Informasi ialah suatu hasil pengolahan data yang akan memberikan arti dan manfaat untuk penerimanya.

 


Ciri – Ciri Informasi

  • Informasi harus Relevan, yang berarti informasi tersebut memiliki manfaat oleh pemakainya.
  • Informasi harus Akurat, yang berarti informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan harus jelas mencerminkan maksudnya.
  • Tepat pada waktunya, yang berarti informasi yang diterima tidak boleh telat.
  • Konsisten, yang berarti informasi yang diterima sesuai dengan datanya dan tidak mengalami perubahan yang tidak benar.

 


Jenis – Jenis Informasi

1. Jenis Informasi Berdasarkan Sifatnya

  • Faktual ialah informasi yang dibuat berdasarkan dari fakta dan kebenarannya yang bisa dibuktikan.
  • Konsep atau opini ialah informasi yang dibuat berdasarkan dari pendapat seseorang mengenai suatu hal.
  • Deskripsi ialah informasi yang dibuat dalam bentuk penjelasan yang terperinci tentang suatu hal.

2. Jenis Informasi Berdasarkan Fungsi dan Kegunaannya

  • Informasi yang menambah pengetahuan ialah informasi isinya bisa menambah pengetahuan baru bagi seseorang.
  • Informasi berdasarkan penyajiannya ialah informasi yang disampaikan/ disajikan dalam beberapa bentuk, contohnya yaitu artikel, gambar, audio, video dan lain-lain.

3. Jenis Informasi Berdasarkan Bidang Kehidupan

Jenis informasi ini dibuat dalam beberapa kategori, contohnya seperti informasi pendidikan, informasi kesehatan, informasi olahraga, informasi bisnis dan lain-lain.


4. Jenis Informasi Berdasarkan Lokasi Peristiwa

Informasi berdasarkan lokasi peristiwa yakni informasi dibuat berdasarkan dari lokasi suatu peristiwa. Jenis informasi ini dibedakan menjadi 2 jenis yakni informasi dalam negeri atau domestik dan informasi luar negeri.

Baca Juga  Tujuan Ergonomi

 


Fungsi Informasi

  • Menjadi Sumber Pengetahuan Baru

Dengan adanya informasi yang valid bisa menjadikannya sebagai sebuah pengetahuan baru dan bisa menambah wawasan di bidang tertentu. Misalnya informasi tentang pelajaran sekolah atau kuliah yang diperoleh dari konten di internet.


  • Menghapus Ketidakpastian

Kurangnya informasi mengenai sesuatu bisa menimbulkan ketidakpastian. Maka untuk menghapus ketidakpastian itu dibutuhkan informasi yang lengkap dan valid dari sumber yang terpercaya.


  • Sebagai Media Hiburan

Salah satu fungsi informasi juga bisa sebagai media hiburan bagi masyarakat. Contohnya terdapat informasi tentang objek wisata di suatu tempat dan informasi tersebut yang disertai dengan gambar-gambar yang menarik.


  • Sebagai Sumber Berita

Informasi juga digunakan sebagai sumber berita yang akan disampaikan kepada publik umum atau masyarakat. Contohnya informasi mengenai perhelatan Asian Games. Adapun sumber berita tersebut bisa diperoleh dari media Televisi, Internet, Radio, dan lain sebagainya.


  • Untuk Sosialisasi Kebijakan

Salah satu fungsi informasi yaitu bisa digunakan untuk menyampaikan kebijakan pemerintah kepada masyarakat yang bisa dilakukan dengan sosialisasi.


  • Untuk Mempengaruhi Khalayak

Penyampaian informasi yang disampaikan melalui media massa pada umumnya dilakukan guna mempengaruhi orang banyak. Contohnya informasi tentang produk melalui televisi yang bertujuan supaya masyarakat bisa mengenal dan tertarik untuk menggunakan produk tersebut.


  • Menyatukan Pendapat

Dengan adanya kemajuan teknologi informasi ini, sekarang sudah ada yang namanya media sosial, maka sudah sangat mudah untuk menyampaikan pendapat ke ruang publik. Akan tetapi, masih banyak pendapat tersebut yang tidak sesuai dengan fakta.

Dibutuhkan informasi yang valid dari sumber-sumber yang terpercaya maka bisa bermanfaat untuk menilai apakah pendapat yang disampaikan ke ruang publik tersebut sesuai dengan informasi.

 


Demikianlah bahasan kita mengenai informasi. Terima kasih bagi yang menyempatkan waktu untuk membaca dan mampir di artikel √ Fungsi Informasi : Pengertian, Ciri & Jenisnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu 🙂

Baca Juga  Teks Ceramah

 


Baca Juga Artikel Lainnya