√ Apresiasi : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

√ Apresiasi : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Contohnya Lengkap

Materi.Co.ID – Hay hay bertemu lagi dengan artikel materi.co.id . Kali ini kita akan membahas tentang apresiasi. Simak ulasan lengkap nya dibawah ini

√ Apresiasi : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Contohnya Lengkap
√ Apresiasi : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Contohnya Lengkap

Pengertian Apresiasi

Kata Apresiasi berasal dari kata “Apreciatio” yang artinya menghargai atau dengan kata lain sebagai penghargaan guna membuat orang lebih semangat melakukan suatu hal yang bermanfaat.

Adapun istilah apresiasi secara terminologi ialah suatu proses penilaian maupun penghargaan yang positif yang diberikan seseorang terhadap sesuatu hal.


Pengertian Apresiasi Menurut Para Ahli

  • Prayogi

Menurut Prayogi pengertian apresiasi merupakan semua kegiatan yang memberikan penghargaan dilakukan sebagai hasil penggunaan, peresapan serta penilaian seseorang terhadap sebuah karya sastra ataupun karya seni tertentu. Apresiasi juga ialah bentuk rasa kagum yang keluar dari diri penikmat karya seni ataupun karya sastra tertentu.

  • S. E Effendi

Menurut S. E Effendi pengertian apresiasi ialah kegiatan menggauli cipta sastra dengan sungguh-sungguh maka tumbuh pengertian, penghargaan, kepekaan pikiran kritis serta kepekaan perasaan yang baik terhadap karya sastra.

  • Verbeek

Menurut Verbeek pengertian apresiasi ialah suatu kesadaran menilai lewat penghayatan suatu karya seni dengan memberdayakan seluruh pribadi yang mengaitkan perasaan, pengalaman, keinginan, dan anggapan seseorang.

  • Hornby

Menurut Hornby arti apresiasi ialah pengenalan dan pemahaman yang tepat, pertimbangan, penilaian serta pernyataan yang memberikan penilaian.

Baca Juga  √ Puisi : Pengertian , Ciri , Jenis , Struktur dan Contohnya Lengkap

  • Elliyati

Menurut Elliyati definisi apresiasi ialah setiap kegiatan yang mendekati karya sastra secara sungguh-sungguh yang berhubungan dengan kesungguhan penikmat sastra untuk mengenali, menghargai dan menghayati, sehingga bisa menjumpai penjiwaan yang benar-benar dalam.

  • Albert R. Candler

Menurut Albert R. Candler pengertian apresiasi ialah proses mengartikan serta menyadari sepenuhnya tentang karya seni, serta menjadi sensitif mengenai gejala estetis dan artistik, maka bisa menikmati dan menilai karya tersebut secara semestinya.


Jenis – Jenis Apresiasi

Secara umum, jenis apresiasi bisa dikelompokkan dalam 4 kelompok, yakni :

  • Apresiasi Empatik

Merupakan apresiasi yang menilai kualitas sebuah karya seni maupun sastra sebatas penglihatan. yang mengaitkan pikiran dan perasaan aktivitas menilai atau menghargai suatu karya seni yang bisa diterima secara indera saja.

  • Apresiasi Estetis

Merupakan kegiatan menilai atau menghargai suatu karya seni dengan mengaitkan pengamatan mendalam dan penghayatan. Contohnya kita sedang menyaksikan drama musikal sebuah seni teater,maka butuh adanya pengamatan yang baik suapaya penyampaian penilaian apresiasi estetis jelas kepada siapa.

  • Apresiasi Kritik

Merupakan apresiasi yang memiliki tujuan menganalisa suatu karya seni dan memberikan kesimpulan kritik atas hasil pengamatanya. Teknik apresiasi kritik bisa dilakukan dengan mengamati benda secara langsung atau tidak langsung. Contohnya pada ajang pencarian bakat seperti indonesia idol maka dibutuhkan sebuah ilmu yang mendalam dimana setiap menampilkan suatu bakat terjadi sebuah bentuk penyampaian apresiasi kritik kepada seseorang yang memperlihatkan sebuah bakatnya.


Fungsi Apresiasi

  • Berfungsi sebagai sarana untuk meningkatkan rasa cinta pada sebuah karya anak bangsa Indonesia, dan juga untuk peduli terhadap sesama.
  • Berfungsi sebagai sarana untuk penilaian, penikmatan, empati, hiburan serta edukasi.
  • Berfungsi sebagai sarana untuk bisa mengembangkan kemampuan manusia dalam beberapa hal.
Baca Juga  √ Siklus Hidrologi : Pengertian , Proses dan Jenisnya Lengkap

Pendekatan dalam Melakukan Apresiasi

  • Pendekatan Deskriptif

Pendekatan deskriptif merupakan salah satu jenis dari pendekatan yang bisa dilaksanakan dengan cara melakukan sebuah pengamatan lalu memberikan suatu komentar apa adanya atas karya seni tersebut.

Contohnya saja mengomentari objek gambar, warna yang bisa digunakan, komposisi warna, tema, judul gambar, media yang digunakan, ukuran, dan lain-lain.

  • Pendekatan Analitik

Pendekatan analitik merupakan sebuah jenis pendekatan yang bisa dilakukan dengan cara mengamati karya seni berdasarkan suatu aturan estetika yang baku.

Seperti saja mengamati suatu aspek tematik, teknik pengerjaan yang digunakan, serta mencari tahu apa maksud yang terkandung dalam karya seni tersebut.

  • Pendekatan Interpretatif

Pendekatan ini bisa dilakukan dengan cara menginterprestasikan sebuah karya seni dari segi sudut pandang pengamat. Seperti adanya kesamaan pengalaman, unsur estetis dan sebagai ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh si pengamat.

  • Pendekatan Penilaian

Pendekatan penilaian bisa dilaksanakan dengan cara melakukan suatu proses pengukuran secara objektif ataupun subjektif.

  • Pendekatan Interdisiplin

Pendekatan interdisiplin agak berbeda dengan pendekatan apresiasi yang lain. Sebab menurut pendekatan ini, suatu karya seni juga harus dipandang dari berbagai segi ilmu pengetahuan. Contohnya saja dari segi ekonomi, filsafat, linguistik, ilmu antropologi psikologi, dan lain-lain.


Demikianlah bahasan kita mengenai apresiasi. Terima kasih bagi yang menyempatkan waktu untuk membaca dan mampir di artikel √ Apresiasi : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Contohnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu 🙂

Baca Juga Artikel Lainnya