√ 61 Pengertian Seni Menurut Para Ahli Lengkap

Diposting pada

√ 61 Pengertian Seni Menurut Para Ahli Lengkap – Didunia ini jika tidak ada seni terasa membosankan, karna seni memberikan warna dalam hidup kita, di dunia seni banyak berbagai ragam kesenian yang ada dunia. untuk lebih mengenal lebih jauh tentang seni. pahami dulu apa itu seni. untuk membantu anda dalam memahami seni. disini akan mengulas tentang pengertian seni menurut para ahli secara lengkap. oleh karena itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

 

√ 61 Pengertian Seni Menurut Para Ahli Lengkap

 

61 Pengertian Seni Menurut Para Ahli

 

Ada beberapa pandapat para ahli terkemuka mengenai penjelasan seni. Adapun pengertian seni menurut para ahli antara lain:

 

1. Ensiklopedi Indonesia

Dikemukakan bahwa seni adalah ciptaan dari segala hal, karena keindahannya orang senang untuk melihat ataupun mendengarkannya.

 

2. Padmapusphita

Padmapusphita menyatakan bahwa Seni berasal dari bahasa Belanda yakni “genie”, bahasa Latinnya yaitu “genius”, yang artinya kemampuan luar biasa yang dipunyai atau dibawa sejak lahir. Sedangkan menurut kajian ilmu di negara Eropa mengatakan “ART” atau seni bermakna artivisual yakni suatu media yang dapat melakukan suatu aktifitas tertentu.

 

3. Ki Hajar Dewantara

Menurut Ki Hajar Dewantara menyatakan bahwa seni adalah hasil dari keindahan yang bisa menggerakkan perasaan seseorang tentang keindahan bagi yang melihatnya. Oleh sebab itu, perbuatan manusia dapat mempengaruhi dalam menumbuhkan perasaan yang indah itulah seni.

 

4. Prof. Drs. Suwaji Bastomi

Menurut Prof. Drs. Suwaji Bastomi menyatakan bahwa Seni adalah segala kegiatan batin dengan pengalaman estetika yang menyatakan dalam bentuk yang agung dan mempunyai daya pembangkit rasa haru dan takjub.

 

5. Drs. Sudarmaji

Seni merupakan segala bentuk manifestasi batin & pengalaman estetis dengan menggunakan berbagai media seperti berbagai bidang, tekstur, garis, tekstur, warna volume dls. Seni juga bisa berarti ungkapan perasaan sang pencipta yang disampaikan kepada manusia supaya mereka bisa merasakan apa yang dirasakan oleh pelukis atau para pencipta seni.

 

6. Harry Sulastianto

Beliau mengemukakan seni budaya sebagai suatu keahlian dalam mengekspresikan berbagai macam ide & pemikiran estetika, termasuk dalam mewujudkan segala kemampuan & imajinasi pandangan akan suatu benda dan suasana, atau karya yang dapat menumbuhkan rasa indah sehingga mampu menciptakan peradaban yang lebih maju lagi.

 

7. Ahdian Karta Miharja

Seni merupakan segala bentuk aktifitas rohani yang merefleksikan kenyataan dalam sebuah karya, dimana bentuk & isinya memiliki daya untuk membangkitkan keindahan tertentu didalam jiwa penikmatnya.

 

8. Dra. Nuning Y. Damayanti, Dipl.Art

Menjelaskan seni pada awalnya ialah sebuah proses dari diri manusia, sehingga seni itu merupakan sinonim daripada ilmu. Seni dapat dilihat melalui intisari ekspresi dari berbagai kreatifitas manusia.

 

9. Drs. Popo Iskandar

Seni merupakan hasil ungkapan emosi seseorang yang ingin disampaikan kepada orang lain, dilakukan dengan kesengajaan dan kesadaran hidup bermasyarakat.

 

10. Chatrin Muler

Seni merupakam sesuatu yang berhubungan dengan karya cipta seseorang yang dihasilkan dari unsur rasa.

 

11. Irma Damayanti, M.Sn

Menurutnya seni dapat dilihat melalui intisari ekspresi dari berbagai kreatifitas manusia. Seni memang sangat sulit untuk diungkapkan, dijelaskan juga sulit untuk dinilai, bahwa setiap individu artis memilih sendiri parameter yang menuntunnya dalam pekerjaannya.

Baca Juga  Pengertian Majas Paradoks , Ciri , Tujuan dan Contoh Secara Lengkap

 

12. Sartono Kartodirdjo

Seni merupakan sebuah sistem yang koheren, karena bisa menjalankan komunikasi secara efektif, yaitu melalui bagiannya saja bisa menunjukkan secara universal.

 

13. Aristoteles

Mengemukakan bahwa seni merupakan tiruan terhadap alam, namun sifatnya harus ideal atau sempurna.

 

14. Alexander Baum Garton

Seni ialah segala bentuk keindahan yang memiliki tujuan positif untuk menjadikan penikmat seni merasa bahagia.

 

15. Ira Adriati, M.Sn

Seni merupakan sebuah proses & produk dalam memilih medium, suatu mindset peraturan untuk menggunakan medium itu, dan satu set nilai-nilai itu yang menentukan apakah yang pantas dikirimkan melalui ekspresi lewat medium itu, untuk menyampaikan baik itu sensai, gagasan, kepercayaan,maupun perasaan dengan cara yang efektif seefektif mungkin.

 

16. Ahmad Zaenuri

Seni adalah usaha seniman dalam mengalihkan energi psikis dan pencapaian kepuasan yang dapat diterima oleh dunia eksternal.

 

17. J.J. Hogman

Seni  adalah sesuatu yang mempunyai unsur ide, aktivitas, dan artefak.

 

18. Ira Ardianti

Seni adalah sebuah proses dan produk dalam memilih media, suatu pemikiran peraturan untuk menggunakan media itu, dan satu set nilai-nilai itu yang menentukan apakah yang pantas dituangkan melalui ekspresi lewat media itu, baik berupa gagasan, sensasi, perasaan, maupun kepercayaan dengan cara yang seefektif mungkin.

 

19. Koentjaraningrat

Seni adalah suatu kompleks dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, dan peraturan dimana kompleks aktivitas dan tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat dan biasanya berwujud benda-benda hasil manusia.

 

20. William A. Haviland

Seni adalah penggunaan imajinasi manusia secara kreatif di dalam sebuah kelompok masyarakat dengan kebudayaan tertentu.

 

21. Nandawan L. Hasanah

Seni adalah suatu ekspresi yang ditunjukkan oleh manusia yang memiliki unsur keindahan kemudian diungkapkan dalam sebuah media yang nyata dan bisa dinikmati oleh seluruh panca indera manusia.

 

22. Thomas Munro

Seni adalah alat buatan manusia yang menimbulkan efek-efek psikologis atas manusia lain yang melihatnya berupa tanggapan-tanggapan.

 

23. Emanuel Kant

Seni adalah sebuah impian karena rumus-rumus tidak dapat mengikhtiarkan kenyataan.

 

24. Immanuel Kant

Mengungkapkan bahwa seni merupakan bentuk yang penampilan dan pengungkapannya tidak pernah menyimpang dari kenyataan & seni itu ialah meniru alam.

 

25. Leo Tolstoy

Seni merupakan impian karena rumus – rumus tidak mampu mengikhtiarkan kenyataan.

 

26. Plato dan Rousseau

Seni merupakan hasil dari peniruan alam dari berbagai seginya.

 

27. Erik Ariyanto

Seni merupakan aktivitas rohani yang di refleksikan kedalam bentuk karya, yang mampu membangkitkan perasaan senang dan bahagia orang lain yang melihat maupun mendengarnya.

 

28. Everyman Encyklopedia

Menjelaskan seni sebagai suatu hal yang dapat dilakukan seseorang, dan terjadi bukan karena dorongan kebutuhan pokoknya, akan tetapi karena kenikmatan maupun kebutuhan spiritualnya.

 

29. Schopenhauer

Menurutnya seni ialah segala bentuk usaha dalam menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan dan membahagiakan.

 

30. Prof. DR. George R. Terry

Seni adalah kekuatan pribadi seseorang yang kreatif, ditambah dengan keahlian yang bersangkutan dalam menampilkan tugas pekerjaannya.

 

31. Padmapuspitha

Berdasarkan etimologis, seni adalah kemampuan luar biasa yang dimiliki atau dibawa sejak lahir. Sedangkan berdasarkan kajian ilmu, seni adalah suatu media yang dapat melakukan suatu aktivitas tertentu.

 

32. Drs. H. Inu Kencana Syafiie, M.Si.

Seni adalah kemampuan dan kemahiran seseorang untuk mewujudkan cipta, rasa, dan karsa yang dimilikinya yang bersangkutan dengan tugas dan fungsinya sebagai seniman.

 

33. Nanang Rizali

Seni adalah manifestasi dari kebudayaan sebagai hasil karya cipta manusia yang meliputi seni tari, seni musik, seni drama, seni rupa, dan lain-lain.

Baca Juga  Pengertian Teks Negoisasi , Ciri ,Kaidah , Stuktur dan Tujuan Terlengkap

 

34. Al-Farabi

Seni adalah ciptaan yang berbentuk keindahan.

 

35. Irma Damayanti

Seni adalah intisari ekspresi dari berbagai kreativitas manusia.

 

36. Al-Ghazali

Seni adalah hasil kerja yang dilahirkan jiwa dan rasa manusia sesuai dengan fitrahnya.

 

37. Yekti Herlina

Seni adalah media penyampaian pesan dari seniman kepada orang lain dengan tujuan mempengaruhi pikirannya.

 

38. Kottak

Seni adalah kualitas, hasil ekspresi, alam keindahan, atau segala hal yang melebihi keasliannya serta klasifikasi objek-subjek terhadap kriteria estetis.

 

39. Kamus besar Bahasa Indonesia

Seni mempunyai pengertian:

  • halus, kecil dan halus, tipis dan halus, lembut dan enak didengar, mungil dan elok;
  • keahlian membuat karya yang bermutu;
  • kesanggupan akal untuk menciptakan sesuatu yang bernilai tinggi (luar biasa); orang yang berkesanggupan luar biasa.

 

40. Irving Stone

Seni adalah kebutuhan pokok. Seperti roti atau anggur atau mantel hangat dimusim dingin. Mereka yang mengira kesenian adalah barang mewah, pikirannya tidak utuh. Roh manusia menjadi lapar akan kesenian seperti halnya perutnya  keroncongan minta makan.

 

41. Drs.Rizki Akhmad Zaelani

Kata “seni” adalah sebuah kata yang semua orang di pastikan mengenalnya,  walaupun dengan kadar pemahaman yang berbeda. Konon kabarnya kata seni berasal dari kata “SANI” yang kurang lebih artinya “Jiwa Yang Luhur/ Ketulusan jiwa”. Mungkin saya memaknainya dengan keberangkatan orang/ seniaman saat akan membuat karya seni, namun menurut kajian ilimu di eropa mengatakan “ART” (artivisial) yang artinya kurang lebih adalah barang/ atau karya dari sebuah kegiatan. Namun kita tidaka usah mempersoalkan makna ini, karena kenyataannya kalu kita memperdebatkan makna yang seperti ini akan semakain memperkeruh  suasana kesenian, biarlah orang memilih yang mana terserah mereka.

 

42. Alexander Baum Garton

Seni adalah keindahan dan seni adalah tujuan yang positif menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan.

 

43.Herbert

menyatakan bahwa istilah “art” pada umumnya dihubungkan dengan bagian seni  yang biasa ditandai dengan istilah “plastic” atau “visual”, tetapi semestinya di dalamnya termasuk pula seni sastra dan seni musik.

 

44. Akhdiat Kartamiharja

seni merupakan kegiatan psikis (rohani) manusia yang merefleksi kenyataan (realitas). Karena bentuk dan isi karya tersebut memiliki daya untuk membangkitkan dan menggugah pengalaman tertentu dalam alam psikis si penikmat atau apresiator.

 

45. Sudjojono

seorang pelukis zaman revolusi kemerdekaan Indonesia, yang dianggap sebagai pendobrak tradisi seni lukis pemandangan alam, juga menyatakan bahwa senia adalah produk ekspresi jiwa, seni tanpa jiwa ibarat masakan tanpa garam. Isi karya seni yang hidup tercermin dari kandungan psikis/jiwanya.

 

46. Sukaryono

Seni adalah ungkapan isi hati dan perasaan yang disebut sebagai bahasa seniman yang dikomunikasikan.

 

47. Seni menurut Thomas Alexander

Seni adalah alat buatan manusia untuk menimbulkan efek-efek psikologis atas manusia lain yang melihatnya.

 

48. Soedarso SP

Seni adalah karya manusia yang mengkomunikasikan pengalaman-pengalaman  batinnya; pengalaman batin tersebut disajikan secara indah sehingga merangsang timbulnya pengalaman batin pula pada manusia lain yang menghayatinya.

 

49. G.W.F Hegel (1770-1831)

Filsuf Idealisme Jerman, berpendapat karya seni adalah medium material sekaligus faktual. Keindahan karya seni bertujuan menyatakan kebenaran. Baginya kebenaran adalah “keseluruhan”. Sehubungan dengan gagasan kebenaran yang dikemukakannya, karya seni adalah presentasi indrawi dari ide mutlak (Geist) tingkat pertama. Dalam pemikiran Hegel, ide atau roh subyektif dan roh obyektif senantiasa berada didalam ketegangan. Ide-ide mutlak mendamaikan ketegangan ini. Maka sebagai ide mutlak tingkat pertama pada seni roh subyektif dan roh obyektif didamaikan. Subyek dan obyek kemudian berada didalam keselarasan sempurna.

Baca Juga  √ Hewan Pisces : Pengertian, Klasifikasi dan Strukturnya Lengkap

 

50. Herbert Read (1962)

Mengatakan bahwa lahirnya sebuah karya seni melalui beberapa tahapan sebagai  suatu proses.

  • Tahap pertama, pengamatan kualitas-kualitas bahan seperti tekstur, warna dan banyak lagi kualitas fisik lainnya yang sulit untuk didifinisikan.
  • Tahap kedua, adanya penyusunan hasil dari pengamatan kualitas tadi dan menatanya menjadi suatu susunan.
  • Tahap ketiga, proses suatu objektifikasi dari tahapan-tahapan di atas yang  berhubungan dengan keadaan sebelumnya. Keindahan yang berakhir pada tahapan pertama belum dapat disebut seni, karena seni jauh telah melangkah ke arah emosi atau perasaan. Seni telah mengarah pada ungkapan sebagai “pengekspresian” dengan tujuan untuk komunikasi perasaan.

 

51. Walter Benyamin (1892-1940)

Bahwa seni merupakan sarana politik hubungan-hubungan produktif untuk mencapai kerukunan dunia. Gagasannya tentang seni dan berkesenian terkait erat dengan apa yang disebutnya politik gambar-gambar bersifat kiasan (allegorical).

 

52. F. Carrit

Sebagaimana yang dijelaskan Melvin Rader (1973 : 2), mengutip lebih dari 40 uraian ahli estetika, baik yang kuno maupun modern untuk mengilustrasikan pengenalan tentang seni, sebagai suatu proses kreatif dan ekspresi suasana hati, perasaan, atau spirit. Terdapat dua bagian konsensus dalam hal ini : Pertama, bahwa seni adalah ekspresi. Kedua, bahwa seni adalah spirit, perasaan,atau suasana hati yang diekspresikan.

 

53. Jean Francois Lyotard (1924-1988)

Tokoh post-modern akhir abad ke-20, menghakekati seni sebagai intensitas energik. Menurut pendapatnya, seni sebagaimana dengan filsafat tidak terkait dengan permasalahan makna, identitas, dan kebenaran. Energi seni adalah dorongan yang tidak dikendalikan oleh nalar maupun kesadaran. Selain mengandung kapasitas yang tak ternalarkan dan terwujudkan, seni juga memiliki daya ledak yang tinggi yang mampu membuat peristiwa. Oleh karena itu, seni sebaiknya tidak menyesuaikan diri dengan keadaan. Namun sebaliknya, mengikutidaya energiknya untuk mencapai keluhuran (sublimitas).

 

54.Morrist Weist (1971)

Dalam esainya “The Role of Theory in Esthetics”, dalam Rader, (1975 : 1)  menyimpulkan bahwa seni sangat kompleks dan beraneka untuk direduksikan kepada suatu defenisi. Sependapat dengan Weist, Wittgenstein (1973), menekankan bahwa seni seperti juga dengan agama, tidak dapat direduksikan kedalam batasan yang sederhana

 

55. James Murko

Seni adalah Penjelasan rasa indah yang terkandung dalam jiwa setiap manusia, dilahirkan dengan perantaraan alat komunikasi ke dalam bentuk yang dapat ditangkap oleh indra pendengar ( seni suara), penglihatan( seni lukis ), atau dilahirkan dengan perantara gerak ( seni tari, drama).

 

56. Alexander Malage

Seni adalah Pengekspresian cita rasa yang diluapkan dalam satu karya yang dapat dikatakan unik.

 

57. Michael Mosley

Seni adalah Kegiatanatau hasil pernyataan perasaan keindahan manusia.

 

58. George Henley

Seni adalah Suatu karya yang mempunyai daya tarik tersendiiri.

 

59. Anna Poplewill

Seni adalah Keindahan yang bersifat unik dan dilampiaskan dengan suatu karya.


60. Peter Winslet
Seni adalah Ketrampilan mengolah sesuatu menjadi karya yang menawan.

 

61. Abraham Munched
Seni adalah Ungkapan jiwa dan perasaan seseorang yang dituangkan ke dalam kreasi dalam bentuk gerak, rupa, nada dan syair.

 

 

demikianlah ulasan tentang √ 61 Pengertian Seni Menurut Para Ahli Lengkap Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca materi.co.id. sekian dan terimakasih.