√ Jantung : Pengertian, Fungsi dan Strukturnya Lengkap

Diposting pada

√ Jantung : Pengertian, Fungsi dan Strukturnya Lengkap

 

 

 

Materi.Co.ID – Hay hay bertemu lagi dengan artikel materi.co.id. Kali ini kita akan membahas tentang jantung. Simak ulasan lengkap nya dibawah ini

 

√ Jantung : Pengertian, Fungsi dan Strukturnya Lengkap
√ Jantung : Pengertian, Fungsi dan Strukturnya Lengkap

 

 

Pengertian Jantung

 

Jantung atau dalam bahasa latin cor merupakan sebuah rongga, rongga organ berotot yang memompa darah melalui pembuluh darah dengan kontraksi mempunyai irama yang berulang. Darah menyediakan okisgen dan nutrisi pada tubuh, serta membantu menghilangkan sisa-sisa dari metabolisme. Istilah kardiak berarti berkaitan dengan jantung, dari kata Yunani cardia untuk jantung. Jantung termasuk dalam salah satu organ manusia yang memiliki fungsi dalam sistem peredaran darah, berada di rongga dada agak sebelah kiri.

 

 


Fungsi Jantung

 

  • Memompa darah melewati pembuluh darah.
  • Memompa darah ke paru-paru untuk menarik oksigen.
  • Menerima darah dari seluruh tubuh.
  • Menerima darah yang beroksigen dari paru-paru.
  • Mencegah tercampurnya darah yang memiliki sedikit oksigen dengan darah yang memiliki banyak oksigen.
  • Membantu membuang kotoran sisa-sisa dari metabolisme.
  • Membantu untuk mengukur jumlah darah yang akan dipompa dengan menghitung jumlah denyut jantung per menit.

 

 


Struktur Jantung

 

1.Perikardium

Jantung terletak dalam rongga berisi cairan yang disebut juga dengan rongga perikardial. Dinding dan lapisan rongga perikardial ini yang umumnya dinamai dengan perikardium.

Baca Juga  √ Batang : Pengertian, Struktur, Sifat dan Fungsinya Lengkap

Perikardium ialah sejenis membran serosa yang menciptakan cairan serous untuk melumasi jantung selama berdenyut dan akan mencegah adanya gesekan yang menyakitkan antara jantung dan organ disekitar jantung.

Perikardium mempunyai fungsi untuk menyangga dan menahan jantung untuk tetap berada diposisinya. Dinding jantung terdiri dari 3 lapisan yaitu lapisan epikardium (lapisan terluar), lapisan miokardium (lapisan tengah), dan lapisan endokardium (lapisan dalam).

 

2.Katup

Jantung memiliki 4 katup yang melindungi aliran darah mengalir ke satu arah, yaitu:

  • Katup trikuspid memiliki peran sebagai pengatur aliran darah antara serambi kanan dan bilik kanan.
  • Katup pulmonal memiliki fungsi untuk bisa mengatur aliran darah dari bilik kanan ke arteri pulmonalis yang kemudian membawa darah ke paru-paru untuk mengambil oksigen.
  • Katup mitral memiliki fungsi untuk bisa menyalurkan darah yang kaya oksigen dari paru-paru yang mengalir dari serambi kiri ke bilik kiri.
  • Katup aorta memiliki fungsi sebagai alat untuk membuka jalan bagi darah yang kaya akan oksigen untuk dilalui dari bilik kiri ke aorta (arteri terbesar di tubuh).

 

3.Serambi Kanan

Pada serambi kanan ada darah yang sangat ssedikit kandungan oksigen dalamnya. Darah ini disebut sebagai darah kotor. Dari serambi kanan, darah kotor akan dipompa menuju bilik kanan.

 

4.Bilik Kanan

Bilik kanan mempunyai fungsi untuk memompa darah kotor dari serambi kanan mengarah paru-paru supaya karbondioksida yang terkandung dalam darah diganti dengan oksigen untuk proses pernapasan seseorang. Apabila bagian ini mengalami masalah, seseorang dapat mengalami gagal jantung bagian kanan.

 

5.Serambi Kiri

Sesudah darah kembali terisi dengan oksigen dari paru-paru, jantung kembali menampung darah yang bersih dan diterima melalui serambi kiri jantung. Darah bersih masuk jantung melewati pembuluh balik atau vena pulmonalis.

Baca Juga  √ Arteri : Pengertian, Ciri, Fungsi, Struktur dan Jenisnya Lengkap

 

6.Bilik Kiri

Bilik kiri menjadi struktur jantung yang paling tebal dan mempunyai fungsi memompa darah yang baru diterima dari paru-paru dan berisi oksigen untuk disalurkan menuju seluruh tubuh. Ada beberapa keadaan yang menyebabkan bilik kiri terganggu, seperti tekanan darah tinggi. Keadaan ini dapat mengakibatkan bilik kiri membesar dan mengeras.

 

 


Cara Menjaga Kesehatan Jantung

 

  • Mengkonsumsi makanan sehat

Berikan asupan makanan yang kaya akan nutrisi dan hindarilah kalori berlebih. Perbanyak mengkonsumi makan sayur dan buah dengan rutin untuk memberi dampak yang positif bagi kesehatan jantung.

 

  • Rutin melakukan olahraga

Dalam sepekan, orang dewasa membutuhkan setidaknya 30 menit untuk berolahraga setiap harinya. Tubuh diharuskan untuk aktif mengerjakan kegiatan yang bisa menjaga jantung untuk tetap sehat dan kuat.

 

  • Stop merokok

Banyak sekali akibat buruk yang ditimbulkan akibat merokok, seperti kanker mulut, paru-paru, hingga penyakit jantung. Jika masih merokok tetapi pernah terkena serangan jantung sebelumnya, akan memiliki risiko kematian lebih besar dibandingkan sebelumnya.

 

  • Kurangi berat badan berlebih

Orang yang memiliki tubuh gemuk lebih dominan terjangkit penyakit jantung koroner dibandingkan dengan orang yang memiliki berat badan normal.

 

  • Kelola stres

Jangan menyepelekan stres yang mungkin kecil efeknya pada tubuh. Padahal stres dapat menjadi ancaman bagi kesehatan jantung. Saat stres, detak jantung akan lebih meningkat, otot menegang, dan tekanan darah menjadi naik.

 

 


Jenis Penyakit Jantung

 

  • Penyakit jantung koroner, merupakan suatu penyakit jantung yang terjadi akibat penyempitan pembuluh darah di jantung.
  • Penyakit jantung bawaan, merupakan suatu masalah jantung yang ditemukan sejak bayi, yang paling umum ditemukan adalah kebocoran katup jantung.
  • Infeksi jantung (endokarditis), merupakan suatu infeksi pada lapisan dalam jantung.
  • Gagal jantung, merupakan suatu kegagalan otot jantung untuk memompakan darah secara memadai ke seluruh tubuh.
  • Aritmia, merupakan suatu gangguan irama jantung yang menyebabkan denyut jantung tidak normal.
Baca Juga  √ Biografi : Pengertian , Ciri , Jenis , Struktur dan Contohnya Lengkap

 

 

 

 


Demikianlah bahasan kita mengenai jantung. Terima kasih bagi yang menyempatkan waktu untuk membaca dan mampir di artikel √ Jantung : Pengertian, Fungsi dan Strukturnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu 🙂

Baca Juga Artikel Lainnya