Seni Rupa Murni

Diposting pada

Materi.Co.ID – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini Materi.Co.ID akan membahas mengenai artikel yang berjudul Seni Rupa Murni. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Seni Rupa Murni


Pengertian Seni Rupa Murni

Seni rupa murni adalah salah satu hasil dan bentuk dari seni rupa yang di dalam teknik pembuatannya telah menghasilkan suatu karya yang memiliki fungsi untuk dinikmati oleh manusia dari sisi keindahan ataupun estetikanya.

 


Fungsi Seni Rupa Murni

  • Untuk penambah nilai dalam ritual keagamaan.
  • Untuk dijadikan sarana mengenang suatu kejadian
  • Untuk menyalurkan kreatifitas seniman, dimana seluruh manusia jelas memiliki kreatifitas yang tidak terbatas.
  • Untuk memperindah sebuah media yang mana awalnya terlihat biasa saja menjadi luar biasa.
  • Untuk menyampaikan pesan penting yang akan disampaikan oleh seniman kepada penikmat lukisan atau guratan yang dibuatnya.

 


Unsur – Unsur Seni Rupa Murni

  1. Warna untuk memberikan kesan tertentu.
  2. Ruang adalah beberapa dinding yang berjarak.
  3. Garis terbentuk melalui goresan atau tarikan dari titik yang satu ke titik yang lain.
  4. Bidang adalah garis yang dipertemukan ujung pangkalnya.
  5. Gelap Terang untuk sisi pencahayaan suatu karya seni.
  6. Bentuk terjadi melalui penggabungan unsur bidang.
  7. Tekstur adalah suatu bentuk permukaan suatu benda yang halus maupun kasar.

 


Contoh Seni Rupa Murni

1. Seni Fotografi
Seni fotografi adalah salah satu bentuk karya seni yang menggunalan suatu alat bantu khusus berupa sebuah kamera. Tujuannya yaitu sebagai upaya mengabadikan momen yang berharga.

Baca Juga  Seni Rupa Terapan

2. Seni Kaligrafi
Seni kaligrafi ini menjadi salah satu akulturasi penulisan yang bagus menggunakan ayat – ayat suci Al-Qur’an yang menjadi pedoman serta kitab suci umat Islam.
Terdapat banyak macam dari seni kaligrafi ini. Biasanya digunakan untuk kepentingan menghias masjid atau bisa juga tempat ibadah dan rumah – rumah, sekolah dan lain sebagainya.


3. Seni Mozaik
Seni mozaik adalah salah satu jenis seni yang menggunakan berbagai media mulai dari potongan kertas, keramik, ataupun kaca yang disusun menjadi sebuah bentuk yang indah serta memberikan nilai karya seni yang tinggi.


4. Seni Koreografi
Seni koreografi adalah sebuah seni yang di dalamnya bertujuan untuk menciptakan atau dapat juga mengubah jenis tarian menjadi sebuah gerakan utuh yang sangat menarik serta menyenangkan banyak orang.


5. Seni Relief
Seni relief adalah suatu gurutan – gurutan yang berbentuk gambar ataupun simbol tertentu. Jenis seni rupa murni ini mudah kita temukan pada candi. Contohnya yaitu candi Borobudur. Relief pada candi borobudur ini dapat mudah kita jumpai.

 


Perbedaan Seni Rupa Murni dan Seni Rupa Terapan

  1. Seni rupa murni tidak dapat diproduksi secara bersama-sama karena mempunyai keunikan sendiri, Sedangkan seni rupa terapan dapat diproduksi secara bersama-sama.
  2. Bentuk seni rupa murnis sesuai dengan ekspresi pembuat, Sedangkan bentuk seni rupa terapan akan menyesuaikan dengan fungsi dan selera masyarakat.
  3. Seni rupa murni mempunyai kesulitan tersendiri dari mulai proses pembuatan sampai akhir pembuatan, Sedangan seni rupa terapan lebih bersifat simpel sesuai dengan fungsinya.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai √ Seni Rupa Murni : Pengertian, Fungsi, Unsur, Contoh & Perbedaannya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.

Baca Juga  Seni Tradisional

Baca Juga Artikel :