Seni Rupa

Diposting pada

Materi.Co.ID – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini Materi.Co.ID akan membahas mengenai artikel yang berjudul Seni Rupa. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Seni Rupa


Pengertian Seni Rupa

Seni rupa adalah suatu cabang seni yang dapat menghasilkan suatu karya seni yang sangat indah yang mana bentuk dan kualitasnya dapat dirasakan secara langsung oleh manusia melalui indera penglihatan dan indera peraba karena dapat dilihat dan diraba secara langsung.

 


Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli

1. Menurut Haukin
Seni rupa yakni suatu bentuk ekspresi jiwa dari seseorang yang dapat diimajinasikan pada sebuah bentuk yang indah, sehingga mudah diungkapkan serta dinikmati oleh banyak orang dalam pertunjukan atau pameran-pameran seni yang banyak dikunjungi seniman.


2. Menurut Sussane K Langer
seni rupa yakni suatu bentuk hasil karya manusia yang mempunyai suatu keindahan dan bisa dinikmati oleh orang lain sehingga mampu memberikan gambaran jika seni rupa sebagain proses penciptaan keindahan yang tujuannya untuk dapat dinikmati oleh semua orang.


3. Menurut Coorig Hartong
Seni rupa yakni suatu kumpulan seni yang menjadi sebuah bentuk seni untuk menyampaikan pengekspresian diri serta emosi yang ditujukan agar semua orang dapat melihat dan merasakannya.


4. Menurut Kottak
Seni rupa yakni suatu seni yang mempunyai kualitas, hasil ekspresi serta keindahan alam dan berbagai macam hal yang melebihi dari keasliannya dengan klasifikasi objek/subjek terhadap kriteris estetis.


5. Menurut Ahdian Karta Miharja
Seni rupa yakni suatu kegiatan rohani yang mereflesikan sebuah realitas lalu di tuangkan ke dalam suatu karya dengan bentuk serta isi yang memiliki agar membangkitkan pengalaman tertentu dalam rohani si penerima.

 


Jenis – Jenis Seni Rupa

1. Seni Rupa Berdasarkan Wujudnya

  • Seni Rupa Terapan

Seni rupa terapan merupakan suatu jenis seni rupa yang memiliki fungsi dan kegunaan tertentu dalam kehidupan sehari-hari yang artinya seni rupa terapan dapat mengandung nilai fungsi tertentu, selain dari pada nilai seni dan estetika yang dimilikinya. Contoh karya seni rupa terapan misalnya adalah seni kriya, rumah adat, pahat, keramik, tekstil, dan sebagainya.

Baca Juga  Seni Musik

  • Seni Rupa Murni

Seni rupa murni merupakan suatu jenis seni rupa yang dapat menghasilkan karya hanya sekedar untuk dapat dinikmati keindahannya saja dan juga tidak terlalu memperdulikan nilai-nilai praktis tetapi lebih kepada nilai estetisnya. Contoh dalam karya seni rupa murni misalnya adalah patung, lukisan, kaligrafi, seni fotografi, relief bangunan, dan sebagainya.


2. Seni Rupa Berdasarkan Fungsinya

  • Seni Rupa 3 Dimensi

Seni rupa 3 dimensi (3D) merupakan jenis seni rupa yang karyanya mempunyai dimensi panjang, lebar, dan tinggi. Artinya dalam karya seni rupa 3 dimensi memiliki sebuah volume dan ketebalan yang dapat menempati ruang dalam berseni. Contoh karya seni rupa 3 dimensi yaitu arsitektur, patung, pahat, relief, seni kriya, keramik, dan sebagainya.


  • Seni Rupa 2 Dimensi

Seni rupa 2 dimensi (2D) merupakan jenis seni rupa yang karyanya hanya dapat mempunyai dua sisi saja yaitu panjang dan lebar. Artinya dalam karya seni rupa 2 dimensi tidak mempunyai suatu ruang karena tidak memiliki ukuran ketebalan. Misalnya karya seni rupa 2 dimensi yaitu lukisan, kaligrafi, fotografi, dan seni grafis lainnya.


3. Seni Rupa Berdasarkan Waktunya

  • Seni Rupa Modern

Seni rupa modern merupakan suatu jenis seni rupa yang karyanya sudah dapat mengalami perubahan, baik itu dari cara pembuatan maupun bahan-bahannya. Dengan memiliki ciri khasnya yaitu berupa pada seni rupa modern karyanya tidak dibatasi oleh kebudayaan suatu daerah atau adat.


  • Seni Rupa Kontemporer

Seni rupa kontemporer merupakan suatu jenis seni rupa yang karyanya bersifat kekinian sebagai pengaruh dari adanya modernisasi.


  • Seni Rupa Tradisional

Seni rupa tradisonal merupakan suatu jenis seni rupa yang karyanya masih mengandung nilai-nilai tradisional. Biasanya sangat identik dengan adat istiadat suatu daerah.

Baca Juga  Seni Rupa Terapan

Unsur – Unsur Seni Rupa

  • Unsur Garis

Garis adalah unsur yang dapat menggabungkan semua titik-titik menjadi suatu bentuk tertentu. Garis tentunya akan dapat membentuk ciri khas untuk menghasilkan karya seni.


  • Unsur Titik

Titik adalah unsur terkecil suatu karya. Titik digunakan untuk menciptakan unsur lain dengan cara menderetkannya menjadi suatu garis. Tetapi titik juga bisa saja dibuat tanpa harus membuat garis. Misalnya hanya menggunakan titik untuk dapat mengatur kerapatan suatu gambar seni.


  • Unsur Warna

Warna adalah unsur seni rupa ini sangat penting dalam membuat karya seni rupa karena warna tentunya seni akan menjadi sebuah karya seni yang indah untuk para yang memandangnya.


  • Unsur Gelap Terang

Gelap terang adalah unsur yang satu ini dapat menjadikan hasil karya yang diciptakan akan terlihat makin nyata karena dalam setiap pengerjaan dalam seninya lebih memperhatikan integritas cahayanya.


  • Unsur Bentuk

Bentuk adalah unsur seni rupa yang dapat memberikan kesan pada sebuah karya seni sehingga sebuah karya seni dapat menjadi lebih hidup dan tentunya membuatnya semakin digemari orang.


  • Unsur Bidang

Bidang adalah hasil dari melakukannya pengembangan dan penggabungan dari banyak garis sehingga dapat menghasilkan beberapa sisi dalam suatu karya seni.


  • Unsur Tekstur

Tekstur adalah suatu bentuk keadaan yang dapat kita lihat dari suatu karya, dapat dirasakan secara langsung karena memiliki wujud nyata dan juga bisa semu.


  • Unsur Ruang

Ruang adalah unsur yang memiliki dua sifat yaitu semu dan juga nyata.Keduanya ini jelas berbeda dari dimensi yang di hasikan apakah itu dua dimensi ataupun tiga dimensi.

 


Fungsi Seni Rupa

1. Fungsi Sosial
Seni rupa dalam fungsi sosial adalah seni rupa yang dapat dinikmati dan bermanfaat bagi kepentingan orang banyak dalam waktu relatif bersamaan. Misalnyanya adalah karya seni dalam bidang rekreasi, seperti pameran yang biasanya diadakan untuk memperlihatkan hasil seni para seniman.

Baca Juga  Pengertian Silogisme

2. Fungsi Individu
Seni rupa dalam fungsi individu adalah dapat berfungsi sebagai pemuas kebutuhan individu, khususnya bagi seorang seniman. Memiliki kepuasan batin tersendiri setalah menghasilkan karya seni untuk dapat mengekspresikan dirinya sebagai penghasil karya seni yang indah.

 


Contoh Seni Rupa

1. Seni Lukis
Seni lukis merupakan suatu seni yang cara pembuatan lukisan nya dapat menggunakan cat dan kuas atau dengan alat-alat lain yang telah di tuangkan kedalam kanvas, papan, kertas, dan lainnya sebagai media untuk menghasilkan suatu karya seni.


2. Seni Kaligrafi
Seni kaligrafi merupakan suatu karya seni yang sangat artistik yang dibuat dalam bahasa arab dan dihias dengan memakai berbagai macam media yang sudah biasanya digunakan para seniman.


3. Seni Fotografi
Seni fotografi merupakan seni dengan cara prosesnya menggunakan media cahaya untuk menciptakan, menghasilkan foto dari suatu objek dengan merekam pantulan cahaya pada media peka cahaya, alat paling populer yaitu kamera.


4. Seni Grafis
Seni grafis merupakan suatu bagian dari salah satu seni rupa murni yang sekaligus juga merupakan seni rupa terapan. seni bgrafis dapat dikatakan sebagai sarana ilustrasi maka dari itu seni grafis ini dapat dikatakan juga sebagai seni rupa terapan.


5. Seni Relief
Seni relief merupakan suatu lukisan atau gambar yang telah dinyatakan dalam bentuk 3D ( Tiga Dimensi) yang berada pada atas bidang 2D (Dua Dimensi) suatu seni rupa.


Demikianlah pembahasan artikel mengenai √ Seni Rupa : Pengertian, Jenis, Unsur, Fungsi & Contohnya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :