Seni Sastra

Diposting pada

Materi.Co.ID – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini Materi.Co.ID akan membahas mengenai artikel yang berjudul Seni Sastra. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Seni Sastra


Pengertian Seni Sastra

Seni sastra adalah salah sesuatu yang berbentuk tulisan maupun cerita yang memiliki nilai seni dan budaya dengan tutur bahasa yang baik untuk menyampaikan makna tertentu.

 


Pengertian Seni Sastra Menurut Para Ahli

1. Menurut Panuti Sudjiman
Seni sastra yakni suatu karya berupa tulisan yang mempunyai berbagai macam ciri khas  keestetikan dan keindahan dalam isi dan cara mengungkapkannya.


2. Menurut Ahmad Badrun (1983 : 16)
Seni sastra yakni suatu kegiatan seni untuk mengekspresikan perasaan hatinya melalui bahasa dan tulisan sebagai alat, dan bersifat imajinatif.


3. Menurut M. Esten
Seni sastra yakni suatu karya imajinatif yang diungkapkan lewat bahasa yang khas dan mempunyai nilai positif terhadap kehidupan manusia.


4. Menurut Ahmad Badrun
Seni sastra yakni suatu kegiatan seni yang menggunakan suatu bahasa dan garis simbol-simbol lain sebagai alat, dan biasanya bersifat “imajinatif”


5. Menurut KBBI
Seni sastra yakni suatu yang mempunyai bentuk berupa tulisan maupun cerita dalam menampilkan keindahan tutur bahasa untuk menyampaikan pesan tertulis.

 


Jenis – Jenis Seni Sastra

1. Puisi
Puisi adalah sebuah karya sastra yang dapat diuraikan menggunakan diksi atau kata-kata pilihan. Puisi secara tidak langsung mampu menimbulkan kesadaran seseorang melalui bahasa tulisan yang memiliki irama dan pesan tertulis yang mempunyai makna.

Baca Juga  Seni Musik

2. Prosa
Prosa adalah karya sastra yang berbentuk uraian yang dikemas dengan beahasa yang bebas yang tidak terikat oleh irama, diksi, rima dan kemerduan bunyi atau kaidah serta pedoman kesusastraan lainnya yang dapat mendeskripsikan atau menyampaikan suatu ide dan fakta.


3. Sastra Modern
Sastra modern adalah suatu jenis sastra yang dapat berkembang pada masyarakat modern sehingga masyarakat mampu mengeskpresikan ide atau perasaan mereka. Contoh sastra modern yaitu puisi, prosa, cerpen, novel, roman dan juga drama.


4. Sastra Lama
Sastra lama adalah suatu jenis sastra yang dibuat oleh sastrawan yang berkembang pada zaman kerajaan atau saat belum adanya pergerakan nasional. Contoh sastra lama yaitu pantun, dongeng, dan hikayat.

 


Ciri – Ciri Seni Sastra

1. Seni Sastra berupa curahan perasaan
Seni sastra dapat dikatakan juga sebagai tempat curahan perasaan hati seseorang dalam berbentuk kitab, buku, tulisan ataupun karangan.

2. Seni Sastra yang tertuang dalam gagasan/nilai
Seni sastra yang berpedoman pada gagasan, perintah, pendidikan maupun ajaran yang terdapat dalam penyampaian suatu ide.

3. Seni Sastra berupa Bahasa
Seni sastra berupa bahasa adalah sastra yang memiliki tujuan untuk memberikan ungkapan, kata-kata, cerita, ataupun gaya Bahasa.

 


Fungsi Seni Sastra

1. Melestarikan Budaya
Sastra juga bertujuan untuk melestarikan budaya yaitu budaya yang asalnya dari lisan dapat diabadikan dengan tulisan.


2. Menyampaikan Pesan Moral
Sastra mengandung pesan moral pada setiap ceritanya agar para penikmat karya sastra mempunyai pandangan atau bertindak sesuai dengan tingkah laku seseorang yang membuat cerita.


3. Sarana Pendidikan
Sastra juga dapat berfungsi sebagai sarana pendidikan seperti mempelajari nilai, norma, serta ajaran budi pekerti yang luhur sehingga mampu mudah diterima oleh masyarakat.

Baca Juga  Seni Rupa Terapan

4. Membangkitkan Rasa Nasionalisme
Sastra juga dapat meningkatkan rasa nasionalisme untuk para penikmatnya agar memperkuat rasa nasionalsime dengan ditanamkan nilai dan semangat kebangsaan dan juga nasionalisme terhadap karya sastra.

 


Unsur – Unsur Seni Sastra

1. Unsur Ekstrinsik

Unsur ekstrinsik merupakan unsur yang membentuk karya sastra dari luar. Pada dasarnya unsur ini berupa keyakinan dan cara pandang penulis, latar belakang kehidupan penulis, adat istiadat, situasi politik, sejarah dan ekonomi yang terdapat dalam karya sastra tersebut.

2. Unsur Instrinsik

Unsur instrinsik merupakan unsur yang mempengaruhi seni sastra yang terdapat didalam seni sastra itu sendiri, yang termasuk dalam unsur instrinsik yaitu:

  • Karakter/ perwatakan yaitu tokoh dalam cerita.
  • Setting/ latar yaitu keterangan tempat, waktu, dan suasana.
  • Tema yaitu pokok persoalan yang terdapat dalam cerita.
  • Simbol yaitu penggunaan karya sastra untuk dapat mewakili suatu hal yang dapat dikatakan abstrak.
  • Sudut pandang yaitu penerapan karakter penulis dalam cerita.
  • Konflik yaitu permasalahan yang dialami oleh karaktek dalam cerita.
  • Amanat yaitu pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang kepada pembaca agar pembaca paham moral apa yang disampaikan.

 


Manfaat Seni Sastra

  1. Memperkaya rohani penikmatnya.
  2. Karya sastra suatu negara juga dapat terkenal di negara lain. Karya sastra juga akan tetap hidup meski telah ditulis berabad-abad yang lalu.
  3. Menunjukkan kenyataan hidup melalui kisah yang buat.
  4. Memiliki bahasa yang menarik biasanya karya sastra akan menggunakan kalimat yang santun serta sopan yang membuatnya akan melekat pada penikmat sastra tersebut.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai √ Seni Sastra : Pengertian, Jenis, Unsur, Ciri, Fungsi & Manfaatnya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.

Baca Juga  Seni Lukis

Baca Juga Artikel :