Seni Teater

Diposting pada

Materi.Co.ID – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini Materi.Co.ID akan membahas mengenai artikel yang berjudul Seni Teater. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Seni Teater


Pengertian Seni Teater

Seni teater adalah suatu seni yang hanya dapat dinikmati hanya ketika pertunjukan sedang berlangsung. Keindahan yang akan dinikmati dari teater ini halnya mencakup keindahan seni yang dihasilkan dari media visual dan audio.

 


Pengertian Seni Teater Menurut Para Ahli

1.Menurut Seni Handayani & Wildan
Teater yakni suatu genre sastra yang dapat menampilkan fisiknya sehingga dapat memperlihatkan secara verbal dengan adanya percakapan atau dialog diantara para tokoh yang sedang dimainkan bersama para pemain untuk dipertunjukan kepada para penonton.


2. Menurut Tim Matrix Media Literata
Teater yakni suatu bentuk kisahan yang menggambarkan kehidupan dan watakseseorang melalui tingkah laku (akting) yang dipentaskan.


3. Menurut Budianta, dkk
Teater yakni suatu bentuk genre sastra dimana penampilan fisiknya memperlihatkan secara verbal adanya percakapan atau dialog diantara para tokoh yang ad


4. Menurut RMA. Harymawan
Teater yakni suatu aktivitas melakukan kegiatan dalam seni pertunjukkan, jadi tindak – tunduk pemain diatas pentas atau yang sering disebut dengan acting.


5. Menurut Anne Civardi
Teater yakni suatu bentuk seni drama yang menceritakan sebuah kisah melalui kata – kata dan juga gerakkan.

 


Fungsi Seni Teater

1. Sarana Hiburan
Sebuah seni teater harus dapat mempersiapkan segala sesuatunya dengan usaha – usaha yang maksimal, supaya hasil yang didapatkan akan memberikan kepuasan untuk para penontonnya.

Baca Juga  Pengertian Seni

2. Sarana Pendidikan
Manusia bisa lebih mudah buat mengerti biasanya dengan dilakukan secara visual dengan mengajarkan nilai yang baik dan buruk dari kehidupan, dibandingkan cuma membacanya lewat sebuah buku cerita atau novel.


3. Sarana Upacara
Teater dapat dikatakan sebagai sarana upacara persembahan kepada dewa. Teater dalam sarana upacara ini biasanya tidak membutuhkan penonton karena biasanya penonton yang melihat tergabung dalam upacara tersebut.


4. Media Berekspresi
Sebuah teater digunakan media untuk berekspresi karena dalam seni teater menampilkan ekpresi, gerak, serta dialog.

 


Jenis Seni Teater

  • Teater Modern

Teater modern adalah suatu bentuk jenis teater yang tumbuh dan berkembang di tengah keramaian kota dengan adanya pengaruh dari teori Barat. Cerita yang dipentaskan bersumber dari sebuah karya sastra yang bersejarah atau peristiwa sehari-hari. Contoh teater modern yaitu Drama Musikal, Opera, Kabaret, Sinetron dan Film.


  • Teater Tradisional

Teater tradisional adalah suatu bentuk pertunjukan dimana para pesertanya berasal dari daerah setempat dengan cerita yang bersumber dari kisah-kisah zaman dulu.

Kesenian dalam teater ini lebih mengarahkan kepada kesenian kedaerahan dan menggambarkan kebudayaan lingkungannya. Contoh teater tradisonal yaitu ludruk, ketoprak, Mamanda, dulmuluk, dan lenong.

 


Unsur Seni Teater

  • Pemain

Pemain adalah salah satu unsur yang paling penting dalam sebuah pertunjukan teater. Pemain juga memiliki peranan dalam menghasilkan unsur suara dan gerak.

  • Pentas

Pentas adalah salah satu unsur yang mampu dapat menghadirkan nilai estetika dari sebuah pertunjukan karena dapat menjadi unsur penunjang dalam dilakukannya pertunjukkan agar menciptakan panggung yang nyaman untuk para tokoh.

  • Penataan

Penataan adalah semua hal yang saling berhubungan dengan penataan panggung, tata rias, busana, tata suara, pencahayaan, dan lainnya untuk menghasilkan atau menciptakan suatu pementasan dengan kualitas yang baik.

  • Properti
Baca Juga  Seni Lukis

Properti adalah sebuah unsur teater yang dapat memberikan nilai tersendiri dalam pementasan drama, karena dalam menggunakan properti haruslah sesuai dengan pertunjukan yang ditampilkan agar hasil dalam melakukan pementasan teater akan menghasilkan sesuatu yang terkesan indah untuk para penontonnya.

  • Sutradara

Sutradara memiliki sutu tugas untuk dapat mengatur jalan cerita pada pertunjukan teater. Bahkan seorang sutradara juga dapat menjadi bagian dari koordinator dalam pementasan.

  • Skenario

Skenario adalah unsur seni teater internal yang mana dapat membuat pertunjukan teater menjadi lebih menarik dan memiliki arah untuk ceritanya sendiri. Tetapi ada juga pertunjukan teater yang tidak menggunakan naskah atau skenario dan hanya mengandalkan spontanitas para tokoh.

  • Crew

Crew adalah bagian pemegang divisi dari setiap sub bagian yang sudah dipegang desainer sehingga crew dan desainer saling berhububungan satu sama lain dan tidak dapat dipisahkan agar dapat menghasilkan kerjasama yang baik dalam melakukan suatu pementasan teater.

 


Ciri – Ciri Seni Teater

  • Seluruh cerita dapat berbentuk dialog, baik pada tokoh maupun narator. semua ucapan ditulis dalam sebuah teks yang biasa disebut naskah drama.
  • Seluruh cerita berbentuk dialog, baik pada tokoh maupun narator. semua ucapan ditulis dalam sebuah teks.
  • Naskah drama juga terletak diatas dialog atau disamping kiri dialog.
  • Semua dialog tidak menggunakan sebuah tanda petik (“…”). Dialog drama bukan sebuah kalimat langsung.

 


Contoh Seni Teater

  • Teater Boneka

Teater boneka merupakan suatu bentuk kegiatan seni teater yang menggunakan benda atau boneka yang mana data tersebut merupakan representasi dari suatu karakter atau tokoh yang ada di dalam cerita. Contoh dari teater boneka yaitu wayang kulit, wayang golek, cemen, wayang potehi, dan wayang suket.

Baca Juga  Seni Tari

  • Drama Musikal

Drama musikal merupakan suatu pertunjukan teater yang telah menggabungkan seni peran, seni tari dan seni musik. Drama musikal juga lebih mengedepankan tiga unsur tersebut dibandingkan dialog para pemainnya. Sehingga para pemainnya juga dapat dilakukan dengan cara diaolog spontan tanpa naskah tetapi juga harus terarah jalan ceritanya.


  • Teatrikalisasi Puisi

Teatrikalisasi puisi merupakan suatu pertunjukan teater yang dibuat berdasarkan karya sastra puisi. Karya puisi yang biasanya hanya dibacakan, dalam teatrikal puisi dicoba untuk diperankan di atas pentas yang dapat diterjemahkan makna puisinya secara langsung oleh para tokoh di atas panggung.


  • Teater Gerak

Teater gerak merupakan suatu pertunjukan teater dengan unsur utamanya adalah gerak dan ekspresi wajah pemainnya untuk dapat mengungkapkan ekspresinya melalui tingkah laku gerak dan mimik para pemainnya untuk menyampaikan sebuah makna pesan yang hendak direalisasikan dipertunjukkan dalam pentas.


  • Teater Tutur

Teater tutur merupakan suatu bentuk kegiatan yang dapat berhubungan dengan adanya aktivitas yang bercerita secara tunggal (monolog). Contohnya yaitu stand up comedy, membaca puisi, mendongeng dan deklamasi..


  • Teater Wayang Kulit

Teater wayang kulit merupakan suatu jenis pertunjukan yang dimainkan oleh dalang dengan menggunakan wayang kulit sebagai pemeran tokohnya. Teater wayang akan  menggunakan layar tipis dan lampu untuk dapat menciptakan kesan bayangan pada wayang kulit untuk dipertunjukan kepada para penonton.


Demikianlah pembahasan artikel mengenai √ Seni Teater : Pengertian, Jenis, Unsur, Ciri & Contohnya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :