Seni Tari

Diposting pada

Materi.Co.ID – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini Materi.Co.ID akan membahas mengenai artikel yang berjudul Seni Tari. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Seni Tari


Pengertian Seni Tari

Seni tari adalah suatu seni yang dapat mempelajari unsur gerakan tubuh yang berirama dengan musik yang dilakukan di suatu tempat dan waktu tertentu, untuk dapat mengekspresikan atau menyampaikan pesan moral dari tarian tersebut.


Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli

1. Menurut Judith Mackrell
Seni tari yakni sebuah gerakan tubuh yang ritmis dan beriringan dengan musik yang memiliki tujuan untuk dapat mengekspresikan emosi atau ide, melepaskan energi atau untuk bersenang-senang menghilangkan sedikit perasaan lelah.


2. Menurut Sudito
Seni tari yakni gerak ritmis yang sesuai dengan irama dan bertujuan untuk mengekspresikan perasaan yang ada dalam diri si penari.


3. Menurut Bagong Kussudiardja
Seni tari yakni sebuah perwujudan jiwa manusia lewat olah tubuh sesuai dengan iringan nada yang mengandung nilai keindahan.


4. Menurut Aristoteles
Seni tari yakni sebuah wujud ekspresi manusia yang dituangkan dalam gerakan ritmis untuk memvisualisasikan karakter yang ingin dimunculkan.


5. Menurut H’Doubler
Seni tari yakni suatu ekspresi gerak tubuh dengan adanya keadaan perasaan yang secara estetis dinilai dan dirancang untuk mendapatkan kenikmatan serta pada kepuasan dari ungkapan, berkomunikasi dan gerakan-gerakan tari tersebut.


Jenis – Jenis Seni Tari

1. Tari Berdasarkan Alirannya

  • Tari Kontemporer
    Tari kontemporer ialah tarian yang menggunakan gerakan unik dan simbolik yang mengandung sebuah pesan didalamnya. Irama yang digunakan dalam tari ini adalah irama yang sederhana tetapi menggunkan teknologi musik modern.
Baca Juga  Seni Rupa

  • Tari Tradisional
    Tari tradisional ialah suatu kesenian yang telah diwariskan secara turun temurun oleh para leluhur sehingga dalam melakukan tariannya masih kaku karena masih berpedoman kuat pada aturan leluhur.
    Tari satu ini dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu tari tradisional klasik dan tari tradisional kerakyatan.

  • Tari Kreasi Baru
    Tari kreasi baru ialah suatu tarian yang telah dikembangkan oleh seorang penata tari atau koreografer. Tarian ini bersifat bebas namun tetap memiliki gerakan yang indah dan elastis.
    Dalam tari kreasi baru dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu tari kreasi baru pola non tradisi dan pola tradisi.

2. Tari Berdasarkan Jumlah Penari

  • Tari Berkelompok
    Tari berkelompok merupakan sebuah tarian yang dapat dilakukan secara berkelompok yang terdiri dari beberapa penari gabungan antara penari wanita ataupun penari pria. Contoh : Tari Saman asal Aceh.

  • Tari Tunggal
    Tari tunggal merupakan sebuah gerakan seni yang dibawakan oleh satu orang penari wanita maupun penari pria yang tujuan untuk menghibur. contoh : Tari Gatotkaca asal Jawa Tengah.

  • Tari Berpasangan
    Tari berpasangan merupakan sebuah tari seni yang dapat dibawakan oleh dua orang penari, baik itu penari wanita dengan wanita, penari pria dengan pria ataupun campur laki-laki perempuan, contoh : Tari Topeng asal Jawa Barat.

  • Tari Kolosal
    Tari kolosal merupakan suatu tarian yang dipertunjukan oleh setiap suku bangsa pada acara tertentu seluruh daerah yang terdapat di nusantara untuk dapat memperkenalkan budayanya masing-masing.


Unsur – Unsur Seni Tari

  • Unsur Utama Seni Tari

1. Harmoni
Harmoni adalah suatu kepaduan interelasi secara keseluruhan penari terhadap tari yang dibawakannya sehingga memiliki kepekaan harmoni yang baik antara raga, rasa dan irama sehingga mampu menghasilkan gerakan tari yang seirama dan indah.

Baca Juga  Seni Musik

2. Wiraga
Wiraga adalah sebuah ungkapan fisik dari awal hingga akhir menari.

3. Wirasa
Wirasa adalah kemampuan penari untuk dapat menghayati dan menjiwai tarian yang dibawakannya, karena kemampuan penari akan menentukan pesan yang akan dibawakannya.

4. Wirama
Wirama adalah sutau kepekaan penari terhadap irama musik yang mengiringi tarian sehingga akan membuat tarian dan irama menjadi lebih menyatu dengan setiap gerak makna yang akan disampaikannya.


  • Unsur Pendukung Seni Tari

1. Ragam Iringan
Ragam iringan yang diwujudkan dengan adanya pengiringan musik yang ritmis dan sesuai sehingga masih juga dapat disesuaikan dengan gerakan badan yang membentuk sebuah tarian. Perpaduan antara musik dan gerakan ini akan membuat orang lainnya juga larut dengan tarian tersebut.

2. Ragam Gerak
Ragam gerak diwujudkan untuk dapat mengkolaborasi antara gerakan tubuh dengan seperti tangan, kaki dan juga mampu mengekspresikan ide, raut wajah dan suasana hati.

3. Riasan dan Kostum
Riasan wajah dan kostum juga merupakan unsur pendukung agar seni tari lebih maksimal dan menarik perhatian yang akan memberikan kesan yang baik dalam melakukan tarian pada suatu acara.


Fungsi Seni Tari

1. Sarana Sebagai Hiburan
Seni tari sebagai sarana hiburan yang biasanya digunakan untuk dapat memeriahkan suasana pesta perkawinan, inagurasi lembaga dan acara-acara formal lainnya.


2. Sarana Sebagai Pendidikan
Seni tari sebagai pendidikan mampu membutuhkan banyak konsentrasi dan waktu untuk menguasainya sehingga dapat menjadi latihan dasar untuk menguasainya.


3. Sarana Sebagai Upacara Ritual dan Adat
Seni tari dijadikan sebagai upacara ritual dan adat yang tentunya harus mengikuti dan memenuhi kaidah-kaidah turun temurun yang telah menjadi tradisi dari suatu adat tertentu untuk menghasilkan tarian yang sakral.

Baca Juga  Pengertian Seni

4. Sarana Sebagai Kesenian
Seni tari untuk tujuan pelestarian budaya, Karena menghargai warisan budaya penggilan nenek moyang pada zaman dahulu.


Contoh Seni Tari Tradisional

1. Tari Merak
Tari Merak adalah sebuah tari kreasi baru yang didalamnya menceritakan kehidupan seekor binatang yaitu burung Merak. Tari Merak biasanya ditampilkan secara bersamaan. Lagu iringannya adalah lagu Macan Ucul.


2. Tari Sembah
Tari sembah adalah sebuah tarian tradisional dari Provinsi Lampung yang berasal dari Suku Pepadun. Tari sembah sering dikenal sebagai tari penyambutan yang tujuannya adalah untuk menyambut dan menghormati para tamu yang datang.


3. Tari Merak
Tari Merak adalah sebuah tari kreasi baru yang didalamnya telah menceritakan kehidupan seekor binatang yaitu burung Merak. Tarian merak diciptakan dan dipopulerkan oleh seniman asal Sunda yaitu Raden Tjeje Somantri. Tari Merak ini sudah terkenal hingga luar negeri.


Demikianlah pembahasan artikel mengenai √ Seni Tari : Pengertian, Jenis, Unsur, Fungsi & Contohnya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :