Seni Musik

Diposting pada

Materi.Co.ID – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini Materi.Co.ID akan membahas mengenai artikel yang berjudul Seni Musik. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Seni Musik


Pengertian Seni Musik

Seni musik adalah sebuah susunan bunyi ataupun suara yang berisi irama, nada, lagu serta keharmonisan dalam komponen alatnya agar menghasilkan sebuah melodi yang indah didengar para penikmatnya.

 


Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli

1. Menurut Sylado
Seni musik yakni sesuatu lantunan suara untuk dapat menjelaskan bahwa sebuah alunan musik yang sangat indah didengar dapat menggerakkan bahkan menggetarkan dan mengekspresikan keadaan hati si pendengar dan si pencipta.


2. Menurut Suhartjarja
Seni musik yakni sebuah ungkapan rasa yang indah yang biasanya dirasakan oleh manusia sehingga mampu menciptakan alunan musik beserta nada yang saling harmonis.


3. Menurut Lexicographer
Seni musik yakni suatu ilmu dan seni dari paduan ritmis beberapa nada, vokal ataupun instrumental yang dapat melibatkan seseorang dalam mengungkapkan sebuah ekspresi yang bersifat emosional.


4. Menurut Suhastjarja
Seni musik yakni suatu ungkapan rasa indah manusia dalam bentuk suatu konsep pemikiran yang bulat sehingga mampu menciptakan sebuah ritme harmoni yang indah dalam suatu ruang dalam satu lingkungan.


5. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
Seni musik yakni suatu ilmu atau seni dalam menyusun dan merangkai nada atau suara untuk menghasilkan kombinasi dan hubungan temporal  yang memiliki komposisi (suara) yang kesatuan dan kesinambungan sehingga menghasilkan nada yang indah didengar.

Baca Juga  Seni Rupa Murni

 


Jenis – Jenis Seni Musik

  • Musik Modern

Musik modern adalah suatu jenis musik kreasi baru yang memiliki sifat dinamis dan sudah menggunakan teknologi tertentu, baik dari sisi instrumennya maupun dalam penyajiannya sehingga terlihat modern dengan mengikuti perkembangan zaman.

  • Musik Kontemporer

Musik kontemporer adalah suatu kolaborasi antara berbagai macam hasil rekaman bunyi baik bunyi yang berasal dari alat elektronik hingga digital lainnya, maupun berasal dari alam yang hasil akhirnya akan dapat menghasilkan sebuah melodi yang indah untuk didengar.

  • Musik Tradisional

Musik tradisional adalah suatu bentuk warisan nenek moyang setiap suku bangsa di Indonesia. Di Indonesia mempunya daerah yang masing-masing daerahnya mempunyai instrumen musik yang berbeda-beda dan digunakan untuk keperluan yang berbeda pula.

 


Fungsi Seni Musik

1. Sarana Hiburan
Musik dapat dijadikan sebagai pilihan yang tepat untuk hiburan dalam selalu menjaga moodnya tetap stabil. Dengan musik ada sebagian orang yang merasakan bahwa dengan mendengarkan musik hidupnya jauh lebih berwarna.


2. Sarana Upacara
Pada upacara-upacara kenegaraan, keagamaan, perkawinan, kelahiran dan kematian pada umumnya menggunakan iringan dari seni musik untuk saat melakukan atau berlangsungnya upacara tersebut.


3. Sarana Ekspresi Diri
Musik lebih mudah untuk dapat memberikan berbagai macam ekspresi dalam mengungkapan perasaan pemainnya. Mulai dari ekspresi sedih, kecewa maupun senang, Kemudian nada-nada yang ada dalam musik juga mewakili ekspresi yang dikeluarkan seperti ekspresi sedih, kecewa bahkan saat merasakaan jatuh cinta terhadap seseorang.


4. Sarana Tari
Musik dapat dijadikan iringian dalam melakukan tarian oleh karena itu musik dan tari keduanya tidak dapat dipisahkan. Tarian dan musik juga mempunyai pola dan ritme yang sama sehingga keduanya saling melengkapi satu sama lainnya dan akan menghasilkan kolaborasi yang indah didengar dan dilihat.

Baca Juga  Seni Teater

 


Unsur – Unsur Seni Musik

1. Suara
Suara adalah unsur paling dasar dari seni musik. suara juga dapat dikatakan sebagai perubahan getaran udara yang mempunyai panjang gelombang maupun periode dalam frekuensinya untuk menghasilkan nada.


2. Melodi
Melodi adalah suatu gabungan nada atau bunyi yang tinggi dan rendahnya tersusun pada suatu frase untuk dapat memainkan sebuah melodi agar menghasilkan musik yang indah didengar.


3. Tempo
Tempo adalah suatu ukuran kecepatan birama lagu. Semakin cepat sebuah lagu dimainkan maka semakin besar pula nilai tempo dari lagu tersebut. Tempo harus memiliki kesesuaian kecepatan suatu lagu yang dinyanyikan dengan iringan musiknya.


4. Timbre
Timbre adalah kualitas atau warna bunyi. Keberadaan timbre sangat dipengaruhi oleh sumber bunyi dan cara bergetarnya yang nantinya menghasilkan kualitas yang baik saat dilantunkan bunyi.


5. Harmoni
Harmoni adalah suatu keselarasan bunyi yang merupakan gabungan dari dua nada atau lebih yang berbeda tinggi rendahnya yang dilakukan secara serempak dan berurutan sesuai dengan nadanya.


6. Irama
Irama adalah suatu panjang pendeknya serta tinggi rendahnya nada. Unsur dari irama merupakan sangat penting pada musik karena dapat menentukan sebuah ketukan dalam bermusik yang menjadikan musik menjadi lebih indah saat didengarkan oleh para penikmat musik.


7. Bentuk Lagu
Bentuk lagu adalah sebuah susunan antar unsur-unsur musik dalam suatu lagu sehingga mampu menghasilkan sebuah komposisi lagu yang dapat mengekspresikan keadaan seseorang dengan nada yang memiliki struktur yang jelas.

 


Contoh Genre Seni Musik

1. Musik Pop “Populer”
Musik Pop adalah suatu jenis musik yang termasuk dalam bentuk modern dari rock and roll, lahir pada tahun 1950-an. Musik pop termasuk dalam jenis genre paling populer terutama di kalangan anak muda karena lagu-lagunya yang asik dan sesuai dengan keadaan hati anak muda.

Baca Juga  Seni Tradisional

2. Musik Dangdut
Musik Dangdut adalah suatu genre musik andalan di tanah air kita Indonesia. Musik dangdut berasal dari musik Melayu pada tahun 1940-an. Penyanyi yang paling populer pada masa dulu bahkan sampai saat ini dengan ratusan lagu dangdutnya yaitu raja dangdut Rhoma Irama.


3. Musik Hip hop
Musik Hip-hop adalah suatu musik pendukung untuk rap, yang menggabungkan lirik berirama dan seni gerakan tangan ringan. Genre ini telah mencapai ketenaran yang tinggi pada tahun 1980- 1990-an.


4. Musik Rock
Musik Rock adalah sebuah perpaduan dari berbagai jenis aliran musik yang irama dan dentumannya sangat khas dan keras tetapi dapat menyenangkan para penikmat musiknya itu sendiri.


5. Musik Jazz
Musik Jazz adalah suatu penggabungan dari berbagai jenis musik seperti ragtime, blues, dan musik band.


Demikianlah pembahasan artikel mengenai √ Seni Musik : Pengertian, Jenis, Fungsi, Unsur & Contohnya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :