Seni Lukis

Diposting pada

Materi.Co.ID – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini Materi.Co.ID akan membahas mengenai artikel yang berjudul Seni Lukis. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Seni Lukis


Pengertian Seni Lukis

Seni lukis adalah seni rupa yang tercipta dari hasil mengekspresikan imajinasi pelukis melalui media warna, garis, bidang dan bentuk yang menjadikan sebagai lukisan bentuk ekspresi manusia yang dilakukan untuk mengeluarkan isi hati maupun kepala dari seniman yang tidak mampu mereka ucapkan lewat kata-kata.

 


Pengertian Seni Lukis Menurut Para Ahli

1. Menurut Soedarso SP
Seni lukis yakni sebuah karya manusia yang mampu mengekspresikan pengalaman batinnya tersebut yang disajikan dalam gambar secara indah sehingga mampu para penikmat karyanya dapat  menghayatinya.


2. Menurut Noryan Bahari
Seni lukis adalah seni dalam bahasa ungkapan pengalaman artistik dan ideologi seseorang pada objek dua dimensi yang dituangkan melalui media kanvas dan alat lukis lainnya.


3. Menurut Sukaryono
Seni lukis yakni sebuah ungkapan isi hati dan perasaan yang disebut sebagai bahasa seniman yang dikomunikasikan pada sebuah kanvas atau bidang gambar.


4. Menurut Herbert Read
Seni lukis yakni sebuah jasmani yang mampu direfleksikan melalui kegiatan rohani daya untuk mecapai tujuannya yaitu mempunyai kemampuan dalam membangkitkan jiwa atau perasaan dari seni itu sendiri untuk mengekspresikannya melalui gambar.


5. Menurut Myers
Seni lukis yakni suatu bentuk kegiatan rohani yang di dalamnya merefleksikan atau mengekspresikan pada jasmani, serta mempunyai daya yang dapat membangkitkan perasaan atau jiwa seseorang dalam menyampaikan imajinasinya.

Baca Juga  Seni Sastra

 


Ciri – Ciri Seni Lukis

  1. Ekspresi merupakan hal yang utama.
  2. Unsur warna lebih dominan.
  3. Cenderung menjadi karya seni rupa murni atau bebas
  4. Bentuk atau bidang terbentuk dari sapuan warna.
  5. Garisnya semua dari batas pertemuan 2 warna yang berbeda.

 


Unsur – Unsur Seni Lukis

1. Unsur Visual

  • Titik
    Titik adalah salah unsur yang utama dalam mengekspresikan dalam bentuk lukisan.
  • Bidang
    Bidang adalah gabungan antara beberapa garis yang digunakan ketika pelukis ingin melukis objek yang tidak hidup.
  • Garis
    Garis adalah unsur dasar yang ada dalam lukisan yang dihubungkan antara garis dan titik yang untuk membentuk objek dalam sebuah lukisan.
  • Warna
    Warna berfungsi menambah keindahan dan nilai estetika pada lukisan.

2. Unsur Non-Visual

  • Nilai Estetik
    Estetik adalah suatu unsur yang paling penting dalam abstrak pada seni lukis
  • Imajinasi
    Imajinasi dibutuhkan dalam pemindahan sudut pandang yang berkembang sesuai dengan kreativitas dan kemampuan masing-masing penulis.
  • Konsep
    Konsep adalah suatu bentuk gambaran kasar alias sketsa yang digambarkan di atas kanvas sebelum diberikannya warna.
  • Pandangan Hidup
    Pandangan hidup adalah sebuah ideologi dan buah pemikiran pelukis terhadap suatu hal.

 


Fungsi Seni Lukis

  • Fungsi Fisik

Fungsi fisik lebih dikhususkan pada nilai-nilai estetika yang terdapat pada suatu lukisan yang menjadikannya sebagai penghias ruangan dan menghasilkan nilai estetika pada suatu ruang.


  • Fungsi Sekunder

Fungsi sekunder yaitu suatu lukisan yang tidak hanya berfungsi sebagai wujud ekspresi maupun unsur yang mampu memberikan daya tarik tetapi juga lebih spesifik mengenai fungsinya.


  • Fungsi Primer

Fungsi primer yaitu untuk menciptakan daya tarik terhadap lukisan yang dihasilkan. Karya lukisan yang dihasilkan dalam fungsi primer adalah bentuk ungkapan perasaan dari dalam diri pribadinya sehingga hasil dari karyanya memuaskan dan menghasilkan lukisan yang indah.

Baca Juga  Seni Musik

 


Teknik Seni Lukis

1. Teknik Spray
Teknik spray adalah sebuah teknik lukis dengan cara menyemprotkan cat ke media lukis. Tujuan teknik spray adalah untuk dapat menciptakan sebuah lukisan yang lebih halus dan tampak lebih nyata dalam segi visualnya.


2. Teknik Aquarelle
Teknik aquarel adalah sebuah teknik melukis yang menggunakan bahan dasar cat air (aquarelle) sehingga memberikan sapuan warna yang tipis, halus dan transparan namun tetap terlihat indah dan menawan.


3. Teknik Tempera
Teknik tempera adalah sebuah lukisan yang mencampurkan kuning telur kedalam cat untuk dijadikan sebagai bahan perekat lukisan. Teknik tempera digunakan dengan mengunakan media lukis tembok maupun kayu sebagai kanvas.


4. Teknik Pointilis
Teknik pointilis adalah teknik yang menggunakan titik-titik untuk menghasilkan sebuah lukisan utuh. Sehingga pelukis dituntut untuk dapat mempunyai kesabaran ekstra agar menghasilkan lukisan yang lebih bagus dan indah.


5. Teknik Glazing
Teknik glazing adalah suatu teknik melukis dengan mewarnai lukisan dengan menggunakan cat yang transparan dan tipis. Teknik glazing digunakan untuk dapat memenuhi kebutuhan kerangka teknik melukis underpainting untuk menyatukan lukisan yang terlalu kontras sehingga nantinya mampu memberikan kesan lukisan yang indah.

 


Aliran Seni Lukis

1. Aliran Romantisme
Aliran ini romantisme berusaha untuk menunjukkan lukisan dengan fantastis dan nuansa keindahan serta ketenangan. Penggunaan aliran romatisme digunakan untuk menggambarkan kejadian yang romantis, sejarah ataupun tragedi yang telah terjadi pada dahulu kala.


2. Aliran Ekspresionisme
Aliran ekspresionisme adalah aliran yang mampu memberikan suatu kebebasan pada distorsi warna dan bentuk untuk dapat membuat emosi dari berbagai kejadian untuk menampilkan sensasi mendalam.


3. Aliran Realisme
Aliran realisme ialah aliran seni lukis yang menyampaikan karya seni lukis dengan apa adanya di dalam kehidupan nyata. Aliran ini dibuat sebagaimana keadaan asli tanpa penambahan unsur lainnya sehingga hasil yang didapatkan sesuai dengan kehidupan nyata.

Baca Juga  Seni Rupa

4. Aliran Abstraksionisme
Aliran abstraksionisme ialah salah satu aliran seni lukis yang populer dan memiliki ciri khas dengan menggunakan perpaduan bentuk dan warna.


5. Aliran Futurisme
Aliran futurisme ialah aliran yang memiliki aliran ini biasanya memiliki ciri khusus, yakni objek di dalam gambar terlihat seperti bergerak.


Demikianlah pembahasan artikel mengenai √ Seni Lukis : Pengertian, Ciri, Unsur, Fungsi, Teknik & Alirannya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :