Seni Rupa Terapan

Diposting pada

Materi.Co.ID – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini Materi.Co.ID akan membahas mengenai artikel yang berjudul Seni Rupa Terapan. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Seni Rupa Terapan


Pengertian Seni Rupa Terapan

Seni rupa terapan adalah suatu karya seni rupa yang dibuat dengan mengunakan pertimbangan utama yaitu untuk dapat memenuhi fungsi praktisnya sebagai nilai guna pada benda pakainya yang menjadi sorotan utama, bukan nilai keindahan/estetisnya.


Jenis – Jenis Seni Rupa Terapan

1. Seni Rupa Terapan Berdasarkan Bentuknya

  • Seni Rupa Dua Dimensi (2D)

Seni rupa dua dimensi adalah salah satu hasil karya seni rupa yang memiliki dua unsur yaitu panjang dan lebar.
Dalam karya seni terapan untuk menikmatinya hanya bisa dilakukan dalam arah tertentu saja, tergantung dari mana karya seni itu pamerkan.

Contohnya yaitu seni lukis, seni ilutrasi, seni batik, wayang kulit, sketsa dan masih banyak lagi.


  • Seni Rupa Tiga Dimensi (3D)

Seni rupa tiga dimensi adalah sebuah karya seni yang dibilang cukup umum dan tersebar luas di kalangan masyarakat.

Umumnya, seni rupa tiga dimensi ini memiliki pengertian suatu karya seni rupa terapan yang mempunyai tiga unsur yang terkandung yakni panjang, lebar dan tinggi.

Contohnya yaitu seni pahat, seni patung, seni kriya dan segala bentuk dari hasil karya seni lainnya yang dapat dari segala arah.


2. Seni Rupa Terapan Berdasarkan Bentuk

Karya seni rupa terapkan berdasarkan bentuknya saat ini sangatlah banyak berbagai macam.
Dalam karya seni rupa terapkan berdasarkan bentuknya  dapat didibedakan menjadi empat kategori yaitu rumah adat, senjata tradisional, transportasi tradisional dan seni kriya.

Baca Juga  Seni Rupa

3. Seni Rupa Terapan Berdasarkan Fungsi

  • Fungsi Praktis

Seni rupa terapan memiliki sejumlah fungsi atau manfaat berupa kegunaan, maksudnya dengan adanya karya seni ini dapat membantu serta menunjang segala aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh yang sering kita temui disekitar kita yakni lemari, kursi, meja, peralatan rumah tangga dan benda-benda lain yang seing kita gunakan.


  • Fungsi Estetis

Suatu unsur keindahan dalam sebuah karyanya. Seni rupa terapan memiliki unsur ini dapat menjadikan seseorang senang dan ada kepuasan tersendiri saat menikmati sebuah karya seni.

Contohnya seperti kursi kayu dengan ukiran indah, lemari kayu yang diukir, dan masih banyak lagi.


Fungsi Seni Rupa Terapan

1. Fungsi Sosial

  • Rekreasi atau hiburan yang mempunyai kegunaan untuk dapat menghilangkan kejenuhan karena masalah pribadi ataupun masalah lainnya.
  • Sarana komunikasi. media yang dapat memberikan informasi maupun menampung keluhan orang banyak seperti, iklan, poster, spanduk, website.
  • Pendidikan atau edukasi, sarana penunjang pendidikan seperti, ilustrasi dalam buku pelajaran, poster tata cara prosedur suatu sistem.
  • Keagamaan, seperti pakaian religi modern, perabotan rumah tangga bernuansa religi, hingga ke kebutuhan ibadah itu sendiri.

2. Fungsi Individual

  • Memenuhi kebutuhan psikis manusia akan kebutuhan batin dari benda. Contohnya benda yang mempunyaii nilai nostalgia akan daerah tertentu, oleh-oleh khas kota kelahirannya.
  • Memenuhi suatu kebutuhan secara langsung terhadap wujud fisik bendanya. Contohnya kebutuhan manusia pakaian dan tas.


Macam – Macam Seni Rupa Terapan

  • Seni Kriya

Seni kriya mempunyai fungsi untuk mengolah bahan baku yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar. Bahan baku diubah menjadi benda bernilai pakai.

  • Seni Grafis

Seni grafis adalah suatu seni yang proses pembuatannya dapat menggunakan teknik cetak, biasanya menggunakan kertas. Karya seni grafis mempunyai fungsi sebagai alat komunikasi.

  • Seni Dekorasi
Baca Juga  Seni Rupa Murni

Seni dekorasi adalah salah satu bagian dari seni rupa terapan yang membuat dan menciptakan suatu ruangan ataupun bangunan tertentu menjadi lebih elok serta mempesona untuk dilihat.

  • Seni Ilustrasi

Seni ilustrasi adalah suatu karya berbentuk gambar atau foto, fungsinya untuk dapat menjelaskan suatu naskah. Karya ilustrasi sering sekali digunakan dalam buku pelajaran di sekolah dasar.

  • Seni Arsitektur

Seni arsitektur adalah jenis seni rupa terapan yang berbentuk bangunan. Contohnya: rumah, tempat ibadah, kantor dan bangunan lainnya.

Pada umumnya, seni asitektur banyak sekali digunakan dalam perancangan bangunan besar semacam  monumen, menara – menara tinggi, jembatan dan lain sebagainya


Unsur – Unsur Seni Rupa Terapan

1. Bangunan (Shape)
Bangunan adalah unsur bentuk untuk membuat karya seni rupa terapan sesuai dengan keinginan. Ada banyak bangunan yang dipilih misalnya lingkaran, segi empat atau kubus, persegi panjang, segitiga, kerucut, limas dan lainnya.


2. Garis
Garis adalah salah satu unsur yang dapat membentuk sebuah karya seni rupa terapan yang sangat mudah dan sederhana dibentuk.


3. Warna
Warna adalah unsur pelengkap seni rupa terapan yang membuat suatu karya menjadi lebih indah.


4. Ukuran
Ukuran adalah panjang dan lebar dari suatu bentuk bangunan yang akan dibuat menjadi seni rupa terapan. Ukuran bisa dilihat berdasarkan lebar dan sempit, besar dan kecil, serta panjang dan pendek


5. Arah
Arah adalah unsur dalam seni rupa terapan yang ditunjukkan dengan bentuk condong, vertikal, horizontal, lurus dan belok. Setiap arah yang dipilih oleh seniman memiliki kesan tersendiri misalnya, horizontal yang memiliki kesan stabil.


Manfaat Seni Rupa Terapan

  • Menjadikannya sebagai tempat media apresiasi dari hasil karya seni rupa terapan.
    untuk menunjang kebutuhan kehidupan sehari-hari.
  • Mengembangkan kreativitas dalam pembuatan karya seni rupa terapan.
  • Menjadikannya sebagai peluang usaha dalam pembuatan alat rumah tangga yang menguntungkan.
Baca Juga  Jenis - Jenis Apresiasi


Contoh Seni Rupa Terapan

  1. Seni Keramik
    Keramik sendiri adalah salah satu karya seni rupa yang telah ada serta berkenbang sejak dahulu. Selain untuk dinikmati nilai estetika ataupun keindahannya, seni keramik saat ini juga dipakai sebagai perabotan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya yaitu porselin, gerabah, genteng rumah, vas, guci, celengan dan yang lainnya.


  2. Seni Ukir
    Seni ukir adalah kesenian yang terbilang sangat kuno yang sampai saat ini masih dipertahankan. Untuk media ukir ataupun pahat ini biasanya memakai batu ataupun kayu. Contohnya seni rupa ini berupa relief, patung, lemari serta kursi ukir, dan yang lainnya.


  3. Kerajinan Logam
    Kerajinan logam merupakan bentuk perkembangan karya seni rupa terapan yang menggunakan bahan dasar logam.  Contoh dari kerajinan logam yaitu tempat minum, perhiasan, bejana, peralatan rumah tangga, dan lain sebagainya.


  4. Peralatan Rumah Tangga
    Peralatan rumah tangga dapat dikatakan sebagai seni rupa terapan karena peralatan rumah tangga yang juga sebagai seni. Contohnya yaitu kursi, meja dan tempat tidur. Semua peralatan itu memiliki fungsi namun juga diperindah dengan seni untuk mempercantik rumah.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai √ Seni Rupa Terapan : Pengertian, Jenis, Macam, Unsur, Manfaat & Contohnya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :