Lembaga Agama

Diposting pada

Materi.Co.ID – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini Materi.Co.ID akan membahas mengenai artikel yang berjudul Lembaga Agama. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Lembaga Agama


Pengertian Lembaga Agama

Lembaga agama adalah sebuah organisasi yang didirikan dengan umat beragama dengan tujuan mempromosikan kepentingan dalam kehidupan beragama yang ada dalam kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara.

 


Pengertian Lembaga Agama Menurut Para Ahli

1. Menurut Bruce J
Lembaga agama yakni suatu badan yang memiliki tujuan untuk dapat mengatur kehidupan menusia dalam beragama. Sehingga dapat menemukan pencarian identitas moral, meningkatkan solidaritas kelompok antar setiap agama dan memberikan tafsiran dan arahan dalam mempunyai suatu keyakinan beragama.

2. Menurut Emile Durkheim
Lembaga agama yakni sebuah sistem yang di dalamnya terdapat praktek yang berhubungan dengan agama, kepercayaan serta hal – hal suci yang berguna untuk mempersatukan umat.

 


Ciri – Ciri Lembaga Agama

  • Menyatukan kalangan masyarakat.
  • Adalah sebuah sistem untuk kepercayaan.
  • Dengan tujuan memuliakan bangsanya.
  • Menjadi pendorong, penggerak, dan pengendali perilaku.
  • Merupakan dalam perwujudan dari sesuatu yang diyakini ajaib

 


Fungsi Lembaga Agama

1. Fungsi Laten Lembaga Agama
Fungsi laten dapat memberikan dan memunculkan sikap fanatisme. Adanya sebuah anggapan bahwa agama tertentu lebih baik dibandingkan sengan agama lainnya inilah yang akan memunculkan sikap fanatisme yang akhirnya akan memberikan dampak yang buruk dalam kerukunan dan ketentraman manusia beragama.

2. Fungsi Manifes Lembaga Agama

  • Penyelamat
Baca Juga  Piramida Penduduk

Adanya lembaga agama setiap masyarakat akan terselamatkan kehidupannya di dunia maupun akhirat karena itu dapat dikatakan sebagai penyelamat. Setiap manusia tidak dapat menghindar dari berbagai macam masalah yang ada sehingga agama dapat dijadikan penolong manusia.

  • Persaudaraan

Lembaga agama mampu memberikan pendidikan moral yang memiliki fungsi sebagi perantara dalam mengenalkan ras, suku dan budaya kepada masyarakat guna meningkatkan tali persaudaraan. Sehingga masyarakat satu dengan yang lainnya terjalin solidaritas dan kesatuan yang kuat dalam menganut kepercayaannya masing-masing.

  • Edukatif

Lembaga agama dapat mengajarkan dan membenikan pendidikan moral (berfungsi edukatif) bagi pemeluknya guna dapat dijadikan sebagai pedoman dalam bertingkah laku di masyarakat sekitar dan memberikan arahan mengenai tindakan-tindakan yang baik dilakukan atau tidak boleh dilakukan oleh umat beragama.

  • Pengawas Sosial

Lembaga agama memiliki peranan yang besar dalam pengawasan sosial karena dapat mewujudkan keteraturan sosial dalam berkehidupan masyarakat guna memberikan arahan larangan-larangan yang ada dalam kitab suci setiap agama yang harus dapat diterima setiap masyarakat yang memiliki kepercayaan agamanya masing-masing.

 


Unsur – Unsur Lembaga Agama

1. Umat atau Pemeluk
Agama yakni mempunyai sejumlah pengikut atau pengikut.

2. Simbol
Setiap agama harus memiliki simbol yang berbeda dengan agama yang lainnya. Baik dalam segi tulisan, ucapan maupun cara berpakaian.

3. Praktek Keagamaan
Setiap ajaran agama yang ada harus memiliki praktik keagamaan. Contohnya ibadan, doa dan puasa.

5. Pengalaman Keagamaan
Setiap orang percaya memiliki beberapa bentuk dalam sebuah pengalaman keagamaan guna meningkatkan pengalaman dalam beragama.

6. Kepercayaan
Setiap agama tentunya harus memiliki sebuah kepercayaan, seperti percaya pada Tuhan, para nabi, dan buku guna memberikan rasa percaya dalam meyakini agamanya.

Baca Juga  Lembaga Politik

 


Contoh Lembaga Agama

  • Islam : Majelis Ulama Indonesia (MUI)
  • Hindu : Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI)
  • Katolik : Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI)
  • Khonghucu : Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin)
  • Kristen : Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI)
  • Lembaga Pendoa Rosario (legio maria)
  • Lembaga Wanita Katolik (WK)

Demikianlah pembahasan artikel mengenai √ Lembaga Agama : Pengertian, Ciri, Fungsi, Unsur & Contohnya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :