√ Mata : Pengertian, Bagian dan Fungsinya Terlengkap

Diposting pada

√ Mata : Pengertian, Bagian dan Fungsinya Terlengkap

 

 

Materi.Co.ID – Hay hay bertemu lagi dengan artikel materi.co.id . Kali ini kita akan membahas tentang mata . Simak ulasan lengkap nya dibawah ini

 

√ Mata : Pengertian, Bagian dan Fungsinya Terlengkap
√ Mata : Pengertian, Bagian dan Fungsinya Terlengkap

 


 

Pengertian Mata

 

Mata merupakan alat indra yang ada pada manusia. Secara stabil mata akan menyinkronkan jumlah cahaya yang akan masuk, memfokuskan perhatian pada objek yang dekat dan jauh, juga menghasilkan gambaran yang berkelanjutan lalu dengan segera disampaikan ke otak.

 


 

Bagian – Bagian Mata

 

1. Bagian Luar Mata

 

  • Bulu Mata

Bulu mata ialah bagian berbentuk rambut halus yang berada pada atas dan bawah kelopak mata. Bulu mata ini memiliki fungsi sebagai pelindung dari kotoran yang ingin masuk. Kotoran ataupun benda asing lainnya yang akan masuk ke dalam mata bisa mengganggu fungsi utama dari mata sebagai organ penglihatan.

 

  • Kelopak Mata

Kelopak mata ialah lipatan kulit lembut yang berada di atas mata dan di bawah mata yang mempunyai fungsi utama untuk melindungi bola mata. Kelopak mata yang normal bisa menutup dan membuka dengan baik. Kelopak mata bisa bergerak secara sengaja, namun dapat juga bergerak secara refleks. Gerakan sengaja terjadi dikarenakan keinginan kita, tetapi gerakan refleks biasanya terjadi tanpa bisa kita atur.

 

  • Alis Mata

Alis mata ialah bagian yang terletak di atas kelopak mata (atas) kiri dan kanan. Alis mata tersusun oleh rambut-rambut halus. Beberapa orang mempunyai alis mata yang tebal, namun ada juga yang mempunyai alis mata yang tipis. Fungsi utama dari alis mata juga sama dengan bagian mata luar lainnya yakni untuk melindungi mata dari benda asing, terutama dari keringat yang menetes dari dahi.

 

  • Kelenjar Air Mata
Baca Juga  Pengertian Wawancara , Jenis , Tujuan dan Metode Wawancara Secara Lengkap

Kelenjar air mata memiliki fungsi untuk menghasilkan air mata. Umumnya untuk membasahi dan juga menjaga supaya mata tetap lembab dan untuk membersihkan debu. Selain itu juga untuk membunuh berbagai macam bibit penyakit yang berada di dalam mata.

 


 


2. Bagian Dalam Mata

 

  • Sklera

Bagian dinding mata yang paling luar, bagian memiliki warna putih buram dan bersifat keras sebab terdiri dari jaringan ikat dengan serat yang kuat. Skelara memiliki fungsi untuk melindungi bola mata dari kerusakan.

 

  • Kornea

Kornea ialah bagian depan skera yang bening dan kelihatan lengkung. Kornea ini mempunyai fungsi untuk melindungi lensa mata dan melanjutkan cahaya yang masuk ke mata. Kornea selalu dibasahi oleh air mata, sebab tidak mempunyai pembuluh darah dan juga bersifat tembus cahaya.

 

  • Koroid

Bagian dinding mata lapisan tengah yang memiliki fungsi sebagai penyalur oksigen dan nutrisi untuk bagian lain, terutama pada bagian retina. Pada Koroid ada banyak pembuluh darah sebab sangat mudah untuk transfer oksigen. Koroid umumnya berwarna Coklat kehitaman atau hitam. Warna gelap pada Koroid berperan supaya cahaya tidak dipantulkan.

 

  • Retina

Bagian dinding paling dalam dari mata yang memiliki fungsi untuk menangkap bayangan benda sebab mempunyai sel yang responsif terhadap cahaya.

 

  • Sel Batang (Basilus)

Bagian sel yang responsif terhadap cahaya yang tidak kuat ( lebih berfungsi pada saat malam hari atau dengan keadaan gelap)
Sel Kerucut (Konus), merupakan sel yang responsif terhadap intensitas cahaya yang kuat ( lebih berfungsi pada saat siang hari atau dengan keadaan terang)

 

  • Iris (selaput pelangi)

Bagian berwarna yang mempunyai otot-otot kecil untuk mengatur pencahayaan yang akan diterima. Jaringan dalam iris ini memiliki peran untuk mengatur jumlah cahaya yang masuk kedalam mata, sedangkan pigmen dalam iris berkewajiban untuk memilih warna mata seseorang.

 

  • Pupil

Bagian mata memiliki bentuk seperti lingkaran dan berada di tengah iris. Pupil sendiri berperan untuk mengatur cahaya yang masuk kedalam mata dengan cara melebarkan atau menyempitkan lingkaran tersebut. Apabila cahaya yang masuk semakin banyak maka pupil akan mengecil atau menyempit, sedangkan apabila cahaya yang masuk semakin sedikit maka pupil akan melebar atau membesar. Cahaya yang masuk melewati pupil lalu akan diteruskan ke lensa mata dan menfokuskan bayangan ke retina.

Baca Juga  √ Hidung : Pengertian, Stuktur dan Fungsinya Lengkap

 

  • Lensa mata

Fungsi lensa mata ialah untuk membentuk sebuah gambar. Gambar yang dibentuk lensa mata nantinya diteruskan dan diterima oleh retina. Lensa bisa menjadi tipis dan tebal, menyesesuaikan dengan jarak mata dengan benda yang dilihatnya. Apabila jarak benda terlalu dekat, maka lensa akan menjadi menipis, sedangkan apabila jarak terlalu jauh, maka lensa mata akan menebal.

 

  • Bintik kuning

Bagian mata yang sangat sensitif dengan cahaya. Apabila bayangan benda jatuh pada bintik kuning, maka benda tersebut akan terlihat jelas. Sebaliknya, apabila bayangan benda jatuh sebelum atau sesudah bagian ini, maka benda tersebut akan keliatan kabur atau tidak begitu jelas.

 

  • Bintik buta

Bintik buta atau blind spot merupakan bagian mata yang tidak sensitif dengan cahaya. Apabila bayangan benda jatuh pada bintik buta, maka benda tidak dapat terlihat jelas oleh mata.

 


 

Cara Kerja Mata

 

Sumber cahaya pertama diterima oleh kornea. Dari kornea, cahaya akan diteruskan ke pupil. Pupil nantinya memastikan jumlah cahaya yang masuk ke bagian mata yang lebih dalam. Pupil akan melebar apabila keadaan ruangan gelap, dan akan menyempit apabila keadaan ruang terang. Lebarnya pupil disebabkan oleh iris yang berada di sekelilingnya. Iris ini berperan seperti halnya diafragma. Diafragma ini berperan sebagai pengatur masuknya cahaya. Iris ini akan nampak sebagai bagian berwarna pada mata.

Lensa mata akan menerima cahaya dari pupil yang kemudian diteruskan ke retina. Fungsi lensa mata yakni untuk memfokuskan cahaya sehingga cahaya tepat jatuh dibintik kuning retina. Dari retina, cahaya akan berjalan ke saraf optik. Saraf otak merupakan saraf yang memasuki sel tali dan kerucut dalam retina, untuk menuju ke otak.

 


 


Cara Merawat Mata

 

  • Jangan mengucek atau menggosok – gosok mata pada saat merasa gatal atau kemasukkan benda asing dari luar. Mengucek mata dapat berakibat mata memerah dan infeksi.
  • Menggunakan kaca mata untuk pelindung pada saat berada di luar ruangan. Hal ini dapat melindungi mata dari sinar matahari dan debu.
  • Mengkonsumsi banyak makanan sehat, khususnya makanan yang banyak mengandung vitamin A.
  • Mengurangi aktivitas kontak mata dengan radiasi layar komputer ataupun dengan gadget.
  • Tidur dengan cukup dan jangan lupa matikan lampu di saat tidur.
  • Membacalah di tempat yang terang oleh cahaya dan tidak boleh membaca di tempat yang minim cahaya.
Baca Juga  √ Alur : Pengertian , Tahapan , Jenis dan Contohnya Lengkap

 


 

Penyakit Pada Mata

 

  • Miopi

Miopi merupakan jenis penyakit, dimana mata tidak bisa melihat benda atau objek yang memiliki jarak jauh dari mata.

 

  • Hipermetropi

Hipermetropi merupakan jenis penyakit, dimana mata tidak bisa melihat benda atau objek yang memiliki jarak dekat dari mata. Penyakit ini bisa dibantu dengan menggunakan kacamata berlensa cembung.

 

  • Presbiopi

Presbiopi merupakan jenis penyakit dimana tidak dapat melihat benda yang berjarak dekat ataupun berjarak jauh. Penyakit ini bisa dibantu dengan menggunakan kacamata berlensa rangkap. Umumnya penyakit ini terjadi pada lansia.

 

  • Kerabunan dan kebutaan

Buta berarti seseorang yang tidak bisa melihat benda sama sekali. Buta dapat disebabkan dari keturunan maupun kecelakaan. Rabun berarti seseorang yang hanya bisa melihat dengan buram atau kabur.

 

  • Buta warna

Buta warna merupakan suatu kondisi dimana seseorang sama sekali tidak bisa membedakan jenis warna. Warna yang bisa dilihat hanyalah warna hitam, abu-abu, dan putih.

 

  • Katarak

Katarak merupakan suatu penyakit mata di mana lensa mata menjadi buram sebab penebalan lensa mata dan terjadi pada orang lanjut usia (lansia).

 

  • Astigmatis

Merupakan ketidak aturan lengkung – lengkung permukaan bias mata yang mengakibatkan cahaya menjadi tidak fokus pada satu titik retina(bintik kuning).

 

 



Demikianlah bahasan kita mengenai mata . Terima kasih bagi yang menyempatkan waktu untuk membaca dan mampir di artikel √ Mata : Pengertian, Bagian dan Fungsinya Terlengkap. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu 🙂

Baca Juga Artikel Lainnya