Manajemen Keuangan

Diposting pada

Materi.Co.ID – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini Materi.Co.ID akan membahas mengenai artikel yang berjudul Manajemen Keuangan. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Manajemen Keuangan


Pengertian Manajemen Keuangan

Manajemen Keuangan adalah semua jenis aktivitas atau kegiatan perusahaan yang sangat berkaitan satu sama lain dengan bagaimana cara untuk bisa mendapatkan, menggunakan dan mengelola keuangan dari sebuah perusahaan.

 


Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli

1. Menurut J. F. Bradley
Manajemen keuangan yakni suatu manajemen bisnis yang telah ditujukan untuk dapat mengelola penggunaan modal secara bijaksana, selektif, dan seksama dari sumber modal untuk dapat memungkinkan atau meminimalisir unit pengeluaran untuk bergerak ke arah mencapai tujuannya.


2. Menurut Sonny S
Manajemen keuangan yakni suatu kegiatan perusahaan yang saling berhubungan dengan bagaimana cara mendapatkan uang, menggunakan uang, dan mengelola aset sesuai dengan tujuan perusahaan secara menyeluruh dengan menggunakannya secara jelas dan rinci.


3. Menurut J. L. Massie
Manajemen keuangan yakni dapat dijadikan sebagai aktivitas operasional bisnis yang bertanggung jawab untuk mendapatkan dan menggunakan dana yang diperlukan untuk kegiatan operasional yang efisien dan efektif.


4. Menurut Liefman
Manajemen keuangan yakni suatu usaha perusahaan agar mampu mendapatkan dana serta menggunakan dana tersebut hingga dapat mengelola aktivasnya dengan menggunakan dana yang sudah disiapkan perusahaan.


5. Menurut Bambang Riyanto
Manajemen keuangan yakni sebuah aktivitas perusahaan yang saling berhubungan dengan suatu tindakan untuk bisa mendapatkan dana yang diperlukan sebuah perusahaan dengan mengunakan biaya yang cukup minim dengan menggunakan syarat yang bisa menguntungkan agar usaha tersebut bisa berjalan seefektif  dan lancar.

Baca Juga  Fungsi Informasi

 


Ruang Lingkup Manajemen Keuangan

  • Keputusan Pengelolaan Aset

Kebijakan pengelolaan adalah sebuah aset yang dimiliki secara efisien untuk mencapai tujuan perusahaan.

  • Keputusan Pendanaan

Keputusan Pendanaan adalah suatu proses yang meliputi kebijakan manajemen dalam pencarian dana perusahaan. Contohnya dalam suatu mengatasi kebijakan pada perusahaan yang telah menerbitkan sejumlah obligasi dan kebijakan hutang jangka pendek dan panjang perusahaan yang bersumber dari  dalam ataupun luar perusahaan.

  • Keputusan Investasi

Keputusan Investasi adalah suatu kebijakan dalam penanaman sebuah modal perusahaan kepada aktiva tetap atau Fixed Assets seperti gedung, tanah, dan peralatan ataupun mesin. Adapun aktiva finansial berupa surat-surat berharga contohnya saham dan obligasi atau aktivitas untuk dapat menginvestasikan dana pada berbagai aktiva.

 


Fungsi Manajemen Keuangan

  • Perencanaan

Kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan penggunaan anggaran dana perusahaan maka perlu di rencanakan dengan baik. Sehingga kegiatan-kegiatan yang tidak lagi menguntungkan lagi untuk perusahaan dapat dipotong.

  • Penganggaran Belanja

Penganggaran belanja adalah suatu kegiatan yang dapat mengalokasikan dana untuk semua kebutuhan pada perusahaan. Alokasi ini juga dapat dilakukan seminimal mungkin dan memaksimalkan anggaran yang telah tersedia.

  • Pengawasan

Pengawasan adalah melakukan pengontrolan atau evaluasi terhadap keuangan yang sedang berjalan. Evaluasi dilakukan untuk memperbaiki sistem keuangan perusahaan agar perusahaan dapat bertahan.

  • Audit

Auditing adalah proses pemeriksaan keuangan. Manajemen keuangan harus dapat melakukan audit internal atas keuangan perusahaan yang ada agar sesuai dengan kaidah standar akuntansi dan tidak terjadi penyimpangan.

  • Pelaporan

Pelaporan adalah proses Manajemen keuangan harus dapat menyediakan laporan informasi tentang kondisi keuangan perusahaan dan analisa rasio laporan keuangan.

 


Tujuan Manajemen Keuangan

  • Pemanfaatan keuangan yang tepat.
  • Menjaga arus kas (cash flow) .
  • Mempersiapkan struktur modal yang bisa didapat dari internal dan eksternal.
  • Mengurangi resiko operasional atas ketidakpastian bisnis.
  • Memaksimalkan keuntungan dengan keputusan yang tepat.
  • Mengurangi biaya modall sehingga manajer keuangan harus dapat merencanakan struktur modal agar dapat meminimalisir modal yang akan dikeluarkan perusahaan.
Baca Juga  Administrasi Bisnis (Niaga)

 


Manfaat Manajemen Keuangan

  • Aman Berinvestasi
  • Memaksimalkan penggunaan dana perusahaan
  • Perusahaan keuangan dikendalikan dengan baik
  • Mampu memberikan kepastian bagi pemegang saham
  • Struktur modal yang sehat

 


Prinsip Manajemen Keuangan

1. Transparansi (Transparency)
Transparasi adalah menyiapkan laporan keuangan yang akurat, lengkap, dan tepat waktu, serta dapat diakses dengan mudah oleh para manajemen yang berkepentingan dan penerima manfaat secara terbuka.


2. Akuntabilitas (Accountability)
Akuntabilitas adalah suatu kewajiban moral atau hukum yang saling melekat dalam individu, kelompok, atau perusahaan untuk dapat menyebutkan bagaimana dana, alat-alat, atau wewenang yang diberikan oleh pihak ketiga secara jelas dan rinci tanpa adanya kesalahpahaman.


3. Integritas (Integrity)
Laporan dan catatan keuangan juga harus dijaga integritasnya melalui kelengkapan dan keakuratan pencatatan keuangan.


4. Keberlangsungan (Viability)
Keberlangsungan (viability) adalah suatu ukuran tingkat keamanan dan tingkat keberlanjutan dalam kegiatan untuk mengurus keuangan perusahaan.


5. Konsistensi (Consistency)
Sistem dan kebijakan keuangan dari perusahaan Anda harus konsisten dari waktu ke waktu. Ini tidak berarti bahwa sistem keuangan tidak boleh disesuaikan apabila terjadi perubahan pada perusahaan.


Demikianlah pembahasan artikel mengenai √ Manajemen Keuangan : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Manfaat, Prinsip & Ruang Lingkupnya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :