Manajemen SDM

Diposting pada

Materi.Co.ID – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini Materi.Co.ID akan membahas mengenai artikel yang berjudul Manajemen SDM. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Manajemen SDM


Pengertian Manajemen SDM

Manajemen sumber daya manusia adalah sebuah bagian dari manajemen keorganisasian yang menekankan pada unsur SDM dan sudah menjadi tugas manajemen sumber daya manusia untuk mengelola unsur manusia secara baik agar diperoleh suatu tenaga kerja yang tepat sesuai pekerjaannya, sehingga mampu bekerja optimal demi tercapainya tujuan perusahaan atau organisasi.

 


Pengertian Manajemen SDM Menurut Para Ahli

1. Menurut Mary Parker Follett
Manajemen sumber daya manusia adalah suatu seni yang dilakukan dengan tujuan organisasi / perusahaan tertentu melalui pengaturan pihak lain dalam melaksanakan berbagai kegiatan/pekerjaan yang dibutuhkan atau yang melakukan berbagai pekerjaan itu sendiri.


2. Menurut Mutiara S. Panggabean
Manajemen sumber daya manusia adalah roses yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, perencanaan, kepemimpinan dan pengendalian kegiatan yang terkait dengan pengadaan, pengembangan, evaluasi pekerjaan, kompensasi, analisis pekerjaan, promosi dan pemutusan hubungan kerja untuk mencapai tujuan yang telah diputuskan.


3. Menurut Melayu SP. Hasibuan
Manajemen sumber daya manusia adalah suatu ilmu dan seni yang dapat mengatur peran hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat.


4. Menurut Handoko
Manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses pengembangan, pemeliharaan, penarikan, seleksi, dan penggunaan sumber daya manusia dalam mencapai tujuan-tujuan individu maupun organisasi.

Baca Juga  Manajemen Pemasaran

5. Menurutb Rival
Manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses di bidang dari manajemen umum yang meliputi segi-segi pelaksana pengendalian, perencanaan dan pengorganisasian,

 


Fungsi Manajemen SDM

a. Memberikan Pengarahan yang baik
Pengarahan (directing) adalah kegiatan mengarahkan semua karyawan, agar mau bekerja sama dan efektif serta efisien dalam membantu tercapainya tujuan perusahaan, karyawan, dan mayarakat.


b. Meningkatkan Pengintergrasian
Pengintergrasian (integration) adalah suatu kegiatan untuk dapat mempersatukan kepentingan perusahaan dan kebutuhan karyawan, agar terciptanya suatu kerja sama yang serasi dan saling menguntungkan satu sama lain.


c. Meningkatkan Kedisiplinan
Kedisiplinan adalah suatu fungi MSDM yang paling terpenting dan kunci terwujudnya tujuan SDM, karena tanpa disiplin yang baik sulit akan terwujudnya tujuan yang maksimal dan efektif.


d. Memberikan Pengendalian
Pengendalian (controlling) adalah suatu proses kegiatan untuk dapat mengendalikan semua karyawan agar dapat menaati semua peraturan-peraturan perusahaan dan bekerja sesuai dengan rencana yang sudah disepakati bersama.


e. Melakukan Perencanaan
Perencanaan (human resources planning) adalah merencanakan tenaga kerja agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan efektif serta efisien dalam membantu mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan.


f. Memberikan Pengembangan
Pengembangan (development) adalah proses peningkatan ketrampilan teknis, teoritis, konseptual, dan moral karyawan melalui pendidikan dan pelatihan.

 


Tujuan Manajemen SDM

1. Memberi Dukungan
Tujuan dari memberi dukungan ini dapat berupa penciptaan kondisi baik dari sisi manajer atau juga sumber daya manusia berupa karyawan.


2. Membuat Kebijakan dan Pertimbangan
Manajemen sumber daya manusia mempunyai sebuah tugas untuk dapat membuat sebuah perusahaan mempunyai pekerja dengan motivasi serta kinerja yang tinggi untuk perusahaan dimana tempatnya bekerja.


3. Memperbaiki Kualitas Kehidupan Pekerja
Dapartemen tidak hanya berperan sebagai pihak yang harus memperbaiki dan mengembangkan perusahaan, tetapi juga harus meningkatkan kualitas kehidupan para karyawan yang sudah berkerja keras untuk perusahaan.

Baca Juga  Manajemen Keuangan

4. Memperbaiki Tingkat Produktivitas
Sumber daya manusia yang baik dan berkualitas adalah seorang manusia yang dapat dikatakn produktif. Tujuan dari tingkat produktivitas ini akan membuat suatu peran manajemen sumber daya manusia akan menjadi sangat penting. Tanpa adanya sumber daya manusia yang poduktif dan berkualitas, bisa jadi tidak ada perushaan yang berkualitas.

 


Manfaat Manajemen SDM

  • Perencanaan SDM akan menjadi acuan dalam penyusunan program pengembangan SDM.
  • Produktivitas dapat lebih ditingkatkan jika perusahaan mempunyai suatu datamengenai pengetahuan, pekerjaan, pelatihyan yang telah diikuti oleh SDM.
  • Organisasi dapat memanfaatkan SDM yang ada dalam organisasi dengan lebih baik, sehingga akan menghasilkan kegiatan yang positif.
  • Rencana SDM adalah bagian dasar dalam penyusunan program kerja bagi satuan kerja yang menangani SDM dalam organisasi.
  • Perencanaan SDM bermanfaat untuk tiga kepentingan , yakni kepentingan individu, kepentingan organisasi, dan kepentingan nasional.

 


Prinsip Manajemen SDM

  • Prinsip Kepercayaan

Kepercayaan, kejujuran dan sikap amanah, adalah sesuatu yang penting untuk dipertimbangkan dalam merekruit tenaga kerja untuk kepentingan organisasi. Sikap ini menjadi salah satu penentu keberhasilandisamping kemampuan atau kompetensi.


  • Prinsip Kompetensi

Kompeten adalah suatu kegiatan yang berupa keterampilan yang diperlukan seseorang yang ditunjukkan oleh kemampuannya untuk dapat menghasilkan konsisten dan memberikan tingkat kinerja yang tinggi dalam suatu fungsi pekerjaan yang dilakukan secara spesifik.


  • Prinsip Kewenangan dan Tanggung-jawab

Pemberian kewenangan ini mutlak dalam dalam suatu sistem manajemen untuk dapat menjamin suatu kelancaran pelaksanaan tugas atau kerja yang dibebankan kepada seseorang. Apabila sudah dibebankan karyawan tentunya karyawan tersebut harus memiliki tanggung jawab.


  • Prinsip Adanya Penghargaan

Penghargaan ataupun rewardmerupakan kompensasi yang menentukan terwujudnya kelancaran dalam bekerja.

  • Prinsip Produktivitas Kerja
Baca Juga  Manajemen Kinerja

Produktivitas kerja adalah suatu proses dalam mempunyai kemampuan karyawan sehingga berproduksi dapat dibandingkan dengan input yang akan digunakan, seorang karyawan dapat dikatakan produktif apabila karyawan mampu menghasilkan barang atau jasa sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.


Demikianlah pembahasan artikel mengenai √ Manajemen SDM : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Manfaat & Prinsipnya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.

Baca Juga Artikel :