Organisasi Adalah

Diposting pada

Materi.Co.ID – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini Materi.Co.ID akan membahas mengenai artikel yang berjudul . Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Organisasi


Pengertian Organisasi

Organisasi adalah suatu wadah ataupun perkumpulan bagi beberapa kelompok orang untuk dapat menjalin suatu kerja sama dan dapat dilakukan secara terkendali, terorganisir serta terpimpin untuk dapat mencapai suatu tujuan yang telah disepakati bersama.

 


Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

1. Menurut Richard Scott
Organisasi yakni suatu tindakan yang dapat dilakukan secara kolektif yang sengaja terbentuk guna meraih tujuan secara khusus serta didasari pada asas kelangsungan.


2. Menurut Philip Selznick
Organisasi yakni suatu peraturan personil untuk dapat mempermudah dalam pencapaian tujuan yang sebelumnya telah disepakati bersama dengan melalui alokasi fungsi serta tanggungjawab antar anggota lainnya.


3. Menurut Max Weber
Organisasi yakni suatu kerangka hubungan yang terstruktur yang didalamnya terdapat adanya wewenang, serta tanggung jawab dan pembagian kerja untuk menjalankan fungsi tertentu.


4. Menurut Stephen P Robbins
Organisasi yakni suatu kesatuan (entity) sosial yang dapat dikoordinasikan secara sadar oleh anggotanya dengan adanya sebuah batasan dalam organisasi sehingga terciptanya dasar relatif terus menerus untuk dapat mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan sehingga dapat terwujudnya satu kesatuan.


5. Menurut Drs H Malayu Hasibuan
Organisasi yakni suatu proses penentuan, pengelompokan, dan pengaturan bermacam-macam aktivitas yang diperlukan untuk mencapai tujuan bersama.

Baca Juga  Analisis SWOT

 


Jenis – Jenis Organisasi

1. Organisasi formal
Organisasi formal yakni suatu organisasi yang berisi suatu sistem pekerjaan, hubungan wewenang, tanggung jawab, dan pertanggungjawaban yang dirancang oleh manajer untuk semua anggota lainnya. Contoh dalam organisasi formal yaitu OSIS, PSSI,LSM, Dll.


2. Organisasi Informal
Organisasi informal yakni suatu hubungan pribadi atau sosial yang dapat memungkinkan adanya hubungan dengan suatu wewenang formal. Organisasi ini biasnya ada di dalam setiap perusahaan, karena organisasi informal akan munculkan pergaulan manusia sebagai makhluk sosial. Contoh dalam organisasi informal yaitu fans club suatu Idol grup, Kelompok pecinta musik, Dll.

 


Ciri – Ciri Organisasi

  • Terdiri Dari Sekelompok Orang
  • Memiliki tujuan visi misi yang sama
  • Memiliki kerjasama yang baik
  • Memiliki kesatuan perintah dan peraturan
  • Adanya pembagian tugas dan tanggung jawab
  • Memiliki pelimpahan wewenang

 


Fungsi Organisasi

  • Meningkatkan kemampuan yang ada pada diri
  • Mendapatkan pengalaman baru
  • Memberikan arahan yang baik

 


Tujuan Organisasi

  1. Mendapat keuntungan dan penghasilan bersama-sama
  2. Mendapatkan pengakuan dan penghargaan bagi anggotanya
  3. Mencapai hasil akhir yang diinginkan di waktu yang akan datang
  4. Mendapatkan pengalaman dan berinteraksi dengan anggota lain
  5. Merealisasikan keinginan dan cita-cita bersama anggota organisasi

 


Manfaat Organisasi

  1. Meningkatkan wawasan dan pengetahuan
  2. Mampu dalam mengatur waktu dengan baik
  3. Mampu menghadapi tekanan dunia kerja
  4. Membentuk karakteristik seseorang
  5. Memecahkan masalah yang ingin diselesaikan
  6. Memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi
  7. Memperluas relasi dan pergaulan hidup
  8. Melatih pengaturan waktu dengan baik

 


Unsur Organisasi

  • Personil atau anggota

Personil atau anggota organisasi merupakan bagian dari sebuah unsur yang sangat penting karena memiliki peran dan tingkatan masing-masing dalam lingkupan organisasi tersebut.

Tanpa adanya personil dalam organisasi maka organisasi yang akan dibuat tersebut tidak akan berjalan dengan baik apalagi mencapai tujuan yang diinginkan.

Baca Juga  Manajemen Pemasaran

  • Hubungan

Hubungan dalam organisasi sangat dibutuhkan dalam melakukannya organisasi agar tujuan dari sebuah organisasi tersebut bisa terlaksana dengan baik dan berjalan sesuai dengan tujuan organisasi dibentuk.

Setiap anggota harus bekerjasama dan memiliki hubungan yang baik satu sama lain dalam melakukan tugas serta tanggung jawabnya. Kerjasama yang baik juga sangat dibutuhkan dalam organisasi agar hasil yang diinginkan lebih cepat terwujud.


  • Visi dan Misi

Visi dan Misi yakni sebuah Tujuan adalah sasaran atau target yang akan dicapai dalam sebuah pembentukan organisasi. Mulai dari prosedur, program yang dilakukan, pola sampai hasil akhir dari sebuah program organisasi dilakukan.


  • Lingkungan

Lingkungan yakni salah satu penunjang dalam kegiatan organisasi. Dengan adanya lingkungan organisasi yang baik untuk terciptanya suatu organisasi maka akan menghantarkan pada tujuan dengan benar dan cepat, berlaku sebaliknya.

Apabila lingkungan tidak menunjang untuk kegiatan organisasi, maka organisasi tersebut tentunya tidak akan berjalan baik.

 


Teori Organisasi

a. Teori Organisasi Modern
Teori organisasi modern yakni suatu teori yang mempunyai sifat terbuka dimana semua unsur-unsur organisasi satu kesatuan yang saling ketergantungan satu sama lain.


b. Teori Organisasi Klasik
Teori organisasi klasik yakni suatu teori yang mempunyai konsep organisasi mulai sejak tahun 1800 yang menjelaskan bahwa organisasi sebagai struktur organisasi yaitu hubungan, tujuan-tujuan, kekuasaan-kekuasaan, kegiatan-kegiatan, peranan-peranan, komunikasi, serta faktor-faktor yang lainnya ketika orang bekerja sama.


c. Teori Organisasi Neoklasik
Teori organisasi neoklasik merupakan suatu teori yang memperhatikan pada pentingnya aspek psikologis serta sosial, baik itu sebagai suatu individu dan kelompok pada lingkungan kerja. Teori organisasi neoklasik merupakan teori hubungan manusia.

 


Ruang Lingkup Organisasi

Suatu teori yang mempelajari kinerja dalam sebuah organisasi biasa disebut dengan organisasi. salah satu masalah yang dapat dikaji dalam suatu teori organisasi adalah bagaimana sebuah organisasi menjalankan fungsi dan mengaktualisasikan visi dan misi organisasi tersebut.

Baca Juga  Manajemen Kinerja

Demikianlah pembahasan artikel mengenai √ Organisasi : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Manfaat, Ciri, Jenis, Unsur, Teori & Ruang Lingkupnya. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :