Analisis SWOT

Diposting pada

Materi.Co.ID – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini Materi.Co.ID akan membahas mengenai artikel yang berjudul Analisis SWOT. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Analisis SWOT


Pengertian Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah suatu bagian dari analisis dalam melakukan perencanaan strategis yang sudah dirancang perusahaan untuk dipergunakan dalam mendapatkan pengevaluasian faktor-faktor yang akan mempengaruhi tujuan jangka pendek maupun jangka panjang tersebut. Analisis SWOT ini terdiri dari kelemahan (weaknesses), kekuatan (strengths), ancaman (threats) dan juga peluang (opportunities).


Pengertian Analisis SWOT Menurut Para Ahli

1. Menurut Rais
Analisis SWOT yakni suatu analisis mendasar yang sangat penting. Karena dengan analisis ini kita dapat mempertahankan bahkan menambah kekuatan, memanfaatkan peluang dengan baik serta dapat mengurangi kelemahan perusahaan ataupun menghindari ancaman.


2. Menurut Philip Kotler
Analisis SWOT yakni suatu evaluasi yang dilakukan terhadap semua kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, yang terdapat pada individu atau organisasi.


3. Menurut Freddy Rangkuti
Analisis SWOT yakni suatu Analisa yang didasarkan pada suatu logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (strengths) dan peluang (opportunities), namun secara bersamaan dapat juga meminimalkan kelemahan (weaknesses) dan ancaman (threats) yang ada dalam perusahaan ataupun dari bisnis tersebut.


4. Menurut Irham fahmi
Analisis SWOT yakni suatu aakronim dari strengths (kekuatan), weaknesses(kelemahan), opportunities (peluang), dan threats (ancaman), dimana SWOT dijadikan sebagai suatu model dalam menganalisis suatu organisasi yang berorientasi pada profit dan non profit dengan tujuan utama untuk mengetahui keadaan organisasi tersebut secara lebih komprehensif.

Baca Juga  Manajemen Keuangan

5. Menurut Dyson
Analisis SWOT yakni suatu analisis yang berdasarkan pada sebuah anggapan bahwa suatu energi yang efektif dan efisien bersumber dari sumber daya internal dan ekternal untuk merangsang srategi baru yang ada dalam perusahaan tersebut.

 


Fungsi Analisis SWOT

Fungsi analisis SWOT adalah untuk dapat menganalisa mengenai kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan dengan cara melakukan analisi terhadap kondisi internal maupun eksternal perusahaan sehingga dapat mengetahui peluang dan ancaman yang akan dihadapi perusahaannya.

 


Manfaat Analisis SWOT

  • Perusahaan dapat menentukan masa depan perusahaannya.
  • Perusahaan dapat melihat suatu peluang dan dapat mempertahankan peluang.
  • Perusahaan mengetahui potensi ancaman serta mencari solusi untuk menghindari ancaman tersebut.
  • Perusahaan juga dapat menjadi lebih mengetahui kekuatannya dan tentunya akan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kinerjanya.
  • Perusahaan juga tentunya dapat mengetahui kelemahan sehingga perusahaan akan mencari solusi untuk dapat mengurangi kelemahan tersebut.

 


Unsur – Unsur Analisis SWOT

  • Strenght (Kekuatan)

Strenght adalah suatu analisis kekuatan yang terdapat pada suatu perusahaan. Contohnya seperti menganalisi kelebihan yang dimiliki oleh perusahaan baik dari segi teknologi, kualitas maupun kelebihan lainnya yang perusahaan tersebut miliki.


  • Weakness (Kelemahan)

Weakness adalah suatu analisis kelemahan dari suatu perusahaan, biasanya dapat dilakukan dengan cara melakukan perbandingan dengan perusahaan pesaing. Membuat analisis kelemahan ini agar perusahaan lebih objektif untuk mengetahui apa yang kurang dari perusahaannya.


  • Opportunity (Kesempatan)

Opportunity adalah suatu analisis kesempatan untuk menghasilkan keuntungan dan mengetahui apakah perusahaan mampu bertahan dan diterima dengan baik dimata masyarakat.


  • Threats (Ancaman)

Threats adalah suatu analisis ancaman yang berupa Membuat daftar ancaman perusahaan bisa untuk jangka pendek maupun jangka panjang serta bisa sewaktu-waktu bertambah atau berkurang.

Baca Juga  Manajemen Adalah

 


Faktor Analisis SWOT

  • Faktor Internal (Strength dan Weakness)

Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam terdiri dari dua poin yaitu kekuatan dan kelemahan. Dengan mengetahui kekuatan dan kelemahan perusahaan akan memberikan hasil penelitian yang jauh lebih baik.

Adapun bagian bagian dari faktor internal itu antara lain sumber daya yang dimiliki, keuangan atau finansial, kelebihan atau kelemahan internal organisasi, serta pengalaman-pengalaman organisasi sebelumnya.

  • Faktor Eksternal (Opportunities dan Threats)

Faktor eksternal adalah faktor dari luar entitas, di mana faktor ini tidak secara langsung terlibat pada apa yang sedang diteliti dan terdiri dari 2 poin yaitu ancaman dan peluang.

Adapun bagian bagian dari faktor eksternal antara lain tren, budaya, sosial politik, ideologi, maupun perekonomian, sumber-sumber permodalan, peraturan pemerintah, perkembangan teknologi, peristiwa-peristiwa yang terjadi, dan lingkungan.

 


Kelebihan Analisis Swot

  1. Analisis SWOT sangat sederhana dan mudah dipahami.
  2. Dapat digunakan untuk diri sendiri maupun untuk organisasi perusahaan.
  3. Lebih fleksibel dan integratif.
  4. Relevan untuk digunakan dalam perusahaan atau bisnis lainnya.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai √ Analisis SWOT : Pengertian, Fungsi, Unsur, Manfaat, Faktor & Kelebihannya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :