Manajemen Adalah

Diposting pada

Materi.Co.ID – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini Materi.Co.ID akan membahas mengenai artikel yang berjudul Manajemen. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Manajemen


Pengertian Manajemen

Manajemen adalah suatu proses untuk dapat mengatur sesuatu yang dilakukan oleh sekelompok orang atau suatu organisasi untuk bisa mencapai tujuan yang sudah ditetapkan oleh organisasi tersebut dengan cara bekerja sama memanfaatkan sumber daya yang dimiliki.

 


Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

1. Menurut Prof. Oey Liang Lee
Manajemen yakni suatu ilmu dan seni untuk dapat merencanakan, mengkoordinasi, mengorganisasikan dan juga mengarahkan sehingga mampu mengawasi manusia dengan bantuan alat-alat sehingga dapat mencapai suatu tujuan yang akan dicapai.


2. Menurut Stoner
Manajemen yakni suatu proses dalam membuat suatu perencanaan, pengorganisasian, pengendalian serta memimpin berbagai usaha dari anggota organisasi dan juga menggunakan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.


3. Menurut Kreitner
Manajemen yakni suatu proses pemecahan masalah untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif melalui penggunaan sumber daya secara efisien dalam lingkungan.


4. Menurut Wilson
Manajemen yakni sebuah rangkaian tindakan yang dilakukan oleh para anggota organisasi dalam upaya mencapai sasaran organisasi. Proses merupakan suatu rangkaian aktivitas yang dijalankan dengan sistematis.


5. Menurut Geoge Robert Terry
Manajemen yakni suatu proses khas dari beberapa tindakan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. Adapaun tindakan tersebut akan bertujuan untuk dapat mencapai suatu target dengan memanfaatkan semua sumber daya yang tersedia.

Baca Juga  Organisasi Adalah

 


Fungsi Manajeman

1. Fungsi Perencanaan
Fungsi perencanaan (planning) yakni suatu proses untuk memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan dapat dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaan secara menyeluruh dengan menggunakan cara yang paling efektif dan terbaik.


2. Fungsi Pengarahan
Fungsi pengarahan yakni suatu proses yang dapat menciptakan lingkungan kerja yang dinamis dan sehat sehingga mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam bekerja suatu instansi. Salah satu contoh dari kegiatan pengarahan adalah suatu pemberian motivasi kepada anggota kelompok atau memberikan arahan tugas dengan mengunakan penjelasan secara rutin dan lengkap.


3. Fungsi Penempatan
Fungsi penempatan yakni proses untuk dapat menempatkan sumber daya yang tersedia sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Maka dari itu, proses akan mencapainya sebuah tujuan dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien.


4. Fungsi Pengendalian
Fungsi pengendalian yakni suatu proses yang dapat dilakukan agar setiap proses dalam manajemen berjalan dengan optimal dan sesuai rencana, maka perlu diberlakukan fungsi pengendalian agar lebih terkontrol.

 


Manfaat Manajemen

  1. Memberikan tingkat kedisiplinan dan formalitas kepada manajemen.
  2. Menciptakan kerangka kerja komunikasi internal dengan orang lain.
  3. Mendorong terciptanya sikap positif yang ada didalam diri.
  4. Meningkatkan kesadaran akan ancaman eksternal yang akan dihadapi.
  5. Menjadikan kita lebih  kooperatif, terintegrasi, dan antusias untuk dapat menghadapi masalah dan menciptakan sebuah peluang.
  6. Membantu dalam membuat strategi yang lebih baik, efektif dan efisien.
  7. Mengetahui dengan lebih baik mengenai strategi pesaing sehingga kita akan lebih mudah menghadapinya.
  8. Mendorong pemikiran ke arah masa depan dengan mempelajari rencana yang akan kita hadapi.

Tujuan Manajemen

  1. Senantiasa dapat melakukan inovasi yang baru atas kegiatan agar lebih tersusun rapih.
  2. Melaksanakan dan mengevaluasi strategi yang kita pilih secara efektif dan efisien.
  3. Senantiasa harus selalu memperbaharui strategi dengan mengikuti perkembangan dunia eksternal.
  4. Mengevaluasi kinerja, meninjau, dan mengkaji ulang situasi serta melakukan berbagai penyesuaian dan koreksi.
  5. Senantiasa meninjau kembali kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman peluang yang ada.
Baca Juga  Manajemen SDM

 


Jenis – Jenis Manajemen

  • Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen Sumber Daya Manusia ini sendiri mempunyai fungsi untuk mendapatkan sumber daya manusia (SDM) terbaik untuk menjalankan perusahaan ataupun bisnis yang sedang dijalankan serta bagaimana mengatur serta memelihara SDM terbaik.


  • Manajemen Produksi

Manajemen produksi yakni suatu cabang dari ilmu manajemen yang memiliki fungsi untuk mengkoordinasi semua kegiatan untuk mencapai tujuan.


  • Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan mempunyai fungsi untuk memastikan jika kegiatan bisnis yang dilakukan benar benar dapat memaksimalkan pencapaian tujuan perusahaan secara ekonomi , dimana profit itu sendiri yang menjadi tolak ukurnya.


  • Manajemen Operasi

Manajemen operasi yakni suatu wilayah bisnis yang hanya memiliki fokus pada proses produksi serta memastikan pemeliharaan dan perkembangan dapat berlangsung secara efisien dan efektif.


  • Manajemen Informasi

Manajemen informasi yakni dijadikan sebagai perencanaan bagian dari pengendalian internal sebuah bisnis yang terdiri dari dokumen, teknologi, manusia serta prosedur oleh akutansi untuk pemecahan masalah seperti layanan, biaya produk dan strategi bisnis.


Unsur – Unsur Manajemen

  • Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia merupakan sumber paling utama dalam melakukan kegiatan manajemen karena untuk dapat membuat rencana dan tujuan yang ingin dicapai. Sedangkan, apabila tidak ada sumber daya manusia semua kegiatan yang sudah dirancang tidak akan berjalan lancar.


  • Mesin (Mechine)

Mesin juga salah satu bagian yang dapat dikatakan penting dalam kegaitan manajemen karena untuk dengan adanya mesin akan memudahkan para pekerja dalam menyelesaikan pekerjaannya dengan cepat, efektif dan efisien.


  • Keuangan (Money)

Keuangan juga dapat berpengaruh besar terhadap perusahaan. Segala kegiatan yang sudah dirancang sesuai rencana dapat dijalankan dengan baik apabila perusahaan mempunyai modal yang cukup. Sehingga perusahaan juga akan lebih mudah untuk menjalankan segala kegiatannya yang mengharuskan mempunyai masalah keuangan yang baik.

Baca Juga  Manajemen Kinerja

  • Metode (Method)

Metode yang digunakan untuk dapat menjalankan proses manajemen dapat dilakukan dengan pemikiran manusia. Sehingga metode dapat membuat proses tersebut lebih mudah dan cepat selesai dalam mencapai tujuan yang efisien.


  • Bahan (Material)

Material digunakan untuk dapat melakukan proses mencapai sebuah tujuan memiliki persediaan bahan baku sangatlah dibutuhkan.


  • Pasar (Market)

Proses pemasaran produk adalah unsur manajemen penentu bagi suatu perusahaan. Apabila tidak ada sistem pemasaran maka barang tidak akan laku.Itulah kenapa proses pemasaran sangat berkaitan dengan kualitas barang yang dipasarkan.

 


Prinsip Manajemen

  1. Pembagian kerja (division of work)
  2. Tata tertib (order)
  3. Wewenang dan tanggung jawab (authority and responsibility)
  4. Disiplin (dicipline)
  5. Kesatuan perintah (unity of command)
  6. Keadilan (equity)
  7. Kesatuan pengarahan (unity of direction)
  8. Semangat kesatuan (esprits de corps)
  9. Pembayaran upah yang adil (renumeration)
  10. Hierarki(hierarchy)
  11. Pemusatan (centralisation)
  12. Inisiatif (Inisiative)
  13. Stabilitas kondisi karyawan (stability of tenure of personnel)

Demikianlah pembahasan artikel mengenai √ Manajemen : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Manfaat, Jenis, Unsur & Prinsipnya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :