Bisnis Adalah

Diposting pada

Materi.Co.ID – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini Materi.Co.ID akan membahas mengenai artikel yang berjudul Bisnis. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Bisnis


Pengertian Bisnis

Bisnis adalah suatu kegiatan yang dapat dilakukan oleh perorangan maupun organisasi yang dapat melibatkan aktivitas produksi, penjualan maupun pertukaran barang atau jasa. Tujuan bisnis ini juga agar mendapatkan keuntungan atau laba.

 


Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli

1. Menurut Prof.Owen
Bisnis yakni suatu perusahaan yang akan melakukan hubungan antara sistem distribusi dan produksi barang-barang yang nantinya akan diperjual belikan ke pasaran ataupun dapat memberikan harga yang sesuai pada setiap jasanya yang sudah disepakati bersama.


2. Menurut Louis E. Boone (2007:5)
Bisnis yakni seluruh aktivitas dan usaha untuk mencari keuntungan dengan menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan bagi sistem perekonomian, beberapa bisnis memproduksi barang berwujud sedangkan yang lain memberikan jasa.


3. Menurut William Spregal
Bisnis yakni segala aktivitas yang berkaitan dengan produksi dan penjualan barang-barang ataupun jasa dapat diklasifikasikan dalam aktivitas-aktivitas bisnis.


4. Menurut Mahmud Machfoed
Bisnis yakni usaha perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen.


5. Menurut L.R DickseeMenurut-nya (L.R Dicksee)
Bisnis yakni sebuah bentuk dari suatu aktivitas yang bertujuan untuk mendapatkan suatu keuntungan (laba) dari yang berkepentingan dalam terjadinya aktivitas bisnis tersebut.

 


Jenis – Jenis Bisnis

  • Bisnis Jasa
Baca Juga  Manajemen Kinerja

Bisnis jasa yakni suatu usaha yang kegiatannya dapat menciptakan dan menjual produk tak berwujud, yaitu jasa, untuk menghasilkan keuntungan.


  • Bisnis Pertanian

Bisnis pertanian yakni suatu usaha di bidang pertanian atau agro bisnis yang meliputi pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, dan lain-lain.


  • Bisnis Manufaktur

Bisnis manufaktur yakni suatu usaha bisnis yang memproduksi produk yang berasal dari barang mentah atau komponen-komponen, kemudian dijual untuk mendapatkan keuntungan.


  • Bisnis Online

Bisnis online yakni suatu usaha bisnis yang dilakukan secara online lewat internet. Pada saat melakukan bisnis online, barang apa saja dapat diperjuabelikan layaknya pada bisnis pada umumnya. Untuk bisa berbisnis secara online, banyak media yang bisa dimanfaatkan, salah satunya adalah website, facebook, twitter, instagram, path, blog dan lainnya.


  • Bisnis Komunikasi

Bisnis komunikasi yakni suatu usaha bisnis di bidang komunikasi yang membantu masyarakat dalam hal komunikasi dan informasi. Misalnya televisi, radioa, telepon, dan lainnya.


  • Distributor dan Pengecer

Bisnis distibutor yakni suatu usaha bisnis yang bergerak di bidang niaga sebagai perantara antara produsen dan konsumen secara langsung. Kamu bisa melihat bentuk bisnis ini pada toko waralaba.


  • Bisnis Konstruksi

Bisnis konstruksi yakni suatu kegiatan usaha yang dapat bergerak dalam proses pembangunan atau infrastruktur. Contohnya saja rumah, bandara, jalan raya, gedung, dan lain sebagainya.

 


Tujuan Bisnis

  • Mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya.
  • Tanggung jawab sosial.
  • Mengatasi berbagai macam resiko yang dihadapi.
  • Untuk dapat memperlihatkan prestise dan prestasi.
  • Pemenuhan dalam kebutuhan masyarakat atau konsumen.
  • Pertumbuhan dan perkembangan yang dapat berkelanjutan.
  • Untuk mendapatkan keuntungan dari berbagai macam kegiatan bisnis.

 


Manfaat Bisnis

1. Mempunyai kesempatan untuk menjadi bos
Mempunyai bisnis sendiri adalah salah satu impian agar dapat menjadi bos untuk diri sendiri. Karena dengan berbisnis akan menjadi penentu dan pemimpin bisnis sendiri. Besar kecilnya bisnis dapat ditentukan dengan kemampuan anda menjadi bos.

Baca Juga  Manajemen Operasional

2. Mendapatkan penghargaan dan keuntungan
Penghargaan ataupun pengakuan dapat diperoleh dengan berbisnis. Dengan adanya bisnis yang berhasil dan tumbuh dan berkembang serta memberikan dampak positif kepada masyarakat akan memberikan anda pengakuan positif dari masyakat itu sendiri.


3. Mengatur Waktu Jam Kerja Sendiri
Keuntungan yang lebih apabila kita mempunyai bisnis adalah dapat mengatur waktu kerjanya sendiri, sedangkan jika kita berkeja dengan orang tentunya jam kerja sudah ditentukan oleh dimana tempat anda berkerja.


4. Menggaji diri sendiri
Kamu dapat mengaji dirimu sendiri tanpa harus menunggu awal bulan yang biasanya para pekerja di gaji pada saat awal bulan. Karna kamu sendiri yang akan menentukan penghasilan anda sendiri.


5. Memiliki masa depan yang cerah
Akan mempunyai jaminan masa depan cerah jika bisnis yang dilakoni sudah berada dalam tingkatan yang maju dan senantiasa lancar dan semakin berkembang setiap bulannya.

 


Fungsi Bisnis

  • Fungsi Pemasaran

Fungsi pemasaran adalah fungsi bisnis pada saat penyimpanan dan pemasaran, dimana barang yang diproduksi pada saat itu dapat dikatakan kurang bermanfaat bagi para konsumen dan nantinya barang tersebut akan dikeluarkan pada saat barang tersebut lebih mempunyai manfaat untuk konsumen atau masyarakat.


  • Fungsi Produksi

Fungsi produksi adalah suatu proses produksi dimana sebuah bisnis dapat menghasilkan suatu barang atau jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.


  • Fungsi Penjualan

Fungsi penjualan adalah suatu proses bisnis saat melakukan penjualan atau ketika perusahaan menjualkan barang atau jasanya kepada para konsumen.


  • Fungsi Distribusi

Fungsi distribusi adalah suatu proses distribusi dimana sebuah bisnis dapat menyalurkan atau mendistribusikan barangnya atau jasa ke beberapa lokasi atau wilayah terdekat yang sudah disepakati bersama atau dapat dijangkau oleh para konsumen atau masyarakat.

Baca Juga  Manajemen Pemasaran

 


Komponen – Komponen Bisnis

  1. Perantara Pelanggan (customer interface), yakni dukungan dan pemenuhan, informasi yang mendalam, dinamika hubungan, dan struktur harga.
  2. Strategi Inti (core strategy), yakni visi dan misi bisnis, meliputi hal yang diharapkan dari bisnis yang bersifat ideal.
  3. Jaringan Nilai (value network), yakni jaringan nilai yang ada di sekitar perusahaan sehingga memperkuat dan melengkapi sumber daya yang dimiliki perusahaan.
    Sumber Daya Strategis (strategic resources) yang terdiri dari kompetensi inti, aset strategis, dan proses utama.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai √ Bisnis : Pengertian, Tujuan, Jenis, Manfaat, Fungsi & Komponennya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :