√ Virus : Pengertian, Ciri, Reproduksi, Struktur dan Jenisnya Lengkap

Diposting pada

√ Virus : Pengertian, Ciri, Reproduksi, Struktur dan Jenisnya Lengkap

 

 

Materi.Co.ID – Hay hay bertemu lagi dengan artikel materi.co.id . Kali ini kita akan membahas tentang virus. Simak ulasan lengkap nya dibawah ini

 

√ Virus : Pengertian, Ciri, Reproduksi, Struktur dan Jenisnya Lengkap
√ Virus : Pengertian, Ciri, Reproduksi, Struktur dan Jenisnya Lengkap

 


 

Pengertian Virus

 

Virus merupakan parasit mikroskopik yang mengkontaminasi sel organisme biologis. Istilah virus biasanya mengarah pada partikel-partikel yang menginfeksi sel-sel eukariota (organisme multisel dan banyak jenis organisme sel tunggal).

Virus bersifat parasit obligat, hal tersebut dikarenakan virus hanya bisa bereproduksi di dalam material hidup dengan menyerang dan memanfaatkan sel makhluk hidup sebab virus tidak memiliki perlengkapan seluler untuk bereproduksi sendiri.

Umumnya virus mengandung sejumlah kecil asam nukleat (DNA atau RNA, namun tidak kombinasi keduanya) yang diselubungi sejenis bahan pelindung yang terdiri dari protein, lipid, glikoprotein, atau kombinasi ketiganya. Genom virus akan diungkapkan menjadi baik protein yang digunakan untuk memuat bahan genetik maupun protein yang diperlukan dalam daur hidupnya.

 


 

Ciri – Ciri Virus

 

  • Virus hanya mempunyai satu jenis asam nukleat yang diselubungi dengan kapsid atau selubung protein. Asam nukleat tersebut yakni DNA atau RNA.
  • Virus mempunyai ukuran yang sangat kecil, yakni antara 25 – 300 nm.
  • Untuk 1 nm sama dengan 10-9 m)
  • Tubuh dari virus ini tidak memiliki bentuk sel. Sehingga virus ini tidak mempunyai inti sel, membran plasma, dan sitoplasma.
  • Virus hanya bisa hidup dan berkembang biak pada sel hidup atau dikenal sebagai parasit intraseluler obligat.
  • Virus termasuk suatu makhluk metaorganisme (suatu bentuk peralihan antara benda mati atau mempunyai sifat yang bisa dikristalkan dan makhluk hidup atau dapat berkembang biak).
  • Virus mempunyai beberapa bentuk tubuh. Bentuk tubuh dari virus tersebut yaitu bulat, batang, bentuk T, dan silindris.
Baca Juga  Pengertian Teks Prosedur Kompleks , Ciri , Kaidah dan Contoh Terlengkap

 


 

Sifat – Sifat Virus

 

  • Hanya mempunyai satu jenis asam nukleat ADN/ARN dengan selubung protein.
  • Virus mempunyai ukuran yang sangat kecil, dalam ukuran milimikorn. Dengan ukuran tersebut, virus hanya bisa dilihat menggunakan mikroskop elektron.
  • Virus tidak mempunyai membran sel, sitoplasma, dan inti sel sebab virus bukan termasuk sel.
  • Virus tidak bisa hidup sendiri dan selalu memerlukan organisme hidup lain.
  • Virus mempunyai bentuk dan ukuran yang beragam dan hanya akan aktif pada organ/makhluk yang spesifik.

 


 

Reproduksi Virus

 

1.Daur litik

Daur litik yang dilakukan oleh birus yaitu sebagai berikut :

  • Virus menempel pada bakteri
  • Dinding sel bakteri dilarutkan dengan enzim virus tersebut , DNA virus dimasukan kedalam bakteri. Proses ini disebut dengan penetrasi
  • DNA virus akan mengambil alih tugas dari DNA bakteri dan  kemudian menggunakan mabolik bakteri untuk menciptakan komponen virus seperti ekor kapsid, seraput ekor dan juga kepala Virus yang baru terbentuk melepaskan enzim lisoimya untuk menghancurkan dinding sel bakteri. Sesudah dinding bakteri hancur atau lisis, birus-virus baru bisa keluar dan menyerang sel-sel bakteri lainnya. Akhirnya,bakteri mengalami kematian.

 

2.Daur lisogenik

Tak semua virus yang masuk kedalam sel makhluk hidup lain langsung menghancurkan dinding sel tersebut dan membuat sel tersebut lisis. DNA virus yang masuk dalam dakteri menjadi bagian DNA inang dengan rekomendasi . walaupun menjadi bagian DNA inang, namun virus tidak langsung mengambil alih metabolism sel inang.

 


 

Jenis – Jenis Virus

 

1. Jenis Virus Berdasarkan International Comittee On Taxonomy Of Viruses (ICTV)

Taksonomi virus terdiri atas 4 tingkatan, yaitu sebagai berikut :

  • Ordo
  • Famili
  • Genus
  • Spesies

Contoh : Virus Ebola : Ordo = Mononegavirales à Famili = Filoviridae à Genus = Filovirus à Spesies = Ebola Virus Zaire.

Baca Juga  √ Bakteri : Pengertian, Struktur, Reproduksi dan Klasifikasinya Lengkap

 

2. Jenis Virus Berdasarkan Asam Nukleatnya

Ribovirus yaitu virus yang bahan inti (asam nukleat)nya berupa RNA. Contoh dari anggota ribovirus ialah Rhabdo virus (penyebab rabies).
Deoksiribovirus yakni salah satu virus yang bahan inti (asam nukleat)nya berupa DNA. Contohnya ialah pox virus (penyebab cacar).

 

3. Jenis Virus Berdasarkan Jenis Inangnya

Bakteriovage yaitu virus yang sel inangnya bakteri. Virus ini umumnya mempunyai bahan inti berupa DNA Contohnyaialah t4 virus yang menyerang bakteri E.Coli .

  • Virus Mikroorganisme Eukariot merupakan virus yang menjangkit organisme eukariot. Kebanyakan mempunyai bahan inti berupa RNA. Contonya ialah virus yang menyerang protista dan jamur.
  • Virus Tumbuhan yakni virus yang sel inangnya merupakan tumbuhan. Kebanyakan mempunyai bahan inti berupa RNA. Contohnya ialah tobacco mosaic virus, yaitu virus yang menyerang tembakau.
  • Virus Hewan ialah suatu virus yang sel inangnya ialah sel hewan atau sel manusia. Virus hewan bisa mempunyai bahan inti DNA atau RNA. Contohnya ialah Rhabdo virus (rabies) pada anjing yang juga dapat menyerang manusia.

 


 

Struktur Tubuh Virus

 

  • Bagian kepala

Bagian ini dibalut dengan selubung protein yang disebut kapsid, yaitu sebagai pemberi bentuk tubuh virus. Kapsid memiliki bentuk selubung yang terdiri atas monomer identik dan masing-masing terdiri rantai polipeptida.

 

  • Isi tubuh

Tubuh virus terdiri dari materi genetik/ molekul pembawa sifat-sifat yang bisa diturunkan berwujud ADN atau ARN saja. Virus yang isi tubuhnya berupa ADN antara lain: Herpes virus, Papova virus, Adeno virus, dan Pox virus. Sedangkan tubuhnya yang isinya ARN di antaranya: Rhabdo virus, Reovirus, Paramyxo virus, Picorna virus, dan Toga virus. Dalam tubuh, virus tidak memiliki organel-organel sel seperti mitokondria, ribosom dan lain sebagainya.

Baca Juga  √ Definisi : Pengertian , Ciri , Tujuan , Syarat dan Jenis Lengkap

 

  • Ekor

Ekor ialah alat untuk kontak mengarah tubuh organisme yang diserangnya. Ekor terdiri dari tabung berganjal yang dilengkapi oleh serabut-serabut/ benang-benang. Wujud dari virus ini sangat beragam.

 

 


Demikianlah bahasan kita mengenai virus. Terima kasih bagi yang menyempatkan waktu untuk membaca dan mampir di artikel √ Virus : Pengertian, Ciri, Reproduksi, Struktur dan Jenisnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu 🙂

Baca Juga Artikel Lainnya