Etika Adalah

Diposting pada

Materi.Co.ID – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini Materi.Co.ID akan membahas mengenai artikel yang berjudul Etika. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Etika


Pengertian Etika

Etika adalah suatu ilmu yang mempelajari mengenai kesusilaan dan perilaku manusia di dalam lingkunganya dengan sesama yang akan menyangkut prinsip dan aturan tentang tingkah laku yang benar.

 


Pengertian Etika Menurut Para Ahli

1. Menurut A. Mustafa
Etika yakni suatu ilmu yang menyelidiki tentag suatu perilaku yang baik dan yang buruk dengan memerhatikan perbuatan manusia sejauh apa yang diketahui oleh akal dan pikiran manusia.


2. Menurut Prof. DR. Franz Magnis Suseno
Etika yakni salah satu jenis cabang ilmu pengetahuan yang dapat memberikan arahan, pijakan, dan juga acuan pada keseluruhan tindakan manusia.


3. Menurut Drs. H. Burhanudin Salam
Etika yakni sebuah cabang ilmu filsafat yang membicarakan perihal suatu nilai-nilai serta norma yang dapat menentukan suatu perilaku manusia ke dalam kehidupannya.


4. Menurut James J. Spillane SJ
Etika yakni suatu untuk mempertimbangkan atau memperhatikan tingkah laku manusia dalam mengambil suatu keputusan yang berkaitan dengan moral. Etika lebih menggunakan akal budi manusia dengan objektivitas untuk dapat menentukan benar atau salahnya tingkah laku seseorang yang sudah dilakukannya.


5. Menurut K. Bertens
Etika yakni suatu moral dalam menentukan atau menilai seseorang yang akan menjadi suatu acuan bagi umat manusia secara baik secara individual atau kelompok dalam mengatur semua tingkah lakunya sesuai dengan norma-norma yang sudah ditetapkan.

Baca Juga  Demokrasi Adalah

 


Ciri – Ciri Mutlak

  1. Etika sifatnya mutlak.
  2. Etika berkaitan sangat erat dengan perilaku manusia.
  3. Etika memiliki cara pandang dari akal sehat seseorang manusia.
  4. Etika tetap berjalan walaupun orang lain tidak ada yang melihatnya.
  5. Etika menilai baik buruknya perilaku seseorang.

 


Macam – Macam Etika

  • Etika Teologis

Etika teologis adalah suatu etika yang mengajarkan hal baik dan juga mana hal yang buruk berdasarkan agama dan kepercayaan. Orang yang beragama, tentunya mempunyai keyakinan bahwa tidak mungkin ada moral yang dibangun tanpa adanya peran serta dari agama.


  • Etika Filosofis

Etika filosofis adalah suatu etika yang dilihat dari sudut ilmu filsafati. Etika ini memberikan gambaran tentang pokok-pokok etika ataupun moral menurut pandangan dari cabang ilmu filsafat, baik itu baik-buruk, masalah hak-kewajiban, dan juga termasuk masalah nilai-nilai moral yang paling mendasar.

Terdapat sifat etika filosofi, yaitu:

1. Non Empiris, yaitu filsafat yang berusaha melampaui hal konkret dengan seolah-olah menanyakan sesuatu yang ada di balik semua gejala konkret.
2. Empiris, yaitu cabang filsafat yang membahas sesuatu yang ada atau konkret. Misalnya filsafat hukum yang mempelajari mengenai hukum.


  • Etika Deskriptif

Etika deskriptif adalah suatu etika ini mengajarkan sudut pandang untuk melihat sesuatu secara rasional (kritis) terhadap perilaku manusia serta apa yang dikejar oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari, supaya kehidupannya lebih bernilai.


  • Etika normatif

Etika normatif adalah suatu jenis etika yang berusaha menetapkan berbagai tingkah laku dan pola perilaku baik yang seharusnya dimiliki oleh manusia dalam kehidupan sebagai sesuatu yang mempunyai nilai moral.


Manfaat Etika

  • Mencegah campur tangan dari pihak luar.
  • Memberi rasa tanggung jawab.
  • Melindungi hak-hak anggota dan pekerja
  • Dapat dijadikan pedoman.
  • Digunakan sebagai untuk kontrol sosial.
  • Digunakan sebagai rujukan dalam penyelesaian berbagai masalah, baik itu masalah internal maupun eksternal.
Baca Juga  Perjanjian Internasional

 


Fungsi Etika

  • Untuk menunjukkan kemampuan intelektual yang dapat bernalar secara rasional dan kritis.
  • Untuk orientasi etis ini perlu untuk mengambil sikap yang masuk akal dalam suasana pluralisme.
  • Tempat orientasi kritis yang berurusan dengan berbagai moralitas yang membingungkan.

 


Contoh Etika

  • Terlambat datang ke sekolah, kantor dan lain-lain
  • Memberi salam saat bertamu ke rumah seseorang.
  • Menghormati orang yang lebih tua.
  • Mengucapkan terima kasih saat mendapat bantuan dari orang lain.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai √ Etika : Pengertian, Ciri, Macam, Manfaat, Fungsi & Contohnya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :