Keadilan Adalah

Diposting pada

Materi.Co.ID – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini Materi.Co.ID akan membahas mengenai artikel yang berjudul Keadilan. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Keadilan


Pengertian Keadilan

Keadilan adalah suatu istilah yang banyak digunakan untuk menggambarkan kondisi yang seimbang atau pun tidak memihak / berat sebelah.

Keadilan dapat juga diartikan sebagai suatu hal yang saling berkaitan dengan sikap dan tindakan dalam hubungan antar manusia yang berisi sebuah tuntutan agar antar sesama mendapatkan perlakuan sesuai hak dan kewajibannya.

 


Pengertian Keadilan Menurut Para Ahli

1. Menurut Socrates
Keadilan yakni suatu keadaan di mana warga negara merasakan bahwa pihak pemerintah sudah melaksanakan tugasnya dengan baik.


2. Menurut W.J.S. Poerwodarminto
Keadilan yakni suatu tindakan yang tidak berat sebelah, dalam arti seimbang atau tidak memihak, dan yang sepatutnya tidak sewenang-wenang.


3. Menurut Thomas Hubbes
Keadilan yakni sebuah keadaan dimana ada suatu perjanjian yang kemudian isi perjanjian tersebut dijalankan sesuai dengan aturan yang berlaku tanpa berat sebelah.


4. Menurut Franz Magnis Suseno
Keadilan yakni suatu keadaan dimana sesama manusia saling menghargai hak dan kewajiban masing-masing yang membuat keadaan menjadi harmonis.


5. Menurut Plato
Keadilan yakni apa yang ada di luar kemampuan manusia biasa, yang mana kondisi ini hanya dapat tercapai dengan cara menjalankan hukum dan juga undang – undang yang dibuat oleh para ahli.

 


Klasifikasi Jenis – Jenis Keadilan

1. Keadilan Sosial
Keadilan sosial adalah suatu keadilan yang pelaksanaannya dapat diukur berdasarkan struktur kekuasaan yang ada dalam masyarakat. Adanya keadilan sosial ini mampu dilihat dari sedikitnya/ketiadaan masalah dalam ketidakadilan dalam masyarakat. Membangun keadilan sosial berarti dapat menciptakan struktur yang memungkinkan pelaksanaan keadilan sosial yang juga dapat dinilai dari meratanya pembangunan di berbagai daerah sehingga hasilnya dapat dinikmati seluruh warganya.

Baca Juga  Demokrasi Terpimpin

2. Keadilan Individual
Keadilan individual adalah suatu keadilan yang terdiri berdasarkan sesuai dengan kehendak baik atau buruk masing-masing individu. Contohnya, seorang orang tua memberikan uang saku kepada anaknya, sesuai kebutuhannya. Apabila orang tua memberikan uang saku yang sama rata kepada semua anaknya, tindakan orang tua tersebut dapat dikatakan tidak adil meskipun ia memberi secara sama rata.

 


Macam – Macam Keadilan

1. Keadilan Kreatif
Keadilan kreatif merupakan suatu keadilan yang dapat memberikan masing-masing orang dengan berdasarkan bagiannya yang berupa suatu kebebasan untuk dapat menciptakan kreativitas yang dimilikinya dalam berbagai bidang kehidupan.

2. Keadilan Komunikatif
Keadilan komunikatif merupakan suatu keadilan yang memberikan kepada masing-masing orang terhadap apa yang menjadi bagiannya dengan berdasarkan suatu hak seseorang pada suatu objek tertentu.

3. Keadilan Protektif
Keadilan protektif merupakan suatu keadilan yang memberikan perlindungan kepada setiap warga. Dengan kata lain keamanan dan kehidupan mereka yang wajib untuk dilindungi dari tindakan sewenang-wenang pihak lain.

4. Keadilan Legal
Keadilan legal merupakan suatu keadilan menurut undang-undang dimana objeknya ialah masyarakat yang dilindungi UU untuk kebaikan secara bersama ataupun banum commune.

5. Keadilan Disributif
Keadilan distributif adalah suatu keadilan yang dapat memberikan kepada masing-masing orang apa yang menjadi haknya, yang mana subjek kewajiban adalah masyarakatnya itu sendiri, sedangkan subjek haknya adalah individu.

6. Keadilan Vindikatif
Keadilan vindikatif merupakan suatu keadilan yang memberikan hukuman ataupun denda yang sesuai dengan pelanggaran atau[un kejatahannya.

 


Ciri – Ciri Keadilan

  • Menghargai dan menghormati pendpat orang lain.
  • Jujur dan demokratis dalam kehidupan.
  • Toleran dalam menerima saran dan kritik yang bersifat konstruktif.
  • Ikhlas dalam melakukan perbuatan.
  • Tidak memihak kepada siapapun.
Baca Juga  Negara Adalah

Demikianlah pembahasan artikel mengenai √ Keadilan : Pengertian, Ciri, Macam & Klasifikasinya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :