Hubungan Internasional

Diposting pada

Materi.Co.ID – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini Materi.Co.ID akan membahas mengenai artikel yang berjudul Hubungan Internasional. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Hubungan Internasional


Pengertian Hubungan Internasional

Hubungan internasional adalah suatu ilmu yang akan mempelajari hubungan antarnegara, termasuk peran sejumlah negara, organisasi antar pemerintah, organisasi non-pemerintah internasional, organisasi non-pemerintah, dan perusahaan multinasional untuk dapat melakukan kerjasama dengan dilakukan secara baik dan resmi.

 


Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli

1. Menurut Raymon Aron
Hubungan internasional yakni suatu hubungan yang terjadi antar politik yang masing-masing dari mereka telah mengakui bahwa negaranya yang berhak untuk dapat menjadi penengah bagi keputusan untuk berperang atau tidak dalam menentukan keadilan suatu negara.


2. Menurut Suwardi Wiraatmaja
Hubungan internasional yakni suatu ilmu sintesa yang menggambungkan, menyatukan serta memadukan berbagai disiplin yang mempunyai perhatian terhadap suatu masalah internasional.


3. Menurut Couloumbis
Hubungan internasional yakni suatu ilmu yang akan mempelajari sebagian pola-pola aksi dan reaksi diantara negara-negara berdaulat dimana perilaku elit pemerintah merupakan indikatornya sebagai menengah untuk dapat memberikan keputusannya.


4. menurut Robert Gilpin
Hubungan internasional yakni suatu ilmu yang mempelajari tentang ilmu-ilmu ekonomi politik internasional yang mengarah pada politik keamanan militer yang seimbang.


5. Menurut Umar Suryadi Bakri
Hubungan internasional yakni suatu kumpulan dari cabang-cabang ilmu pengetahuan yang memiliki perhatian terhadap suatu masalah-masalah internasional.

Baca Juga  Bola Basket

 


Tujuan Hubungan Internasional

  • Menghasilkan karya ilmiah yang bermanfaat di bidang sosial, ekonomi, politik.
  • Meningkatnya kualitas sarana dan prasarana pendidikan agar dapat menciptakan iklim pembelajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang semakin kondusif.
  • Menghasilkan lulusan Hubungan Internasional yang profesional dan berjiwa wirausaha dengan mempunyai keterampilan dan kemampuan untuk di bidang ekonomi politik internasional.
  • Terbangunnya jejaring kerja yang kuat di tingkat nasional, regional dan global untuk dapat mendukung dalam pelaksanaannya dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Menghasilkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan, kesejahteraan, kemandirian dan keterampilan masyarakat.

 


Manfaat Hubungan Internasional

  1. Melindungi dan menjaga independensi suatu negara.
  2. Tingkatkan pendapatan pemerintah.
  3. Menciptakan organisasi internasional bersama.
  4. Lebih banyak perdamaian di antara negara-negara di dunia.
  5. Memberikan devisa tambahan untuk negara.
  6. Hasilkan koordinasi ekonomi yang ditargetkan.
  7. Melindungi dan menjaga independensi suatu negara.
  8. Perluasan jaringan dan penggunaan suatu area.

 


Macam – Macam Hubungan Internasional

  1. Hubungan multilateral adalah suatu kerja sama yang dilakukan oleh beberapa negara, yang mana contohnya ialah perserikatan bangsa-bangsa.
  2. Hubungan milateral adalah suatu kerja sama yang terjalin antara dua negara, contohnya Indonesia dan Malaysia. Kerja sama ini bertujuan untuk dapat melakukan kerja sama dan membangun sebuah mitra kerja yang terbentuk sesuai dengan kesepakatan.
  3. Hubungan regional adalah suatu kerja sama antarnegara yang sewilayah dan satu kawasan. Tujuan terbentuknya kerja sama ini ialah menciptakan suatu kawasan perdagangan di beberapa wilayah negara tertentu.

 


Sarana Hubungan Internasional

1. Sarana Perdagangan
Sarana Perdagangan merupakan salah satu sarana dengan hubungan yang akan diperlukan untuk memperoleh manfaat ekonomi antar pihak-pihak yang berkepentingan, sehingga suatu negara dapat memproduksi dan mengkonsumsi semua kebutuhan negaranya sendiri.

Baca Juga  Demokrasi Liberal

2. Sarana Diplomasi
Sarana Diplomasi merupakan salah satu hubungan untuk memperjuangkan kebijakan nasional dalam konteks hubungan internasional sehingga dapat dikerahkan untuk mencapai tujuan nasional yang saling berhubungan dengan negara lain.

3. Sarana Militer
Sarana militer merupakan suatu sarana hubungan antarbangsa melalui latihan kemiliteran bersama dalam rangka memperkuat pertahanan negara-negara yang terlibat diplomasi. Latihan militer bersama juga merupakan wujud adanya kesepakatan untuk mengantisipasi serangan yang mungkin melanda salah satu pihak.

4. Sarana Propaganda
Sarana propaganda merupakan suatu usaha sistematis yang dapat dilakukan untuk mempengaruhi pikiran, emosi, dan tindakan kelompok demi memenuhi masyarakatnya daripada mementingkan dirinya sendiri. Propaganda tidak dapat dilakukan untuk mensinergikan kepentingan yang bertentangan.

 


Asas Hubungan Internasional

  1. Asas Kepentingan Umum merupakan suatu asas yang dapat menyatakan bahwa suatu negara mempunyai hak atas melindungi dan mengatur semua kepentingan dan kebutuhan warganya sesuai dengan kesepakatan bersama.
  2. Asas Teritorial merupakan suatu asas yang menjelaskan bahwa suatu negara memiliki hak atau kewenangan untuk memberikan suatu hukuman kepada setiap pelanggar hukum.
  3. Asas Persamaan Derajat merupakan suatu asas yang dapat menerangkan mengenai suatu wewenang yang dimiliki oleh semua negara yang masuk dalam anggota hubungan internasional.
  4. Asas Kebangsaan merupakan asas yang mempunyai suatu kekuatan ekstrateritorial yang mana  suatu aturan yang berlaku pada semua warganya yang berada di negara asing sesuai dengan kebijakan yang sudah dibuat dan dilaksanakan secara terorganisir.

 


Ruang Lingkup Hubungan Internasional

1. Low politics issues
Kategori ini saling berkaitan dengan adanya isu-isu seperti: perdagangan obat-obatan terlarang, peredaran senjata gelap, penyelundupan manusia, pemanasan global, kejahatan terorganisir lintas-batas negara dan lain-lain.

2. High politics issues
Kategori ini saling berkaitan dengan adanya isu-isu yang berkaitan dengan keberlangsungan hidup negara. Kategori ini terkandung isu ekonomi, politik dan keamanan.

Baca Juga  Bela Negara

Demikianlah pembahasan artikel mengenai √ Hubungan Internasional : Pengertian, Tujuan, Macam, Manfaat, Sarana, Asas & Ruang Lingkupnya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :