Kedaulatan Adalah

Diposting pada

Materi.Co.ID – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini Materi.Co.ID akan membahas mengenai artikel yang berjudul Kedaulatan. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Kedaulatan


Pengertian Kedaulatan

Kedaulatan adalah suatu hak untuk dapat menguasai suatu wilayah pemerintahan, masyarakat. Sehingga kedaulatan tentunya saling berkaitan erat dengan kekuasaan dan penguasa. Kedaulatan mempunyai kaitan erat dengan negara baik yang berpentuk kerajaan maupun negara yang berbentuk kerepublikan.

 


Pengertian Kedaulatan Menurut Para Ahli

1. Menurut Miriam Budiardjo
Kedaulatan yakni suatu kekuasaan tertinggi untuk membentuk undang-undang dan melaksanakannya dengan semua cara yang tersedia. Sehingga menurut Miriam kedaulatan berhubungan dengan wewenang membuat suatu peraturan atau hukum yang berlaku untuk suatu masyarakat negara.


2. Menurut J.W Garner
Kedaulatan yakni suatu kekuasaan yang paling tertinggi untuk mampu membangun undang-undang dan melaksanakannya dengan segala bentuk dan hakikat unsur konstituenya berdasarkan dengan kebijakan peraturan Undang-Undang.


3. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Kedaulatan yakni kekuasaan tertinggi atas pemerintahan negara, daerah, dan sebagainya.

 


Sifat – Sifat Kedaulatan

  1. Bulat/Tidak Terpecah artinya kedaulatan tidak dapat dibagi-bagi karena akan mengaburkan sifat kedaulatan sebagai kekuasaan tertinggi.
  2. Tidak terbatas artinya menciptakan suatu kedaulatan yang tidak dapat dibatasi oleh apa pun dan oleh siapa pun.
  3. Permanen/Tetap artinya kedaulatan tetap ada selama negara itu tetap berdiri.
  4. Absolut/Asli artinya suatu kedaulatan yang tidak berasal dari kekuasaan lain yang lebih tinggi.

 


Bentuk – Bentuk Kedaulatan

1. Kedaulatan dari segi hukum dan politik

Baca Juga  Keadilan Adalah

Kedaulatan hukum yaitu adanya kekuasaan pihak tertentu untuk dapat menentukan dan menuntut pemenuhan atas hukum yang diberlakukannya terhadap individu-individu yang berada dalam yurisdiksinya.

Kedaulatan hukum dapat diikuti oleh pemerintah yang tentunya harus dijalankan selaras dengan suatu lembaga legislatif, eksekutif, yudikatif serta organ-organ penunjang lainnya. Sedangkan kedaulatan politik yaitu sesuatu yang menyangkut atas kekuasaan rakyat untuk dapat terlibat dalam penentuan kebijakan-kebijakan politik dalam penyelenggaraan kehidupan bernegara dengan berlandaskan Undang-Undang.


2. kedaulatan Internal dan Eksternal

Kedaulatan internal merupakan suatu kekuasaan yang paling tinggi untuk dapat mengatur kehidupan bernegara atau kekuasaan untuk mengatur pemerintahan sendiri tanpa adanya campur tangan negara lain.

Kedaulatan  eksternal merupakan suatu kekuasaan tertinggi untuk dapat mengadakan dan menjalankan hubungan kerja sama dengan negara lain yang saling menguntungkan untuk kepentingan bangsa dan negara berdasarkan Undang-Undang dan kesepakatan yang sama-sama telah disetujui kedua belah pihak.

 


Macam – Macam Kadaulatan

1. Kedaulatan Raja
Kedaulatan suatu negara terletak di tangan raja, karena raja dikatakan sebagai utusan kehendak Tuhan dan juga bayangan dari Tuhan. Agar menciptakan suatu negara yang kuat dan kokoh, seorang raja tentunya juga harus memiliki kekuasaan yang kuat terhadap kepempimpinan di negaranya sendiri.


2. Kedaulatan Negara
Kekuasaan negara yang berasal dari pemerintahan tentunya akan menimbulkan dari kedaulatan negara. Karena bersumber dari kedaulatan negara, maka negara dianggap mempunyai kekuasaan dan kewenangan terhadap negaranya.


3. Kedaulatan Rakyat
Kedaulatan rakyat berasal dari kedaulatan negara yang diperoleh kekuasaan dari rakyatnya. Teori dalam kedaulatan rakyat ini bisa terbilang kedaulatan yang tidak sama dengan teori kedaulatan Tuhan dan tentunya lebih mengemukakan mengenai kenyataan-kenyataan yang tidak sesuai dengan apa yang diajarkan oleh teori kedaulatan Tuhan.

Baca Juga  Politik Adalah

4. Kedaulatan Tuhan
Kedaulatan Tuhan merupakan kedaulatan yang berasal dari Tuhan yang diberikan berdasarkan penguasa suatu negara, karena kehendak Tuhan akan dapat menjelma ke dalam diri raja atau penguasa, Sehingga seorang raja dapat dianggap sebagai utusan Tuhan atau wakil Tuhan (titisan dewa) untuk dapat mengikuti adanya kedaulatan dalam suatu negara.


5. Kedaulatan Elit
Kedaulatan elit dalah suatu kedaulatan yang ada di tangan para penentu politik yang merupakan beberapa orang elit politik. Kedaulatan ini berada ditengah antara kedaulatan negara dan kedaulatan rakyat.


Demikianlah pembahasan artikel mengenai √ Kedaulatan : Pengertian, Sifat, Bentuk & Macamnya Secara Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :