Demokrasi Adalah

Diposting pada

Materi.Co.ID – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini Materi.Co.ID akan membahas mengenai artikel yang berjudul Demokrasi. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Demokrasi


Pengertian Demokrasi

Demokrasi adalah salah satu bentuk pemerintahan yang seluruh rakyatnya harus dapat mempunyai kesetaraan hak dalam keputusan yang dapat mempengaruhi kehidupan warga negara. Asas dalam demokrasi sendiri itu artinya sesuatu yang berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Sehingga apapun keputusan harusnya ada ditangan rakyatnya.

 


Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

1. Menurut John Locke
Demokrasi yakni sebuah bentuk negara yang apabila kekuasaan perundangan undangan diserahkan kepada masyarakat. John Locke adalah seseorang yang sangat menjunjung tinggi HAM.


2. Menurut Samuel Huntington
Demokrasi yakni suatu sistem politik yang dimana yang berhak membuat keputusan kolektif adalah orang orang yang telah terpilih dalam pemilihan umum yang adil dan jujur serta suara yang diperoleh merupakan orang dewasa yang memiliki hak yang sama dalam meberikan suara.


3. Menurut Sidney Hook
Demokrasi yakni sebuah bentuk pemerintahan dimana adanya suatu keputusan penting pemerintahan baik secara langsung maupun tidak langsung didasarkan pada suatu kesepakatan mayoritas yang tercipta dari suara rakyat, sehingga mampu menyalurkan aspirasi dari rakyatnya.


4. Menurut Abraham Lincoln
Demokrasi yakni suatu sistem pemerintahan yang diselenggarakan dari, oleh, dan untuk rakyat. Yang artinya, rakyat merupakan pemegang kekuasaan tertinggi didalam sebuah pemerintahan, dan masing-masing mereka mendapatkan hak-hak yang sama dalam mengatur kebijakan-kebijakan pemerintahan.

Baca Juga  Politik Adalah

5. Menurut Aristoteles
Demokrasi yakni suatu kebebasan atau prinsip demokrasi ialah kebebasan, karena hanya melalui kebebasanlah setiap warga negara bisa saling berbagi kekuasaan didalam negaranya.

 


Ciri – Ciri Demokrasi

  • Adanya jaminan HAM (pasal 28A-J UUD 1945)
  • Jaminan kekuasaan yang telah disepakati bersama
  • Terdapat pemilihan umum secara konsisten dan berkesinambungan.
  • Setiap pemecahan masalah atau pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan cara musyawarah.
  • Adanya suatu perlindungan yang sama untuk hak orang-orang yang masuk dalam golongan minoritas.
  • Solusi atau gagasan dalam pemecahan masalah tidak berasal dari sumber suara terbanyak namun diambil dengan keputusan yang sudah disepakati bersama dalam musyawarah.

 


Prinsip – Prinsip Demokrasi

  1. Dijaminnya Hak Asasi Manusia (HAM)
  2. Adanya kebebasan pers.
  3. Kedudukan rakyat sama dimata hukum.
  4. Adanya pergantian pemerintahan.
  5. Negara berdasarkan konstitusi dan undang-undang.
  6. Kebebasan berserikat dan mengeluarkan pendapat.
  7. Pelaksanaan kedaulatan rakyat sifatnya bebas dan bertanggung jawab.

 


Macam – Macam Demokrasi

  • Demokrasi Berdasarkan Prosesnya :

1. Demokrasi Langsung
Demokrasi langsung merupakan sebuah bentuk demokrasi yang membuat setiap rakyat dari sebuah negara diberi hak memberikan suara atau pendapat dalam menentukan suatu keputusan.

Pada sistem ini, setiap rakyat mewakili dirinya sendiri untuk memilih suatu kebijakan sehingga mereka memiliki pengaruh langsung terhadap keadaan politik yang terjadi. Namun, sistem ini jarang diterapkan di era modern. Hal ini dikarenakan kepadatan penduduk serta kurangnya minat penduduk untuk mempelajari keseluruhan permasalahan politik di negara tersebut.


2. Demokrasi Tidak Langsung
Demkrasi tidak langsung merupakan sebuah bentuk demokrasi dimana seluruh rakyat mendapatkan hal menyuarakan pendapat dengan memilih perwakilan dalam sebuah pemilihan umum.
Contohnya seperti DPR yang dijadikan sebagai perwakilan rakyat dalam menyampaikan aspirasinya.

Baca Juga  Budaya Politik

  • Demokrasi Berdasarkan Bentuknya :

1. Demokrasi substansial
Demokrasi substansial merupakan suatu wujud nilai-nilai demokratis, misalnya, adanya perlindungan terhadap kaum minoritas oleh negara dan masyarakat secara umum.


2. Demokrasi Prosedural
Demokrasi prosedural merupakan suatu proses dalam penyelenggaraandemokrasi. Contohnya Pilkada, Pemilu dan Pilpres.


  • Demokrasi Berdasarkan Ideologinya:

1. Demokrasi Pancasila
Demokrasi pancasila merupakan demokrasi yang berdasarkan pada nilai-nilai pancasila.

2. Demokrasi Liberal
Demokrasi liberal merupakan demokrasi yang berlandaskan dari sebuah kebebasan individu. Negara tidak mempunyai hak atas kekuasan yang penuh, karena pada dasarnya hak-hak individuallah yang harus dipentingkan terlebih dahulu.

3. Demokrasi Sosial
Demokrasi sosial merupakan demokrasi yang berdasarkan pada komunalisme rakyat. Dengan adanya hak-hak individual ditekankan pada kepentingan umum. Adanya demokrasi sosial ini meminimalisir kesenjangan sosial.

 


Tujuan Demokrasi

  1. Menjamin pemerintah Indonesia bertanggung jawab sepenuhnya kepada tugasnya kepada rakyat.
  2. Agar pemerintah dapat mengetahui bagaimana proses dalam pengambilan keputusan ketika harus dapat menyelesaikan permasalahan dengan konsep demokrasi dan musyawarah.
  3. Semua tatanan pemerintahan di Indonesia berjalan sesuai dengan falsafah negara ini.
  4. Membuat semua warga negara Indonesia turut berpartisipasi dalam kehidupan negara dan mau melaksanakan pemilu dengan menggunakan hak suaranya.

 


Kelebihan dan Kekurangan Demokrasi

Kelebihan Demokrasi

  • Sistem demokrasi juga akan dapat menghindari munculnya suatu monopoli kekuasaan di tangan penguasa.
  • Adanya kesamaan hak yang sama dalam mengemukakan pendapat akan mengakibatkan tiap masyarakat diperkenankan atau boleh untuk mengambil bagian dalam bidang politik.
  • Penerimaan akan suatu kekuasaan ditetapkan berdasar pada suara ataupun kehendak dari rakyat.

Kekurangan Demokrasi

  • Konsentrasi atau fokus dari pemerintah yang sedang menjabat menjadi berkurang dikarenakan mendekati pemilihan umum yang akan datang.
  • Terkait dengan kesaaman hak, sistem demokrasi masih dinilai tidak adil dalam menyampaikan seluruh aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat.
  • Kepercayaan warganegara terhadap pemimpin dan penguasa dalam sistem demokrasi sangat mudah untuk tergoyahkan.
Baca Juga  Kedaulatan Adalah

 


Contoh Demokrasi

  • Bebas mengeluarkan pendapat.
  • Mendahulukan Kepentingan Bersama.
  • Saling Menghargai Pendapat Orang Lain.
  • Ikut serta dalam Pemilu dan Pilpres.
  • Tidak Adanya Diskriminasi.
  • Ikut Berpartisipasi Dalam Menjaga Keamanan dan Ketertiban.
  • Pemimpin Mendengarkan Aspirasi Masyarakat.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai √ Demokrasi : Pengertian, Ciri, Macam, Tujuan, Prinsip, Contoh, Kelebihan & Kekurangannya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :