Budaya Politik

Diposting pada

Materi.Co.ID – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini Materi.Co.ID akan membahas mengenai artikel yang berjudul Budaya Politik. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Budaya Politik


Pengertian Budaya Politik

Budaya politik adalah sebuah pola perilaku yang ada dalam suatu masyarakat untuk dapat menghadapi kehidupan berbangsa dan bernegara, serta dengan melakukannya suatu melaksanakan penyelenggaraan tata administrasi negara, politik dan pemerintahan, serta hukum, dan norma kebiasaaan yang tentunya banyak dihayati dan ditaati seluruh anggota dalam tataran masyarakat setiap saat akan menghasilkan suatu negara yang mempunyai budaya politik yang baik di mata masyarakat negaranya maupun di mata negara yang lainnya.

 


Pengertian Budaya Politik Menurut Para Ahli

1. Menurut Miriam Budiardjo
Budaya politik yakni seluruh bentuk pandangan politik yang mencakup norma dan pola orientasi politik dan pandangan hidup yang berlaku pada umumnya.


2. Menurut Alan R. Ball
Budaya politik yakni suatu susunan yang terdiri dari berbagai macam emosi, sikap, kepercayaan dan nilai-nilai masyarakat yang berhubungan dan saling berkaitan dengan adanya sistem politik dan isu-isu politik yang terdapat pada di negara ini yang menghasilkan sebuah keputusan dalam pengambilan keputusan yang akan diambil untuk kepentingan negara.


3. Menurut Austin ranney
Budaya politik yakni suatu seperangkat pandangan tentang politik dan pemerintahan yang dipegang secara bersama – sama dengan mengunakan sebuah pola orientasi terhadap objek – objek politik yang sudah disepakati bersama.

Baca Juga  Politik Etis

4. Menurut Mochatar Massoed
Budaya politik yakni suatu sikap dan sekaligus bentuk orientasi warga terhadap kehidupan pemerintahan negara berikut politiknya.


5. Menurut Sidney Verba
Budaya politik yakni suatu simbol-simbol ekspresif, sistem kepercayaan empirik dan nilai-nilai yang menegaskan dan menekankan pada suatu situasi dimana tindakan politik dilakukan sangat tepat. Sehingga akan menghasilkan suatu budaya politik yang baik dan tepat untuk digunakan dalam negara ini.

 


Ciri – Ciri Budaya Politik

  • Pola perilaku para pejabat dan aparat pemerintah suatu negara.
  • Terdapat beberapa partai politik dan segala aktivitasnya di masyarakat.
  • Memberi penekanan kepada perilaku berupa sikap, pandangan, atau pun kepercayaan
  • Terdapat proses pembuatan kebijakan oleh pemerintah.
  • Adanya gejolak di masyarakat terhadap suatu kekuasaan yang memerintah.
  • Menggambarkan masyarakat dalam suatu negara.

 


Macam – Macam Budaya Politik

  • Budaya Politik Partisipan

Budaya politik partisipan adalah budaya politik yang ditandai dengan kesadaran politik sangat tinggi.


  • Budaya Politik Parokial

Budaya politik parokial adalah budaya politik yang memiliki suatu tingkat partisipasi politiknya yang sangat rendah, yang disebabkan oleh beberapa faktor kogniti. Contohnya: Tingkat pendidikan yang terbilang sangat rendah untuk berada dalam budaya politik di Indonesia.


  • Budaya Politik Kaula

Budaya politik kaula adalah suatu budaya yang mana masyarakatnya akan memiliki kecenderungan lebih maju di bidang ekonomi maupun di bidang sosial. Meskipun dengan begitu, tetapi politik kaula ini masyarakatnya masih relatif pasif dengan adanya sistem politik serta patuh terhadap undang-undang dan para aparat pemerintahan.


  • Budaya Politik Militan

Budaya politik militan adalah suatu bentuk yang mempunyai sebuah perbedaan tidak dipandang sebagai mencari alternatif yang baik, melainkan dipandang sebagai suatu usaha jahat dan menentang. Ketika mengalami sebuah krisis, maka semuanya akan mulai mencari kambing hitam dalam kegiatan budaya politik militan ini.

Baca Juga  Partai Politik

  • Budaya Politik Toleransi

Budaya politik dimana pemikiran akan berpusat pada idea tau masalah yang harus dinilai dan diperbaiki, sehingga mampu dan berusaha mencari konsekuensi yang wajar, dimana selalu membuka pintu untuk melakukan kerjasama yang baik antar setiap negara. Sikap kritis terhadap ide orang, bukan berarti mencurigai setiap tindakan orang lain yang sudah dilakukannya.


Komponen Budaya Politik

  1. Orientasi evaluatif
    Orientasi evaluatif adalah suatu kegiatan yang berkaitan dengan kemampuan dan peran serta kapasitas seseorang dalam memberikan sebuah penilaian pada sistem politik yang berjalan berikut peranan individu yang ada didalamnya.

  • Orientasi kognitif
    Orientasi kognitif adalah suatu kegiatan yang berkaitan dengan berbagai macam bentuk keyakinan dan pemahaman individu terkait sistem politik beserta atributnya. Contohnya yaitu mengenai sebuah ibu kota, lambang negara, dan lain sebagainya.


  • Orientasi afektif
    Orientasi afektif adalah suatu kegiatan yang berkaitan dengan emosional individu dalam budaya politik yang sedang berjalan dalam suatu pemerintahan.

 


Contoh Budaya Politik Di Indonesia

  1. Menciptakan kedisplinan dalam segala aspek kehidupan dan bernegara.
  2. Taat dan patuh terhadap aturan yang berlaku di negara.
  3. Bermusyawarah untuk dapat menyelesaikan segala permasalahan.
  4. Menggunakan hak-hak politiknya secara bertanggung jawab.
  5. Ikut serta dalam melaksanakan pemilu.
  6. Menjauhkan diri dari perbuatan –perbuatan yang melanggar perbuatan hukum
    Berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan pembangunan.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai √ Budaya Politik : Pengertian, Ciri, Macam, Komponen & Contohnya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :