Sosialisasi Politik

Diposting pada

Materi.Co.ID – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini Materi.Co.ID akan membahas mengenai artikel yang berjudul Sosialisasi Politik. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Sosialisasi Politik


Pengertian Sosialisasi Politik

Sosialisasi politik adalah suatu proses belajar seseorang dalam kehidupan bermasyarakat untuk mengenal dan menghayati politik yang terjadi di lingkungannya.

 


Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli

1. Menurut Richard E. Dawson
Sosialisasi politik yakni suatu nilai-nilai dalam pewarisan pengetahuan dan pandangan-pandangan politik dari orang tua, guru dan sarana-sarana sosialisasi.  Dengan adanya sosialisasi politik ini setidaknya akan memberikan nilai atau pandangan politik untuk dapat mengenal politiknya di negara sendiri.


2. Menurut Ramlan Surbakti (1992)
Sosialisasi politik yakni suatu proses pembentukan sikap dan orientasi politik anggota masyarakat.


3. Menurut Gabriel A. Almond
Sosialisasi politik yakni sesuatu yang menunjuk pada proses dimana sikap-sikap politik juga merupakan sarana bagi suatu tingkah laku politik diperoleh, atau dibentuk dan juga merupakan sarana bagi suatu generasi untuk menyampaikan patokan politik dan keyakinan-keyakinan politik kepada generasi berikutnya


4. Menurut Kenneth P. Langton (1969)
Sosialisasi politik yakni suatu wadah atau cara untuk meneruskan politik kegenerasi selanjutnya.


5. Menurut S. N Eisentadt
sosialisasi politik yakni sutau komunikasi dengan dan dipelajari oleh manusia. Komunikasi ini terjadi oleh manusia satu terhadap manusia yang lainnya yang berlangsung secara bertahap dan membentuk hubungan atau relasi umum.

 


Tujuan Sosialisasi Politik

  • Mampu meningkatkan kualitas diri dalam berpolitik sesuai dengan aturan hukum yang berlaku
  • Mampu meningkatkan kualitas kesadaran politik rakyat menuju peran aktif dan partisipasinya terhadap pembangunan politik bangsa secara keseluruhan.
  • Agar memperluas pemahaman dan penghayatan serta wawasan terhadap masalah-masalah politk yang berkembang.
Baca Juga  Negara Maritim

 


Fungsi Sosialisasi Politik

  • Meningkatkan pemahaman serta pengetahuan seseorang tentang dunia politik
  • Memelihara kebudayaan politik suatu bangsa
  • Mengajarkan nilai-nilai yang berlaku dalam politik
  • Mengubah, memelihara, membentuk, dan mentransmisikan kebudayaan politik suatu bangsa untuk lebih mengenal bahasa politiknya sendiri.

 


Sarana Sosialisasi Politik

  • Partai Politik

Partai politik merupakan sarana yang utama dalam mensosialisasikan politik. Melalui partai politik seseorang akan mendapatkan dan merasakan kehidupan politik secara langsung.

Adanya partai politik dijadikan sebagai salah satu sarana sosialisasi politik yang nantinya akan dapat menilai baik buruknya seorang politisi. Partai politik juga biasanya mewakili kepentingan masyarakat untuk dapat menyampaikan aspirasi rakyat yang bersifat nasionalisme.


  • Keluarga

Keluarga merupakan salah satu sarana sosialisasi politik pertama yang akan dijumpai oleh setiap orang. Melalui keluarga karakter politik setiap individu akan terbentuk, karena keluarga adalah lembaga sosial pertama bagi setiap individu untuk tumbuh dan berkembang.


  • Sekolah

Sekolah berperan penting dalam sosialisasi politik dalam menyalurkan perannya sebagai perantara dalam mensosialisasikan politik. Sekolah memberi pengetahuan kepada siswa tentang dunia politik dan peranan mereka di dalamnya. Sekolah juga memberikan pandangan yang lebih konkrit tentang lembaga-lembaga politik dan hubungan-hubungan politik dalam suatu kegiatan berpolitik.


  • Media Massa

Media massa bagi masyarakat modern akan memberikan informasi-informasi politik yang cepat, tepat dan dalam jangkauan yang cukup luas. Media massa baik surat kabar, majalah, radio, televisi, maupun internet memegang peranan penting. Media massa juga dijadikan sebagai salah satu sarana ampuh untuk dapat membentuk sikap-sikap dan keyakinan-keyakinan politik.


  • Peer group

Peer group masuk dalam kategori agen sosialisasi politik primary group. Peer group juga merupakan termasuk dalam kategori teman-teman sebaya yang mengelilingi seorang individu. Apa yang dilakukan oleh teman-teman sebaya tentu sangat memengaruhi beberapa tindakan individu di dalamnya terutama dalam mensosialisasikan politik.

Baca Juga  Tanam Paksa

 


Proses Sosialisasi Politik

  • Pengenalan nilai dan pola tingkah laku politik.
  • Melakukan seleksi dan pemantapan nilai dan pola tingkah laku politik.
  • Institusionalisasi nilai dan pola tingkah laku politik.

 


Contoh Sosialisasi Politik

  • Berpartisipasi dalam forum warga.
  • Menjadi panitia pemilihan umum di daerah masing-masing.
  • Mengikuti organisasi atau komunitas masyarakat seperti remaja masjid.
  • Mengikuti musyawarah bersama karang taruna desa setempat.
  • Mengikuti pemilihan ketua RT/RW dalam masyarakat setempat.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai √ Sosialisasi Politik : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Sarana, Proses & Contohnya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :