Partai Politik

Diposting pada

Materi.Co.ID – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini Materi.Co.ID akan membahas mengenai artikel yang berjudul Partai Politik. Mari kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini.


Partai Politik


Pengertian Partai Politik

Partai politik adalah sekumpulan orang yang terorganisir melakukan aktivitas politik dengan orientasi merebut atau mempertahankan kekuasaan melalui dukungan suara rakyat.


Pengertian Partai Politik Menurut Para Ahli

1. Menurut H. Soltou
Partai politik yakni suatu kelompok warga negara yang terorganisir dan bertindak sebagai suatu kesatuan politik yang memanfaatkan kekuasaannya untuk memilih, menguasai pemerintahan, dan melaksanakan kebijaksanaan umum.


2. Menurut Robert K. Carr
Partai Politik adalah suatu organisasi yang berusaha untuk mencapai dan memelihara pengawasan terhadap pemerintah.


3. Menurut Ramlan Surbakti (1992:116)
Partai politik merupakan sekelompok orang yang terorganisir secara rapi yang dipersatukan oleh persamaan ideologi yang bertujuan untuk mencari dan mempertahankan kekuasaan dalam pemilihan umum guna melaksanakan alternative kebijakan yang telah mereka susun.


4. Menurut Sigmund Neumann
Partai Politik yakni suatu organisasi dari aktivitas-aktivitas politik yang berusaha mendapatakan kekuasaan pemerintahan dengan merebut dukungan rakyat dalam konteks persaingan dengan organisasi atau golongan lain yang memiliki pandangan berbeda.


5. Menurut Carl J. Friedrich y
Partai politik yakni suatu sekelompok manusia yang dapat dilakukan secara terorganisir dan stabil dengan mempunyai tujuan untuk dapat merebut atau mempertahankan penguasaan terhadap pemerintahan bagi pimpinan partainya dan berdasarkan penguasaan yang dilakukannya akan dapat memberikan kepada anggota partainya berbagai macam kemanfaatan.

Baca Juga  Demokrasi Adalah


Ciri – Ciri Partai Politik

  1. Anggota umum partai tidak memiliki kesempatan untuk terlibat.
  2. Memiliki tujuan menjaga dan mempromosikan kepentingan nasional.
  3. Partai polituk akan mampu bersaing satu sama lain dengan meiliki suatu pandangan yang berbeda yang bisa saja akan memengaruhi kebijakan publik yang sudah ada.
  4. Partai-partai politik mempunyai beberapa tingkat organisasi, disiplin, ketaatan dan keputusan yang sudah dibuat bersama.
  5. Pimpinan partai politik harus dapat bertanggungjawab dalam merumuskan keputusan kebijakan untuk kepentingan suatu negara.
  6. Menggalang dalam kekuatan politik untuk dapat mencapai tujuan mereka di dalam sistem politik yang sudah disepakati.


Fungsi Partai Politik

  1. Parpol sebagai sarana rekrutmen politik
    Rekrutmen politik merupakan suatu proses seleksi dalam adanya pengangkatan seseorang atau kelompok untuk dapat melaksanakan sejumlah peran dalam sistem politik yang sudah diterapkan dalam pemerintahan. Proses seleksi yang dilakukan dalam pengangkatan seseorang atau kelompok untuk dapat menduduki suatu jabatan dalam suatu bidang parpol  dilakukan secara selektif dan harusmemiliki kompeten untuk aktif dalam kegiatan politik.


  2. Partai politik sebagai sarana komunikasi politik
    Partai politik yang akan dapat menyalurkan aneka ragam pendapat dan aspirasi masyarakatnya untuk mendapatkan keadilan dan kesejehteraan yang ada didalam negaranya sendiri. Partai politik dalam menjalankan fungsinya sering disebut sebagai perantara dalam suatu bursa dalam menyampaikan suatu ide-ide dan dapat juga dikatakan bahwa partai politik bagi pemerintah bertindak sebagai alat pendengar atau perwakilan rakyat dalam menyampaikan suatu aspirasi rakyatnya.


  3. Parpol sebagai saran pengatur konflik
    Pengatur konflik merupakan suatu sistem yang akan mengendalikan suatu konflik mengenai adanya suatu perbedaan pendapat dalam suatu kebijakan yang dilakukan pemerintah. Pengendalian konflik juga dapat dilakuakan dengan cara dialog, menampung dan selanjutnya membawa permasalahan tersebut kepada badan perwakilan rakyat (DPR/DPRD/Camat) untuk mendapatkan suatu keputusan yang adil dalam kebijakan negara.


  4. Partai politik sebagai sarana sosialisasi politik
    Sarana sosialisasi politik yang dapat dijadikan sebagai pemenang dalam Pemilihan Umum (Pemilu) serta dapat menguasai pemerintah, partai politik harus dapat juga mensosialisasikan dan mendapatkan dukungan masyarakat sebanyak-banyaknya mungkin dengan mengedepankan bahwa partai politik akan berjuang untuk masyarakat dalam kepentingan umum dan tidak memikirkan kepentingan sendiri.
Baca Juga  Politik Etis


Tujuan Partai Politik

  • Untuk mencari dan mempertahankan kekuasaan guna melaksanakan /mewujudkan program-program yang telah mereka susun sesuai dengan ideologi tertentu.
  • Memperjuangkan cita-cita partai politik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan akan mendapatkan kesejahteraan negara.
  • Membangun sebuah etika dan budaya politik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
  • Meningkatkan suatu partisipasi politik anggota dan masyarakat dalam rangka penyelenggaraan kegiatan politik dan pemerintahan sehingga menciptakan politik yang adil terhadap seluruh warganya.


Peran Partai Politik

Peranan partai politik adalah sebagai sarana untuk menghimpun aspirasi, artikulasi dan agregasi kepentingan yang dilakukan kepada masyarakat untuk mencapai tujuan yang diinginkan yaitu untuk mempengaruhi pembuatan kebijakan publik serta berperan sebagai oposisi negara.


Tugas Partai Politik

  1. Melakukan proses penyampaian aspirasi rakyat kepada pemerintah, demi mewujudkan pemerintahan dengan sistem yang lebih baik.
  2. Mengajak masyarakat untuk dapat berpartisi dalam sebuah keputusan politik, dan mewujudkan pendapat partai politik menjadi sebuah kebijakan bagi seluruh rakyat. Sehingga menghasilkan suatu kebijakan yang adil dalam bermasyarakat di negara ini.
  3. Melakukan dalam kegiatan perekrutan sehingga dapat melatih para kandidat yang nantinya akan ditunjuk sebagai orang yang menjabat di kursi pemerintahan yang tugasnya sebagai perwakilan masyarakat dalam memberikan aspirasi.
  4. Melakukan proses peyeimbangan pendapat agar tidak terjadi suatu perpecahan dalam sebuah negara, dan membentuknya menjadi kebijakan bersama yang dapat diterima oleh seluruh masyarakat.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai √ Partai Politik : Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan, Peran & Tugasnya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.


Baca Juga Artikel :