√ Hujan Asam : Pengertian , Penyebab , Proses Terjadi dan Dampaknya Lengkap

Diposting pada

√ Hujan Asam : Pengertian , Penyebab , Proses Terjadi dan Dampaknya Lengkap

 

 

 

Materi.Co.ID – Hay hay bertemu lagi dengan artikel materi.co.id . Kali ini kita akan membahas tentang hujan asam . Simak ulasan lengkap nya dibawah ini

 

√ Hujan Asam : Pengertian , Penyebab , Proses Terjadi dan Dampaknya Lengkap
√ Hujan Asam : Pengertian , Penyebab , Proses Terjadi dan Dampaknya Lengkap

 


 

Pengertian Hujan Asam

 

Hujan asam ialah sebagai berbagai jenis hujan yang memiliki pH di bawah 5,6. Hujan secara alami ialah bersifat asam (pH sedikit di bawah 6) sebab karbondioksida (CO2) di udara yang larut dengan air hujan memiliki bentuk sebagai asam lemah.

Hujan asam ditimbulkan dari belerang (sulfur) yang termasuk pengotor dalam bahan bakar fosil juga nitrogen di udara yang bereaksi dengan oksigen membentuk sulfur dioksida dan nitrogen oksida. Zat ini akan menyebar ke atmosfer dan bereaksi dengan air untuk membuat asam sulfat dan asam nitrat yang mudah larut sehingga jatuh bersama air hujan. Air hujan yang asam akan meningkatkan kadar keasaman tanah dan air permukaan yang terbukti berbahaya bagi kehidupan ikan dan tanaman. Usaha untuk mengatasi hal ini saat ini sedang dilaksanakan.

 


 

Ciri – Ciri Hujan Asam

 

  • Mempunyai pH dibawah kadar normal, yakni dibawah 5,7
  • Adanya peningkatan kadar asam nitrat dan sulfat yang terdapat di dalam polusi udara.
  • Mulai terjadinya dikarenakan adanya peningkatan emisi sulfur dioksida dan nitrogen oksida yang ada di atmosfer
  • Meningkatkan seseorang akan terserang gangguan jantung dan juga paru- paru
  • Menyebabkan kulit menjadi gatal- gatal dan memerah
  • Menyebabkan pusing bagi orang yang mempunyai kekabalan tubuh yang rendah.

 

 


Penyebab Terjadinya Hujan Asam

 

  • Karbondioksida atau pun CO₂ dan karbon monoksida atau pun CO. Karbondioksida dan karbon monoksida adalah gas hasil proses pembakaran yang berjumpa dengan uap air atau bias juga disebut H₂O. Jika kedua gas tersebut menyatu maka akan membentuk asam karbonat atau H₂CO3 yang termasuk dalam kategori asam lemah.

 

  • Hidrogen sulfida atau pun H₂S, sulfur oksida atau pun SO₂ yang menyatu dengan uap air atau pun H₂O akan membentuk asam sulfat atau pun H₂SO4 yang merupakan kategori asam yang kuat.

 

Sebab – akibat itu terjadi karena adanya aktivitas manusia dan fenomena alam, seperti pembakaran BBF, letusan gunung berapi, kebakaran hutan, peleburan logam, aktivitas pabrik, dan juga pembangkit listrik.

 


 

Proses Terjadinya Hujan Asam

 

  • Penguapan

Aktivitas manusia menjadi salah satu penyebab terjadinya hujan asam. Akibat dari aktivitas tersebut dapat menimbulkan gas seperti karbondioksida, karbon monoksida, sulfur dioksida dan hidrogen sulfur. Gas tersebut bersumber dari asap kendaraan bermotor, uap pabrik, pembakaran dan lain – lain.
Hampir seluruh penyusun bumi ini adalah air. Air memiliki fungsi yang sangat penting bagi kehidupan. Pada siang hari air baik yang ada di sungai maupun di laut menguap dan bergerak menuju lapisan bumi. Kemudian gas yang sudah menyatu di udara dan menjadi penyebab terjadinya hujan asam.

 

  • Proses Penyatuan

Dalam proses ini akan terjadi penyatuan antara karbondioksida dan karbon monoksida dengan uap air membentuk asam lemah. Selain itu, hidrogen sulfur dan sulfur oksida juga menyatu dengan uap air yang akan menghasilkan asam kuat. Penyatuan tersebut bisa mengakibatkan terjadinya hujan asam.

 

  • Proses Akhir

Masing – masing senyawa yang telah bergabung akan dibawa angin menuju ke tempat yang lebih tinggi. Apabila campuran senyawa itu sudah sampai pada titik jenuh maka akan menimbulkan titik – titik air hujan di mana air hujan yang turun mengandung asam.

 

Berikut adalah reaksi kimia terbentuknya hujan asam:

S(s) + O2 (g) →SO2(g)
2SO2(g) + O2(g) →2SO3(g)
SO3(g) + H 2O(l) → H 2SO4(aq)

 

 


 

Dampak yang ditimbulkan Hujan Asam

 

  • Menjadi racun bagi makhluk hidup khususnya umat manusia, karena hal ini akan berdampak bagi kesehatan apabila terpapar dalam jumlah berlebihan atau dalam jangka panjang. Penelitian menemukan bukti adanya hubungan antara peningkatan paparan senyawa ini dengan penyakit jantung dan penyakit asma. Sedangkan polusi udara itu sendiri juga dapat berefek negatif bagi tubuh seperti , stroke , penyakit jantung  , kanker paru-paru , penyakit saluran pernapasan akut dan kronis , sakit kepala , iritasi mata, hidung, dan tenggorokan.

 

  • Menghalangi proses pertumbuhan makhluk hidup yang terdapat di perairan seperti ikan atau binatang yang hidup di air akan mati, sebab bila pH semakin kecil dapat menghambat pertumbuhan benih-benih ikan, dan membuat ikan sangat sulit untuk berkembang biak.

 

  • Hujan asam dapat membasmi makhluk hidup yang ada di air, penelitian menunjukan bahwa plankton tidak dapat bertahan hidup apabila pH air dibawah 5. Plankton merupakan salah satu makanan bagi ikan, apabila plankton musnah rantai makanan di perairanpun akan terputus.

 

  • Hujan asam dapat merusak lingkungan dan akan menyebabkan banyak tumbuhan yang mati. Hujan asam bisa memusnakan zat lilin yang ada pada tumbuhan. Akibatnya nutrisi yang terkandung pada tumbuhan tersebut pun hilang, dan tumbuhan akan rentang terjangkit berbagai penyakit.

 

  • Hujan asam juga dapat mengakibatkan peningkatan konsentrasi logam dalam air. Dan juga dapat menyebabkan bangunan rusak karena berkarat.

 


 

Pencegahan Hujan Asam

 

  • Tidak berlebihan menggunakan kendaraan yang mengeluarkan polusi.
  • Menyemprotkan kapur agar menetralkan hujan asam karena kapur bersifat basa.
  • Tidak membuang sampah sembarangan dan menanam pohon (reboisasi).
  • Mengurangi emisi gas buang (penggunaan pengubah katalik/catalyc converter).
  • Memperbanyak taman kota.
  • Menata kembali kawasan industri.

 

 


Manfaat Hujan Asam

 

Seperti halnya hujan pada umumnya, hujan asam pun juga mempunyai dampak positif. Walaupun hujan asam lebih banyak dengan sesuatu hal yang negatif, akan tetapi keberadaannya di Bumi juga membawa sebuah manfatat. Manfaat dari hujan asam yang banyak diketahui oleh banyak orang adalah hujan asam ini dapat melarutkan berbagai mineral yang sangat di perlukan oleh binatang dan juga tumbuhan yang ada di Bumi. Kandungan asam yang tinggi inilah yang bisa melarutkan mineral di dalam tanah.

 

 

 


Demikianlah bahasan kita mengenai hujan asam . Terima kasih bagi yang menyempatkan waktu untuk membaca dan mampir di artikel √ Hujan Asam : Pengertian , Penyebab , Proses Terjadi dan Dampaknya Lengkap . Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu 🙂

 

Baca Juga Artikel Lainnya

Baca Juga  √ Karangan Argumentasi : Pengertian, Ciri, Jenis, Tujuan & Contohnya Lengkap
Baca Juga  √ Jaringan Epitel : Pengertian , Ciri , Jenis dan Fungsinya Lengkap
Baca Juga  √ Pamflet : Pengertian , Ciri , Jenis dan Contoh nya Lengkap
Baca Juga  √ Sentriol : Pengertian, Fungsi dan Strukturnya Lengkap
Baca Juga  √ Argumentasi : Pengertian , Ciri , Jenis , Struktur dan Contohnya Lengkap