Pengetian Teks Eksplanasi , Ciri-Ciri , Tujuan , Kaidah dan Contoh Secara Lengkap

Diposting pada
Pengetian Teks Eksplanasi , Ciri-Ciri , Tujuan , Kaidah dan Contoh Secara Lengkap
5 (100%) 49 votes

√ Pengertian Teks Eksplanasi , Ciri-Ciri , Tujuan , Kaidah dan Contoh Secara Lengkap – Hay hay bertemu lagi dengan artikel materi.co.id . kali ini kita akan membahas tentang teks eksplanasi .

untuk kamu yang sering membaca berita tentang bencana alam atau fenomena alam nah itu di sebut dengan teks eksplanasi . untuk tau lebih jelas dan detail nya simak bahasan nya dibawah ini ya

 

√ Pengertian Teks Eksplanasi , Ciri-Ciri , Tujuan , Kaidah dan Contoh Secara Lengkap

Pengertian Teks Eksplanasi

pengertian teks eksplanasi ialah sebuah teks yang di dalam nya menjelaskan informasi mengenai proses terjadinya suatu fenomena, baik itu fenomena alam, ilmu pengetahuan, serta kehidupan sosial dan budaya. Jenis teks ini sering ditemukan dalam buku-buku sains, geografi dan sejarah.

 

Pengertian Teks Eksplanasi Menurut Para Ahli

Menurut Mahsun,

Teks ini disusun oleh struktur yang terdiri atas bagian yang memperlihatkan pernyataan umum /pembukaan, deretan penjelasan /isi, dan interpretasi/penutup. Pada bagian pernyataan umum ini berisi tentang informasi singkat tentang apa yang dibicarakan. Bagian deretan penjelas berisi urutan penjelasan tentang peristiwa yang terjadi. Sedangkan pada bagian interpretasi berisi pendapat singkat penulis tentang peristiwa yang terjadi. Bagian ini merupakan penutup teks eksplanasi yang boleh ada atau tidak ada.

Menurut Restuti,

Teks eksplanasi ialah teks yang menerangkan atau menjelaskan mengenai proses atau fenomena alam maupun sosial.

 

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

  1. Semua informasi yang disampaikan di dalam teks ialah harus berdasarkan fakta (faktual) tanpa adanya tambahan opini dari penulis.
  2. Topik yang dibahas di dalamnya ialah fenomena yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan atau bersifat ilmiah.
  3. Jenis teks ini bersifat informatif dan tidak berusaha untuk mempengaruhi pembaca untuk mempercayai hal-hal yang dibahas.
  4. Struktur teksnya terdiri dari tiga jenis, yaitu; pernyataan umum, deretan penjelas atau sebab-akibat, dan interpretasi.
  5. Penjelasan di dalam teks ini menggunakan sequence markers, seperti; Pertama, Kedua, Ketiga, dan lainnya.

 

Struktur Teks Eksplanasi

  1. Pernyataan umum

berisi pernyataan umum mengenai topik yang akan dijelaskan proses proses terjadinya/proses keberadaan.

       2. Urutan Sebab Akibat

berisi mengenai detail penjelasan proses terjadinya yang disajikan secara urut atau bertahap dari yang paling awal hingga yang paling akhir.

        3. Interpretasi

berisi tentang kesimpulan mengenai topik yang telah dijelaskan.

 

Tujuan Teks Eksplanasi

ialah untuk menjelaskan proses terciptanya sesuatu yang terjadi secara alamiahm, atau proses bekerjanya fenomena alam maupun sosial.

 

Jenis-Jenis Teks Eksplanasi

  1. Eksplanasi Sequential,

Ialah eksplanasi yang menjelaskan rincian tahapan suatu fenomena. Misalnya; urutan siklus kehidupan rantai makanan.

      2. Eksplanasi Kausal,

Ialah eksplanasi yang menjelaskan mengenai asal-mula atau penyebab terjadinya perubahan pada suatu hal secara bertahap. Misalnya; proses terjadinya tanah longsor.

      3. Eksplanasi Teoritis

Ialah eksplanasi yang berisikan spekulasi kemungkinan yang akan terjadi di balik suatu fenomena alam. Misalnya; letusan gunung merapi mungkin memicu terjadinya bencana alam lain yang dahsyat.

      4. Eksplanasi Faktorial

  Ialah eksplanasi yang menjelaskan tentang pengaruh/efek serta hasil dari suatu proses. Misalnya; efek terjadinya kolonialisasi.

 

Kaidah Kebahasan Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi pada umumnya memiliki ciri bahasa sebagai berikut:

  1. Fokus pada hal umum “generic” bukan partisipan manusia (nonhuman participants) misalnya gempa bumi, banjir, hujan dan udara.
  2. Dimungkinkan menggunakan istilah – istilah ilmiah.
  3. Lebih banyak menggunakan kata kerja seperti material dan relasional (kata kerja aktif).
  4. Menggunakan konjungsi (kata sambung) waktu dan kausul contohnya jika, bila, sehingga, sebelum, pertama dan kemudian.
  5. Menggunakan kalimat pasif.
  6. Eksplanasi ditulis untuk membuat justifikasi bahwa sesuatu yang diterangkan secara kausal itu benar adanya

 

Contoh Teks Eksplanasi

Teks Eksplanasi Tentang Gunung Meletus

Gunung meletus adalah salah satu bentuk peristiwa alam yang belakangan ini sering terjadi di negara kita. Indonesia mempunyai banyak sekali gunung berapi, baik yang masih aktif atau yang sudah mati. Gunung berapi yang masih aktif siap untuk meletus kapan saja dan tentunya akan menimbulkan kerusakan.

Meletusnya gunung berapi diakibatkan seluruhnya oleh gejala alam tanpa ada campur tangan manusia didalamnya. Peristiwa ini terjadi sebagai akibat dari adanya endapan magma yang terakumulasi di dalam perut bumi. Karena adanya tekanan gas yang sangat tinggi, mengakibatkan magma ini keluar melalui celah kawah gunung. Sedikit info seputar magma, jadi magma adalah cairan pijar yang sangat panas dengan suhu melebihi angka 1000 derajat celcius. Magma yang sudah keluar lewat celah kawah tadi disebut lava dan suhunya akan turun menjadi sekitar 700 derajat celcius.

Tidak hanya lava, terdapat material lain yang dikeluarkan oleh gunung berapi, antara lain yaitu batu-batuan dan abu vulkanik. Untuk abu vulkanik sendiri dapat tersebar hingga radius yang sangat jauh, bahkan sampai dinegara tetangga kita seperti Malaysia, Singapura, dan Brunei. Bahkan ketika Gunung Krakatau meletus, abunya sampai hingga benua Eropa.

Ketika proses meletusnya gunung berapi terjadi, wilayah di sekitar gunung akan mengalami gempa vulkanik yang besar kecilnya skala tergantung dengan besarnya letusan yang terjadi.

Setelah proses letusan berhenti bukan berarti bencana juga berhenti, masyarakat sekitar tetap harus waspada dengan terjadinya banjir lahar dingin yang dapat merusak berbagai fasilitas dan bangunan yang dilewatinya. Walaupun memberi dampak buruk, lahar dingin juga bermanfaat untuk menyuburkan tanah.

Meletusnya gunung berapi memang menjadi fenomena alam yang tidak bisa diprediksi kehadirannya. Oleh karena itu kita harus tetap waspada dan berhati-hati mengingat Indonesia terletak di daerah “Ring Of Fire” dengan banyak gunung api aktif. Walaupun begitu, letusan gunung berapi ternyata juga menyimpan manfaat bagi lingkungan.

 

Demikian bahasan kita kali ini mengenai teks eksplanasi . Terima kasih bagi yang menyempatkan waktu untuk membaca dan mampir ke artikel √ Pengertian Teks Eksplanasi , Ciri-Ciri , Tujuan , Kaidah dan Contoh Secara Lengkap . Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu 🙂

 

Baca Juga Artikel

Baca Juga  Pengertian Cerpen,Ciri-Ciri,Struktur,Unsur dan Fungsi Terlengkap

Baca Juga  √ Pengertian Slogan Pendidikan dan Contoh beserta Penjelasannya Secara Lengkap
Baca Juga  √ Slogan : Pengertian, Contoh, Ciri, Tujuan dan Macam Secara Lengkap
Baca Juga  Pengertian Teks Prosedur Kompleks , Ciri , Kaidah dan Contoh Terlengkap
Baca Juga  Pengertian Konjungsi Temporal , Macam , Fungsi dan Contoh Terlengkap