√ Sinopsis : Cara Membuat Sinopsis dan Pengertiannya Lengkap

Diposting pada

√ Sinopsis : Cara Membuat Sinopsis dan Pengertiannya Lengkap

 

 

 

Materi.Co.ID – Hay hay bertemu lagi dengan artikel materi.co.id . Kali ini kita akan membahas tentang sinopsis . Simak ulasan lengkap nya dibawah ini

 

√ Sinopsis : Cara Membuat Sinopsis dan Pengertiannya Lengkap
√ Sinopsis : Cara Membuat Sinopsis dan Pengertiannya Lengkap

 

Pengertian Sinopsis

 

Sinopsis adalah sebuah ringkasan ataupun singkatan penting dari gambaran cerita naskah suatu film, pementasan drama, dan teater panggung yang dibuat secara demikian. Sinopsis ini bertujuan dibuatnya agar para pemain dapat mengetahui dan memahami cerita naskah secara cepat, namun dengan isi sederhana yang jelas yang sesuai urutan kronologi cerita tersebut.


 

Ciri – Ciri Sinopsis

 

  • Alur /plot /jalan cerita sebaiknya disusun secara kronologis dan tepat.
  • Alur sinopsis sebaiknya sama dengan alur cerita aslinya.
  • Bahasa yang digunakan mengutamakan segi persuasif.
  • Terdapat ajakan / motifasi bagi calon pembaca, untuk membaca buku tersebut.
  • Menghadirkan konflik yang menarik secara singkat untuk
    membuat calon pembaca penasaran.

 

Fungsi Sinopsis

 

  • Menyampaikan sebuah informasi/gambaran ringkas dan singkat tentang isidar cerita atu buku tersebut
  • Menyampaikan gambaran yang jelas secara sederhana mengenai urutan, kronologi cerita dalam naskah atau buku
  • Sebagai prolog atau epilog dari suatu karya tulis atau naskah yang akan dipentaskan
  • Sebagai draft pedoman bagi pemain atau pemeran untuk melakukan improvisasi.

 


 

Hal – Hal yang Dibutuhkan dalam Membuat Sinopsis

 

  • Tentukan Tema

Untuk mempermudah membuat sinopsis, alangkah baiknya menentukan tema terlebih dahulu. Seperti contoh jika kamu ingin memilih tema persahabatan atau friendship. Dan pilihlah referensi dari karya – karya yang mengandung unsur tersebut .

 

  • Perhatikan Alur yang digunakan

Kamu juga harus memperhatikan alur yang terdapat dalam naskah tersebut. Pada dasarnya tujuan utama pembuatan sinopsis yakni memberikan gambaran yang ringkas dan jelas untuk pembaca, untuk menentukan alur cerita yang ada pada naskah, pilihlah konflik yang paling seru dalam naskah/buku tersebut. Supaya pembaca lebih tertarik dan penasaran untuk mengetahuinya lebih lanjut.

 

  • Perhatikan Penokohan

Penokohan dalam sebuah sinopsis juga harus ditekankan dalam membuat sinopsis. Dengan ini pembaca akan terkesima apabila penokohan pada naskah tersebut terlihat lebih fantastis dan mengharukan. Jadi, jangan sampai anda merusak citra dai naskah tersebut sebab teknik penokohan yang tidak benar.


 

Langkah – Langkah Membuat Sinopsis

 

  • Terlebih dahulu membaca naskah aslinya untuk mengetahui kesan terpenting penulis secara umum.
  • Mencatat gagasan pokok atau menggaris bawahi gagasan utama yang terpenting.
  • Tulislah ringkasan yang sesuai dengan gagasan utama yang ditemukan sesuai dengan langkah kedua.
  • Gunakan kalimat yang jelas, mudah dipahami, efektif, dan menarik untuk membuat susunan cerita singkat yang dapat menggambarkan apa yang ingin diceritakan dalam karangan aslinya.
  • Untuk menulis dialog atau monolog tokoh, cukup secara garis besarnya saja.
  • Sinopsis yang dibuat tidak boleh menyimpang dari isi secara keseluruhannya.

 

Langkah  – Langkah Menyusun Sinopsis

 

  • Bacalah naskah asli berulang kali sampai benar-benar diketahui apa maksud dan pandangan pengarang.
  • Pada saat membaca harus digaris bawahi atau dicatat ide sentralnya (pokok pikiran, kalimat pokok).
  • Kesampingkan dulu teks asli setelah dicatat ide sentral atau hal pokok yang telah diketahui, lalu kembangkan catatan-catatan tersebut dengan menggunakan bahasa sendiri.
  • Pergunakanlah kalimat-kalimat tunggal, jika memungkinkan hindari untuk mengulang kalimat, gunakanlah kalimat yang sederhana namun efektif.
  • Persingkat kalimat menjadi frase, kemudian frase menjadi kata.
  • Jika terdapat susunan ide atau gagasan dari beberapa alinea, maka pilihlah ide sentralnya saja atau pokok pikiran dan kalimat pokok/intinya.
  • Buanglah beberapa alinea yang dapat diwakili dengan satu alinea saja, atau sebaliknya, dan pertahankan alinea yang memang harus dipertahankan.
  • Pertahankanlah kalimat yang tidak memungkinkan untuk disederhanakan, sehingga keaslian suara pengarang tetap dapat dipertahankan pula, yaitu kata kunci yang ada pada kalimat tersebut.
  • Buanglah seluruh kata tugas yang memungkinkan untuk dibuang, tetapi pertahankanlah susunan ide yang tersusun sesuai naskah aslinya.

 


 

Langkah – Langkah Menyunting Sinopsis

 

  • Langkah selanjutnya adalah menyusun sinopsis berdasarkan dengan format yang sudah ditentukan oleh penerbit bila diminta.
  • Pihak penerbit biasanya mempunyai format standar yang digunakan oleh penulis. Bila tak ada format yang khusus, maka anda bisa selalu membuat sinopsis menggunakan pengaturan line spacing 1,5 pt.
  • Baca keseluruhan sinopsis menggunakan sudut pandang dari para pembacanya (bukan dari sudut pandang anda sendiri sebagai seorang penulis).
  • Telitilah kembali secara detail kata yang kemungkinan anda salah mengetiknya.
  • Minta seseorang agar membaca sinopsis yang telah diselesaikan guna menemukan sudut pandang yang lain ataupun bahkan menemukan kekurangan penulisan synopsis yang anda tulis.
  • Sebaiknya menggunakan jasa penyunting yang lebih profesional guna menghindari kesalahan ketik, sekaligus untuk memperbaiki gaya tulisan yang masih kurang sempurna dari sudut pandang penerbit.

 


 

Contoh Sinopsis Buku

 

Judul : Sodoran Tarian Khas Masyarakat Tengger
Pengarang : Drs Suyitno
Penerbit : CV.Mediatama
Tahun penerbitan : 2006
Jumlah halaman : 74 halaman

Sinopsis : Sodoran, tarian adat Tengger. Banyaknya aneka ragam budaya daerah yang ada dinegara kita harus berbangga. Karena kita bisa mempelajari dan memperdalam khasanah ilmu pengetahuan dan memperluas wawasan kebangsaan, sehingga kita dapat saling mempererat tali persaudaraan diantara kita, tanpa membeda-bedakan suku, ras, agama dan antargolongan. (hal 1 )
Sodoran, rangkaian pujan karo. Sodoran merupakan sebuah tari klasik tradisional yitu bentuk tari yang mengandun nilai-nilai luhur, bermutu tinggi yang dibentuk dalam pola-pola tertentu dan terikat. Sealin itu tarian ini mengandung nilai-nilai filosofis yang dalam, simbolis, religius dan tradisi yang tetap. ( hal 10 )
Dasar gerak tari sodoran. Para pemain yang membawakan tari Sodoran ini harus benar-benar ekspresif dan khidmat. Artnya jika para pemain melakukannya dengan serampangan maka mereka dianggap tabu. (hal 13 )
Kelengkapan tarian sodoran.
1. Susunan formasi dasar/pola lantai
Formasi dasar pada tari sodoran ini bentuknya baku, artinya dari tahun ketahun tidak mengalami perubahan.
2. Tata rias, tata busana, tata panggung
Tata ras yang dimaksud adalah suatu usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk mengubah wajah (penampilan) dari bentuk asalnya.
3. Alat dan irama gending
Untuk mengiringi tari sodoran ini digunakan gamelan laras pelog seperti kendang, peking, saron, bonang, kenong, gambang, slenthen dan gong.

Kelebihan : Tarian Sodoran tarian khas masayarakat tengger dikupas secara detail dalam buku ini dari muali seajarah tarian, sejarah tengger, makna tarian sodoran, kelengkapan tarian, sususan formasi, tata rias , alat irama pengiringnya serta tata cara/pola menarinya.

Kekurangan : Buku ini menjelaskan secara terinci tentang tarian sodoran dengan jelas dan baik akan tetapi tidak disertai dengan gambar/foto penari, tata rias, alat-alat pengiringnya dan gambar gerakan penarinya. Gambar-gambar yang disajikan hanya berbentuk simbol-simbol yang sulit dipahami.

Kesimpulan : Tarian Sodoran tarian khas masyarakat tengger merupakan sebauh tarian pujan karo bernuansa religius yang hingga saat ini masih sering dijumpai dikawasan Tengger bromo pada upacara adat setempat.
Dengan membaca buku ini kita dapat mengetahui keanekaragaman budaya yang ada dinegeri kita yang tercinta.

 

 

 


Demikianlah bahasan kita mengenai sinopsis . Terima kasih bagi yang menyempatkan waktu untuk membaca dan mampir di artikel √ Sinopsis : Cara Membuat Sinopsis dan Pengertiannya Lengkap . Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu 🙂

 

Baca Juga Artikel Lainnya

Baca Juga  √ Insecta : Pengertian, Ciri, Sistem Organ dan Klasifikasinya Lengkap
Baca Juga  √ Perbedaan DNA dan RNA : Pengertian, Struktur dan Fungsinya Lengkap
Baca Juga  Pengertian Majas , Jenis , Beserta Contohnya Secara Lengkap
Baca Juga  √ Karangan : Pengertian , Ciri , Jenis , Unsur dan Contohnya Lengkap
Baca Juga  √ Hikayat : Pengertian , Ciri , Jenis , Unsur dan Contoh Lengkap
Baca Juga  Pengertian Makalah,Ciri-ciri dan Jenis Makalah Secara Lengkap