√ Akomodasi : Pengertian , Ciri , Bentuk dan Jenisnya Lengkap

Diposting pada

√ Akomodasi : Pengertian , Ciri , Bentuk dan Jenisnya Lengkap

 

 

 

Materi.Co.ID – Hay hay bertemu lagi dengan artikel materi.co.id . Kali ini kita akan membahas tentang akomodasi . Simak ulasan lengkap nya dibawah ini

√ Akomodasi : Pengertian , Ciri , Bentuk dan Jenisnya Lengkap
√ Akomodasi : Pengertian , Ciri , Bentuk dan Jenisnya Lengkap

 

Pengertian Akomodasi

 

Akomodasi adalah suatu upaya yang dilakukan untuk mendamaikan pihak yang memiliki masalah, atau akomodasi adalah suatu upaya untuk melerai atau memisahkan dua belah pihak yang terlibat konflik sehingga tercapai suatu keadaan yang kondusif.

Akomodasi ialah sebuah kata yang sering digunakan sosiolog untuk menjelaskan suatu keadaan individu maupun kelompok yang sedang mengalami konflik yang berusaha menyesuaikan hubungan mereka sehingga bisa mengatasi masalah yang sedang terjadi.

 


 

Ciri – Ciri Akomodasi

 

  • Dalam proses akomodasi akan melibatkan dua orang atau lebih yang mengalami pertikaian atau terjebak dalam situasi tegang sehingga menjadi penghalang untuk mereka bertemu atau mengadakan kerja sama.
  • Untuk melakukan proses akomodasi, kedua belah pihak yang bertikai harus bersedia untuk memberi dan menerima untuk mengadakan perubahan sikap dan bertingkah laku satu sama yang lain dengan menghilangkan atau mengurangi kepentingan mereka.
  • Tujuan dari akomodasi adalah tidak saling mengganggu sehingga dimungkinkan masing-masing pihak mengetahui dan menerima situasi dan kondisi pihak lain.

 


 

Tujuan Akomodasi

 

  • Untuk mengurangi pertentangan antara orang peroragan atau kelompok manusia sebagai akibat perbedaan selisih paham.
  • Untuk menciptakan sebuah solusi bagi kedua pendapat tersebut, sehingga pada akhirnya menghasilkan suatu pola yang baru.
  • Mencegah adanya keadaan yang meledak  pada suatu pertentangan baik secara sementara  ataupun secara temporer.
  • Untuk memungkinkan adanya suatu kerja sama antara kelompok sosial yang hidupnya terpisah akibat faktor – faktor sosial psikologi dan kebudayaan, seperti yang ditemui pada masyarakat yang mengenal sistem berkasta.
  • Untuk mengusahakan penyatuan antara kelompok – kelompok sosial yang terpisah.

 


 

Bentuk – Bentuk Akomodasi

 

  • Coercion

Akomodasi yang proses pelaksanaannya dilakukan dengan cara paksaan ataupun menggunakan kekerasan. Coercion dapat terjadi dikarenakan adanya perbedaan derajat kedudukan yang jauh berbeda antara kedua pihak dalam struktur sosial.

 

  • Compromise atau Kompromi

Kompromi ialah proses akomodasi yang menjadikan kedua belah pihak saling mengurangi tuntutan atau ekspektasi mereka sehingga sumber ketegangan berkurang dan masalah ataupun konflik dapat terselesaikan.

 

  • Arbitration

Arbitration ialah proses akomodasi yang dilakukan dengan menghadirkan pihak ketiga sehingga menjadi penengah pertikaian diantara kedua belah pihak yang berkonflik.

 

  • Mediation atau Mediasi

Mediasi ialah proses akomodasi dengan penyelesaian pertikaian antara dua kelompok atau lebih yang kedua belah pihak tidak sanggup mencapai kesepakatan sehingga kedua belah pihak yang berkonflik menghadirkan pihak ketiga agar konflik terselesaikan.

Mediasi berbeda dengan arbitrasi karena dalam mediasi, pihak ketiga tidak berhak mengambil keputusan atau dengan kata lain bersifat netral sedangkan dalam arbitrasi, pihak ketiga bisa mengambil sebuah keputusan jika terjadi kebuntuan sehingga tidak netral.

 

  • Conciliation

Konsiliasi ialah usaha untuk mempertemukan pihak pihak yang berkonflik menggunakan perwakilan perwakilan dari kedua pihak sehingga mereka dapat mencapai persetujuan bersama dengan kepala yang lebih tenang.

 

  • Toleration atau toleransi

Toleration atau toleransi ialah bentuk akomodasi yang paling acuh dari yang lain. Toleransi adalah bentuk akomodasi yang berusaha menghindari konflik sedapat mungkin.

 

  • Stalemate

Stalemate ialah bentuk akomodasi yang terjadi antara pihak pihak yang memiliki kedudukan ataupun kekuatan yang sama besarnya sehingga konflik akan berhenti dengan sendirinya. Hal ini terjadi dikarenakan adanya pertimbangan apabila konflik berlanjut kepada perseteruan ataupun kontak negatif maka, akan terjadi kehancuran pada kedua pihak.

 

  • Adjudication

Adjudication ialah bentuk akomodasi dengan menggunakan jalan hukum yaitu pengadilan. Masing masing pihak sepakat untuk membawa masalah tersebut ke meja peradilan.

 

  • Segregation

Segregation ialah upaya penyelesaian sengketa dengan cara masing-masing pihak saling menghindarikonflik agar tidak berkelanjutan.

 

  • Elimination

Elimination ialah upaya penyelesaian sengketa karena salah satu pihak bersedia mengalah, meminta maaf atau mengundurkan diri dari persaingan.

 


 

Karakteristik Akomodasi

 

  • Kebutuhan akan akomodasi terjadi karena adanya konflik atau pertentangan.
  • Akomodasi bersifat universal.
  • Akomodasi adalah proses yang berkesinambungan atau terjadi secara terus menerus.
  • Akomodasi adalah perpaduan antara perasaan cinta dan kebencian.

 


 

Contoh dan Jenis-jenis Akomodasi

 

1. Hotel

Hotel yaitu salah satu jenis akomodasi yang menggunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa pelayanan penginapan, makan dan minum serta jasa lainnya bagi umum, yang dikelola secara komersil.

 

2. Motel

Ada beberapa pengertian tentang motel, yaitu:

  • Bangunan yang terletak di luar pusat kota dan daerah sekat high way (jalan raya), biasanya pada bangunan itu disediakan penginapan dalam bentuk apartemen dan dapat untuk tempat tinggal kurang dari 24 jam saja, apartemen itu memiliki pintu masuk tersendiri dan satu garasi atau tempat parkir mobil.
  • Gabungan dari dua kata, yakni motor dan hotel, yaitu hotel yang menyedikan fasilitas khusus, yakni kendaraan bermotor.
  • Motor hotel, yaitu sejenis akomodasi yang biasanya terdapat di antara dua kota besar, tempat para pengendara mobil dapat beristirahat sesudah perjalanan jauh dan baru meneruskan perjalanannya pada keesokan harinya; mobil pemilik dapat diparkir dekat dengan kamarnya.

 

3. Guest House

Sejenis akomodatif yang dapat dimiliki oleh suatu perusahaan atau instansi yang diperuntukkan bagi para tamu yang akan menginap dan mendapatkan pelayanan makan dan minum. guest house merupakan akomodasi yang mempunyai fasilitas sederhana. Yang termasuk dalam jenis ini, di Indonesia dikenal dengan nama Pondok Wisata.

 

4. Youth Hostel

Adalah bangunan bagi para pejalan muda, penaik sepeda, dan sebagainya dapat tinggal dan makan atau menyediakan makanannya sendiri dengan murah.

 

5. Apartemen

  • Apartement

Bangunan yang menyediakan jasa akomodasi jangka yang lama untuk sejumlah orang dalam unit tersendiri dengan suatu dapir dan ruang tunggal atau ruang makan.

  • Apartement Hotel

Bangunan bercorak hotel yang terdiri dari beberapa apartement yang tidak menyediakan jasa catering (pelayanan).

 

6. Sanotarium

Tempat peristirahatan dan penginapan yang menghidangkan makanan diet bagi warga wisatawan – wisatawan yang menderita penyakit tertentu.

 

7. Pension

  • Rumah penginapan
  • Bentuk lain dari akomodasi bagi wisatawan, baisanya juga disediakan beberapa penginapan dan makanan pagi dengan biaya yang murah, terutama di Eropa.
  • Bisa juga dikatakan sebagai hotel kecil yang menyediakan makan pagi tamu dengan tariff terterntu. Perlengakpannya diatur menurut tingkat dan kepentingan tamu. Usaha penginapan dengan makan dalam bentuk kecil biasanya hanya menempati satu atau dua lantai suatu bangunan bertingkat. Dalam bentuk ini menyediakan ruangan umum.

 

 


Demikianlah bahasan kita mengenai Akomodasi . Terima kasih bagi yang menyempatkan waktu untuk membaca dan mampir di artikel √ Akomodasi : Pengertian , Ciri , Bentuk dan Jenisnya Lengkap . Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu 🙂

 

Baca Juga Artikel Lainnya

Baca Juga  √ Protein : Pengertian , Jenis , Struktur dan Fungsinya Lengkap
Baca Juga  √ Bakteri : Pengertian, Struktur, Reproduksi dan Klasifikasinya Lengkap
Baca Juga  Pengertian Essay , Ciri - Ciri , Jenis , Struktur dan Contoh nya Secara Lengkap
Baca Juga  √ Revolusi Bumi : Pengertian, Proses dan Dampaknya Lengkap
Baca Juga  √ Frasa : Pengertian, Ciri, Jenis & Contohnya Lengkap