√ Karangan Argumentasi : Pengertian, Ciri, Jenis, Tujuan & Contohnya Lengkap

Diposting pada

√ Karangan Argumentasi : Pengertian, Ciri, Jenis, Tujuan & Contohnya Lengkap

 

 

Materi.Co.ID – Hay hay bertemu lagi dengan artikel materi.co.id . Kali ini kita akan membahas tentang karangan argumentasi . Simak ulasan lengkap nya dibawah ini

 

√ Karangan Argumentasi : Pengertian , Ciri , Jenis , Tujuan dan Contoh Lengkap

 

Pengertian Karangan Argumentasi

Karangan argumentasi ialah salah satu bentuk tulisan yang isinya berupa pendapat-pendapat penulis mengenai suatu hal dengan mengemukakan pendapat berupa alasan, contoh dan bukti yang kuat. Karangan ini bertujuan untuk menyakinkan atau mempengaruhi pembaca untuk dapat memiliki pandangan yang sama dengan penulis.

 


Ciri – Ciri Karangan Argumentasi

  • Kalimat yang meyakinkan pembaca tentang suatu pendapat penulis
  • Pendapat / gagasan penulis dilengkapi data, fakta, grafik, gambar, atau tabel
  • Tidak memuat subjektivitas si penulis
  • Tidak memuat kalimat mengandung emosi penulis
  • Memuat logika serta penalaran
  • Terdiri dari 3 bagian utama yaitu pendahuluan, tubuh argumen (berisi argumen penulis), dan kesimpulan.

 


Jenis – Jenis Karangan Argumentasi

 

Karangan argumentasi terbagi menjadi 2 jenis , yaitu :

 

  • Karangan argumentasi sebab-akibat

Jenis karangan argumentasi sebab akibat yang memiliki isi paragraf yang diawali dengan beberapa pendapat yang merupakan sebab, kemudian berdasarkan pendapat itu pula lalu disimpulkan menjadi sebuah kesimpulan. Kesimpulan ini sendiri merupakan efek atau akibat dari sebab yang dipaparkan sebelumnya.

 

  • Karangan argumentasi akibat-sebab

Jenis karangan yang merupakan kebalikan dari karangan argumentasi sebab – akibat. Karangan ini memiliki isi paragraf yang diawali dengan pendapat yang merupakan akibat. Kemudian pada bagian akhir akan dijelaskan mengenai penyebab apa yang dapat menimbulkan akibat tersebut.

 


Langkah Penulisan Karangan Argumentasi

 

  • Menentukan Tema dan Topik

Tema dan topik ialah hal terpenting dalam setiap karangan, apapun jenis karangannya. Begitu juga ketika menyusun karangan argumentasi. Penentuan tema dan topik karangan merupakan langkah awal yang harus dilakukan. Tema dan topik ini akan menjadi langkah awal dalam menyusun argumen yang digunakan untuk mempengaruhi pembaca.

 

  • Menyusun Kerangka Karangan

Kerangka karangan dibuat dengan memperhatikan jenis karangan argumentasi yang akan dibuat. Misalkan untuk karangan argumentasi sebab akibat, maka kerangka karangan ini berisi kumpulan sebab dan akibat (sebab – akibat ke1 – akibat ke2 – … – akibat ke-n). Begitu juga untuk karangan argumentasi akibat-sebab, maka kerangkanya berisi kumpulan akibat dan sebab (akibat – sebab ke1 – sebab ke2 – … – sebab ke-n)

 

  • Mengembangkan Kerangka Karangan

Pengembangan karangan ini dilakukan untuk menyusun suatu karangan sehingga menjadi sebuah karangan yang komplit. Untuk membuat antar paragraf saling berhubungan, maka penggunaan konjungsi sangat dibutuhkan, misal oleh karena itu, jadi , dengan demikian . Hal yang tak kalah pentingnya dalam proses pengembangan kerangka ialah mengumpulkan informasi yang berupa fakta. Informasi ini digunakan untuk mendukung setiap pernyataan penulis agar pembaca merasa yakin.

 

  • Menyunting Karangan

Langkah terakhir penulisan karangan ialah penyuntingan. Penyuntingan ini bertujuan untuk menghindari kesalahan dalam penulisan karangan. Tahap penyuntingan dilakukan dengan membaca kembali hasil tulisan, yang mana pengerjaannya bisa dilakukan oleh penulis itu sendiri atau oleh orang lain.

 


Syarat – Syarat Karangan Argumentasi yang Baik

 

Menurut Liespati :  2010 , Syarat – syarat karangan argumentasi yang baik ialah :

  • Haruslah mengetahui tentang pokok permasalahan yang ingin diargumentasikan beserta dengan argumen-argumennya.
  • Harus berusaha mengemukakan permasalahan yang sejelas-jelasnya sehingga mudah dipahami dan dapat meyakinkan pembaca supaya mengikuti apa yang dikemukakan penulis.
  • Menggunakan kata-kata denotatif, rasional, objektif, dan disusun dalam kalimat yang efektif jadi tidak menimbulkan kesalahpahaman.
  • Argumentasi harus mengandung kebenaran untuk mencapai sesuatu hal yang logis dan benar.
  • Aktualitas, baik itu berupa bukti, contoh, atau alasan-alasan harus dijelaskan berdasarkan logika atau penalaran sehingga tersusunlah sebuah karangan argumentasi yang logis dan sistematis.
  • Menggunakan logika atau penalaran sebagai landasan berpikir.
  • Berbentuk retorika yang sering digunakan dalam tulisan-tulisan ilmiah .

 


Tujuan Karangan Argumentasi

Beberapa pendapat para ahli tentang tujuan karangan argumentasi :

  • Menurut Nursisto (1999) 

Tujuan karangan argumentasi akan tercapai apabila penulis mampu membuktikan dan memberikan alasan bahwa apa yang kita tuliskan itu benar.

 

  • Menurut Wiyanto (2004)

karangan argumentasi bertujuan menyampaikan suatu pendapat, konsepsi, atau opini tertulis kepada pembaca. Untuk meyakinkan pembaca bahwa yang disampaikan itu benar, penulis menyertakan bukti, contoh, dan berbagai alasan yang sulit dibantah.

 

  • Menurut Nurudin (2010)

mengungkapkan bahwa tulisan argumentasi bertujuan untuk meyakinkan pembaca, termasuk membuktikan pendapat atau pendirian dirinya. Bisa juga untuk membujuk pembaca agar pendapat penulis dapat diterima.

 

Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa tujuan karangan argumentasi adalah untuk meyakinkan pembaca mengenai kebenaran pendapat yang disampaikan oleh penulisnya dengan cara menyertakan bukti-bukti berupa fakta, sehingga pembaca dapat percaya dan terpengaruh dengan argumentasi penulis.

 


Contoh Karangan Argumentasi

 

  • Harga BBM Naik Lagi?

Pada akhir bulan April kemarin pemerintah resmi kembali menaikan harga BBM jenis premium yang awalnya Rp. 6.500 per liter menjadi Rp. 7.000 per liter. Kenaikan ini tergolong sebuah bentuk ketidak berpihakan pemerintah dengan masyarakat menengah ke bawah. Mereka kembali menaikan harga BBM dengan alesan mengikuti harga perkembangan minyak dunia dan mengalihkan subsidi ke sektor lain.

Hal ini tidaklah masuk akal sebab Indonesia merupakan salah satu Negara penghasil dan pemasok minyak bumi untuk Negara-negara lain. Cadangan minyak bumi kita cukup banyak dan dapat dikatakan surplus untuk memenuhi kebutuhan minyak bumi di dalam negeri. Lalu kenapa kita terpengaruh dengan harga minyak dunia sedangkan kita ialah produsen minyak tersebut.

Mereka juga mengatakan bahwa penghapusan subsidi BBM akan dialihkan kepada sector lain seperti pendidikan. pembangunan dan kesehatan. Lantas yang menjadi pertanyaan apakah kita sudah merasakan itu semua? pendidikan yang mahal dan tidak merata, pembangunan yang lambat, dan pengobatan yang mahal masih kita rasakan hingga saat ini. Lalu kemanakah janji-janji pemerintah tersebut? Apakah mereka menutup mata akan penderitaan masyarakatnya.

Sekali lagi kenaikan harga BBM ini mengikat leher masyarakat menegah ke bawah karena akibat kebijakan ini harga-harga kebutuhan pokok juga ikut mengalami kenaikan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan pemerintah mengkaji ulang kenaikan BBM ini.

 

  • Bahaya Rokok Bagi Kesehatan

Kebiasaan merokok dapat mengantarkan Anda kepada kematian. Sudah banyak sekali korban yang meninggal akibat merokok. Berdasarkan data yang dihimpun oleh Kementerian Kesehatan setiap 10 menit sekali ada orang yang meninggal akibat rokok di Indonesia.

Memang efek kematian yang disebabkan oleh rokok tidak bisa dirasakan langsung oleh perokok melainkan butuh waktu yang lama hingga bebeapa tahun.

Menurut Dr. Aria Nugraha, Asap yang dihisap oleh perokok akan menggerogoti organ pernafasan mereka seperti paru-paru tenggorokan dan lain-lain sehingga menyebabkan beberapa penyakit seperti Bronchitis, serangan jantung, dan gangguan kehamilan pada ibu yang sedang mengandung. Semakin lama asap yang mereka hirup akan semakin mempercepat proses itu.

Lalu mengapa rokok sangat berbahaya? Di dalam batang rokok terdapat zat-zat kimia yang berbahaya seperti racun, pemutih lantai dan bahkan bahan bakar roket. Tidak hanya pada batang rokok saja yang berbahaya, asap dan Tar juga dapat menyebabkan penyakit  kanker sebab kandungan nikotinnya yang sangat berbahaya bagi tubuh kita.

Oleh sebab itulah merokok dapat menyebakan kematian karena rokok juga dapat menyebakan berbagai macam penyakit yang bisa mematikan Anda.

 


Demikianlah bahasan kita mengenai karangan argumentasi . Terima kasih bagi yang menyempatkan waktu untuk membaca dan mampir di artikel √ Karangan Argumentasi : Pengertian, Ciri, Jenis, Tujuan & Contohnya Lengkap . Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu 🙂

 

 

Baca Juga Artikel Lainnya

Baca Juga  Pengertian Cerpen,Ciri-Ciri,Struktur,Unsur dan Fungsi Terlengkap
Baca Juga  √ Cerita Fantasi : Pengertian , Ciri , Jenis , Struktur dan Contohnya Lengkap
Baca Juga  √ 4 Contoh Teks Observasi Hewan & Tumbuhan Secara Lengkap
Baca Juga  √ Novel : Pengertian , Ciri , Jenis , Struktur dan Unsur Lengkap
Baca Juga  Pengertian Majas Paradoks , Ciri , Tujuan dan Contoh Secara Lengkap