√ Biografi : Pengertian , Ciri , Jenis , Struktur dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

√ Biografi : Pengertian , Ciri , Jenis , Struktur dan Contohnya Lengkap

 

 

Materi.Co.ID – Hay hay bertemu lagi dengan artikel materi.co.id . Kali ini kita akan membahas tentang biografi . Simak ulasan lengkap nya dibawah ini

√ Biografi : Pengertian , Ciri , Jenis , Struktur dan Contohnya Lengkap
√ Biografi : Pengertian , Ciri , Jenis , Struktur dan Contohnya Lengkap

 

Pengertian Biografi

 

Kata Biografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu Bios yang berarti hidup dan Graphien yang berarti tulisan. Sehingga secara singkat pengertian biografi ialah tulisan yang membahas mengenai kehidupan seseorang.

Umumnya pembuatan biografi hanya tertuju pada tokoh-tokoh yang dianggap penting dan mempunyai pengaruh bagi kehidupan orang banyak. Biografi dapat berupa tulisan singkat dalam satu artikel pendek, tetapi bisa juga dalam bentuk buku atau lebih dari satu buku.

Biografi seseorang dalam bentuk artikel singkat biasanya menjelaskan tentang fakta kehidupan seseorang secara singkat. Sedangkan biografi dalam bentuk buku berisi berbagai informasi dan fakta hidup seseorang yang dikisahkan secara mendetail dan ditulis dengan gaya bahasa yang menarik.

 


 

Ciri – Ciri Biografi

 

  • Biografi ini memiliki struktur yang terdiri atas : orientasi, peristiwa atau masalah, juga reorientasi.
  • Biografi ini menguraikan dengan berdasarkan informasi fakta dan juga disajikan dalam bentuk narasi.
  • Faktualnya (fakta) dengan berdasarkan pengalaman hidup seseorang yang diceritakan dalam tokoh biografi tersebut.

 


 

Jenis – Jenis Biografi

 

1.Berdasarkan Sisi Penulis

  • Autobiografi :  Suatu riwayat hidup yang ditulis sendiri oleh tokoh tesebut.
  • Biografi : Suatu bentuk teks yang berisi mengenai kisah atau cerita suatu tokoh dalam mengarungi kehidupannya, entah itu berupa kelebihan, masalah atau kekurangan yang ditulis oleh orang lain.

 

2.Berdasarkan izin penulisan

  • Authorized biography : sebuah biografi yang penulisannya mendapatkan izin atau diketahui oleh tokoh yang akan di tulis cerita hidupnya.
  • Unauthorized biography : sebuah biografi yang penulisannya tanpa seizing dan diketahui oleh tokoh yang ingin di tulis kisah hidupnya. Biasanya penulisan unauthorized biography terjadi karena tokoh tersebut telah wafat.

 

3.Berdasarkan Isinya

  • Biografi perjalanan hidup : biografi yang berisi tentang sebuah perjalanan hidup lengkap seorang tokoh atau diambil dari bagian-bagian tertentu yang dirasa memiliki kesan.
  • Biografi perjalanan karir : biografi yang berisi tentang sebuah perjalanan karir seorang tokoh yang dimulai dari awal hingga karir yang dilakukan saat ini atau bisa juga perjalanan karir dalam mencapai sebuah kesuksesan tertentu.

 

4.Berdasarkan Persoalan yang Dibahas

  • Biografi politik : penulisan cerita hidup tokoh suatu Negara dilihat dari sudut pandang politik. Biografi sejenis ini mendapatkan bahan dari kumpulan berbagai studi. Namun, biografi politik umumnya tidak lepas atau sarat akan kepentingan penulis atau tokoh yang minta untuk ditulis.
  • Biografi intelektual : biografi ini hampir sama dengan biografi politik, persamaannya yaitu kumpulan bahannya yang didapatkan dari berbagai riset. Namun, penulisannya dituangkan dalam gaya bahasa ilmiah.
  • Biografi jurnalistik : sebuah biografi yang penulisannya didapatkan dari hasil wawancara dengan tokoh yang akan ditulis atau tokoh yang menjadi rujukan sebagai bahan pendukung cerita.

 

5.Berdasarkan Penerbit

  • Buku sendiri : sebuah biografi tokoh yang dijadikan buku oleh penerbit dengan biaya produksi mulai dari penulisan, percetakan dan pemasaran ditanggung sendiri. Penulisan biografi ini bertujuan untuk laku dijual dipasaran atau mendapatkan perhatian publik.
  • Buku subsidi : penulisan biografi tokoh yang biaya produksinya ditanggung oleh sponsor. Biasanya biografi seperti jika dilihat dari segi komersil tidak akan laku ataupun jika laku harga jualnya terlalu tinggi sehingga tidak terjangkau.

 


 

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Teks Biografi

 

  • Judul biografi
  • Hal yang menarik serta mengesankan yang ditampilkan dalam kehidupan tokoh yang diceritakan.
  • Hal yang mengagumkan serta mengharukan yang timbul dalam kehidupan tokoh yang diceritakan.
  • Hal yang dapat menjadi acuan atau teladan dari kehidupan tokoh.

 


 

Struktur Biografi

 

  • Orientasi

Orientasi ialah bagian perkenalan dari sebuah biografi. Di bagian ini penulis biografi biasanya menjelaskan gambaran awal orang yang dikisahkan di dalam biografi tersebut.

 

  • Peristiwa / Masalah

Peristiwa atau pun masalah merupakan bagian isi / utama dari sebuah biografi. Pada bagian ini penulis akan menjelaskan tentang seluruh kejadian dan peristiwa penting yang dialami oleh orang atau pun tokoh yang diceritakan di dalam biografi. Dapat dikatakan, bagian peristiwa / masalah merupakan bagian utama atau pun bagian pokok yang harus ada dalam sebuah biografi.

 

  • Reorientasi

Reorientasi ialah bagian penutup dari sebuah biografi. Di bagian ini penulis biografi akan memberikan pandangannya terhadap tokoh yang dikisahkannya. Berbeda dengan bagian struktur peristiwa, keberadaan pandangan penulis dalam sebuah biografi bersifat optional.

 


 

Cara Membuat Biografi

 

  • Latar belakang keluarga

Di sini bercerita tentang keluarganya dalam bentuk kedua orang tua, tempat dan tanggal lahir, apa anak itu, dan memberitahu saudaranya.

 

  • Latar belakang pendidikan

Berisi pendidikan yang telah dicapai hingga sekarang beserta tahun dan nama sekolah. Dan itu dimulai dengan paragraf baru.

 

  • Latar Belakang Prestasi

Berisi semua prestasi yang telah diperoleh sejak kecil hingga sekarang.

 

  • Latar Belakang Pekerjaan

Jika Anda sudah bekerja maka daftarkan itu tetapi jika Anda masih seorang siswa, poin-poin ini dapat dihapus. Tetapi jika itu berhasil, maka jelaskan pekerjaan itu.

 

  • Latar Belakang Pekerjaan

Ini khusus untuk mereka yang telah bekerja dan lagi untuk siswa, poin-poin ini dapat dihilangkan.

 


 

Kaidah Kebahasaan Teks Biografi

 

  • Menggunakan pronomina ( kata ganti) orang ketiga tunggal dia , ia atau beliau. Umumnya kata ganti ini digunakan bervariasi dengan panggilan tokoh atau penyebutan tokoh.
  • Menggunakan kata kerja tindakan untuk menjelaskan peristiwa atau perbuatan fisik yang dilakukan oleh tokoh yang sedang diceritakan dalam teks biografi tersebut.
  • Menggunakan kata adektiva guna memberikan informasi secara terperinci tentang sifat tokoh.
  • Menggunakan kata kerja pasif untuk menjelaskan peristiwa yang dialami tokoh sebagai subjek yang diceritakan.
  • Menggunakan kata kerja yang berhubungan dengan aktivitas mental dalam rangka penggambaran peran tokoh.
  • Menggunakan kata sambung , kata depan , atau nomina yang berkenan dengan urutan waktu.

 


 

Contoh Biografi

 

Baacharuddin Jusuf Habibie atau lebih dikenal dengan B.J Habibie merupakan tokoh yang sangat terkenal di Indonesia maupun dunia. B.J Habibie pada tanggal 25 Juni 1936 lahir tepatnya di Pare-Pare. Tokoh yang satu ini bahkan pernah menjabat menjadi presiden Indonesia. Walaupun kepemimpinannya tidaklah lama, namun B.J Habibie sangat berpengaruh bagi Indonesia.

Istri dari B.J Habibie bernama Ainun Bersari. Almarhumah mendampingi B.J Habibie dalam masa perjalanan hidupnya. B.J Habibie dikenal bukan sebagai seorang politikus yang handal. Ia dikenal sebagai bapak teknologinya Indonesia. Ini dikarenakan kepintaran Habibie dalam urusan teknologi khususnya teknologi pesawat terbang.

Tidak tanggung-tanggung, bahkan B.J Habibie pernah mengenyam pendidikan di ITB atau Institut Teknologi Bandung. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikannya untuk sekolah di Jerman.

Pada saat di Jerman inilah banyak pihak yang merasa kagum dengan B.J Habibie dalam urusan pembuatan pesawat terbang. B.J Habibie mampu memberikan semangat pada kaum muda Indonesia, jika anak-anak Indonesia mampu bersaing dalam teknologi.

 

 


Demikianlah bahasan kita mengenai biografi . Terima kasih bagi yang menyempatkan waktu untuk membaca dan mampir di artikel √ Biografi : Pengertian , Ciri , Jenis , Struktur dan Contohnya Lengkap  . Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu 🙂

 

Baca Juga Artikel Lainnya

Baca Juga  √ Hormon : Pengertian, Fungsi, Ciri, dan Jenisnya Lengkap
Baca Juga  √ Nukleus : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Jenisnya Lengkap
Baca Juga  √ Kromosom : Pengertian, Struktur, Jenis dan Fungsinya Lengkap
Baca Juga  √ Sentrosom : Pengertian, Fungsi, Peranan dan Siklusnya Lengkap
Baca Juga  √ Plastida : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Jenisnya Lengkap