√ Paragraf Generalisasi : Pengertian, Ciri, Macam & Contohnya Lengkap

Diposting pada

√ Paragraf Generalisasi : Pengertian , Ciri , Macam dan Contohnya Lengkap

 

 

Materi.Co.ID – Hay hay bertemu lagi dengan artikel materi.co.id . Kali ini kita akan membahas tentang paragraf generalisasi . Simak ulasan lengkap nya dibawah ini

 

√ Paragraf Generalisasi : Pengertian , Ciri , Macam dan Contohnya Lengkap

Pengertian Paragraf Generalisasi

Paragraf generalisasi ialah paragraf yang memberikan penalaran induktif melalui tahap penarikan kesimpulan dari data yang sudah ada. Data adalah unsur yang sangat penting adanya dalam paragraf ini. Data yang digunakan untuk memberikan penaralaran induktif adalah data yang cukup untuk mewakili dan menunjukkan kebenaran akan suatu kesimpulan penulis di akhir.

 


Ciri – Ciri Paragraf Generalisasi

  • Terdapat data, fakta, serta keterangan yang menjelaskan secara detail kesimpulan akhir nantinya. Hal ini ialah bagian yang sangat penting dalam membentuk paragraf generalisasi. Apabila penulis gagal dalam memaparkan informasi yang meyakinkan, maka pada kesimpulan pun juga tidak maksimal.
  • Adanya hubungan informasi yang dipakai dalam paragraf tersebut. Dengan keterkaitan yang kuat, akan dapat memudahkan pembaca supaya mengerucutkan isi paragraf hingga sampai pada kesimpulan.
  • Terdapat kesimpulan pada akhir paragraf. Kesimpulan ini bersifat general serta harus bisa mencakup apa yang sudah dipaparkan sebelumnya.

 


Macam-Macam Paragraf Generalisasi

 

  • Loncatan Induktif

Pada paragraf ini, menyajikan kalimat-kalimat yang bertolak dari beberapa fakta pada kalimat awal, yang mana fakta tersebut belum dapat mencerminkan keseluruhan fenomena yang terjadi. Oleh karenanya pada kalimat jenis ini merupakan kalimat generalisasi yang lemah, karena dalam kalimat awal mengandung fakta-fakta yang tidak seutuhnya mencerminkan keseluruhan fenomena.

 

  • Tanpa Loncatan Induktif

Paragraf jenis ini merupakan kebalikan dari paragraf generalisasi loncatan induktif. Pada paragraf ini, menyuguhkan kalimat-kalimat fakta yang lengkap dan menggambarkan keseluruhan fenomena. Sehingga paragraf ini sangat baik karena menyajikan data yang lengkap.

 


Contoh Paragraf Generalisasi

 

Contoh 1

Pemerintah berasumsi bahwa kenaikan harga BBM mampu menguatkan nilai tukar rupiah terhadap dolar. Dengan demikian perekonomian nasional akan meningkat seiring dengan dikuranginya anggaran untuk subsisi BBM. Hal ini berdampak pada naiknya ongkos distribusi yang berimbas pada kenaikan harga bahan pokok serta kebutuhan lainnya. Tentu saja rakyat kecil yang paling dirugikan dengan adanya kebijakan ini. Berbagai kalangan baik dari pihak oposisi, akademisi, dan mahasiswa mengecam dan memberikan kritik pedas pada kebijakan pemerintah yang terkesan mengambil jalan pintas untuk menaikkan perekonomian negara dengan mengurangi subsidi BBM. Menaikan harga BBM bukan satu-satunya solusi untuk membenahi perekonomian nasional.

Paragraf di atas menjelaskan tentang masalah-masalah yang terjadi berkaitan dengan naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) pada kalimat-kalimat sebelum kalimat utama. Kalimat utama berada di akhir paragraf yang menggeneralisasikan bahwa menaikan harga BBM bukan satu-satunya solusi untuk membenahi perekonomian nasional.

 

Contoh 2

Para koruptor tidaklah memiliki hati. Mereka dengan seenaknya memanfaatkan posisi atau jabatan mereka demi keuntungan priabadi dan kelompoknya. Mereka tidak mengerti atau seakan tidak peduli bahwa perbuatan tersebut merupakan perbuatan dosa. Bahkan telah jelas dikatan bahwa mencuri atau memakan uang yang bukan miliknya merupakan perbuatan haram. Padahal mereka telah diajari ilmu agama baik di sekolah maupun di lingkungan keluarganya. Mereka pun tahu bahwa mereka akan menerima hukuman dari perbuatanny tersebut. Jadi bisa dipasatikan bahwa para koruptor merupakan orang – orang yang tidak takut dengan Tuhan yang menciptakannya.

 

Contoh 3

Sapi berkambang biak dengan cara melahirkan, mereka melahirkan anaknya setelah mengandung di dalam perut. Demikian pula dengan kambing, mereka juga berkembang biak dengan cara melahirkan. Berbeda dengan sapi, kambing memiliki massa untuk mengandung anak yang lebih singkat daripada sapi. Tidak hanya sapi dan kambing, kerbau pun melahirkan anak – anaknya. Hal ini dikarenakan meraka memiliki kelenjar susu yang ada pada tubuh bagian bawah mereka. Oleh karena itu, semua hewan mamalia berkaki empat memiliki kalenjar susu pada bagian tubuhnya.

 

Contoh 4

Buah tomat merupakan buah yang sarat khasiat. Buah tomat dapat mencegah penyakit kekurangan vitamin. Di samping itu juga mencegah kanker prostat, kanker usus besar, dan kanker paru-paru. Hasil penelitian menunjukkan tomat dapat mengobati gangguan pencernaan, diare, kolera, dan serangan empedu.

 


Demikianlah bahasan kita mengenai paragraf generalisasi . Terima kasih bagi yang menyempatkan waktu untuk membaca dan mampir di artikel √ Paragraf Generalisasi : Pengertian, Ciri, Macam & Contohnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu 🙂

 

Baca Juga Artikel Lainnya

Baca Juga  √ Teks Diskusi : Pengertian , Jenis , Struktur dan Contohnya Lengkap

Baca Juga  Pengertian Teks Prosedur Kompleks , Ciri , Kaidah dan Contoh Terlengkap

Baca Juga  Pengertian Fakta dan Opini beserta Contoh Secara Lengkap

Baca Juga  √ Platyhelminthes : Pengertian, Struktur, Ciri dan Klasifikasinya Lengkap

Baca Juga  Pengertian Teks Eksposisi , Ciri-Ciri , Tujuan , Struktur dan Contoh Terlengkap