Rumus Gelombang Mekanik

Diposting pada

Materi.Co.ID – Hay hay bertemu lagi dengan artikel materi.co.id . Kali ini kita akan membahas tentang gelombang mekanik. Simak ulasan lengkap nya dibawah ini.

√ Gelombang Mekanik : Pengertian, Jenis, Rumus dan Manfaatnya Lengkap


Pengertian Gelombang Mekanik

Gelombang mekanik ialah suatu gelombang dimana perambatannya membutuhkan medium, medium tersebut dibutuhkan untuk menyalurkan energi untuk proses perambatan gelombangnya.

Salah satu contoh gelombang mekanik ialah suara. Suara membutuhkan udara atau medium lainnya untuk menyalurkan energi gelombangnya untuk merambat. Tanpa udara atau medium perambatannya, gelombang suara tidak bisa merambat. Oleh sebab itulah di luar angkasa astronot tidak dapat berbicara dan mendengar suara astronot yang lainnya tanpa memakai alat bantu komunikasi elektronik.


Karakteristik Gelombang Mekanik

  • Gelombang mekanik membutuhkan alat atau juga perantara untuk bisa berpindah.
  • Gelombang tersebut mempunyai panjang gelombang,
    periode gelombang,
    frekuensi gelombang, serta
    cepat rambat gelombang.

Panjang gelombang yang diciptakan gelombang transversal serta juga gelombang terpolarisasi itu sangat berbeda. Panjang gelombang transversal tersebut bisa diukur dari bukit, puncak serta dasar gelombang. Periode gelombang merupakan waktu yang diperlukan untuk bisa menempuh satu gelombang. Frekuensi gelombang merupakan jumlah gelombang yang diciptakan setiap detik. Cepat rambat gelombang ialah suatu jarak yang akan ditempuh oleh gelombang penuh tiap detik.


Jenis – Jenis Gelombang Mekanik

  • Gelombang transversal

Gelombang yang arah getarnya tegak lurus arah rambatnya.

Sewaktu gelombang mekanik berjalan melalui medium, partikel yang membangun medium mengalami berbagai macam perpindahan (pergeseran), yang bergantung pada sifat gelombangnya. Misalnya yang terjadi pada gelombang dawai, Apabila ujung dawai atau tali yang mengalami tegangan kita goyang sedikit ke arah atas, maka goyangan itu berjalan sepanjang dawai tersebut.

Baca Juga  Jenis - Jenis Gelombang

Bagian-bagian dawai yang bersambungan mengalami gerak yang sama dengan yang diberikan kepada ujung dawai itu, namun sesudahnya secara berurutan. Sebab pergeseran medium itu tegak lurus atau transversal terhadap arah perjalanan gelombang sepanjang medium itu, maka gelombang ini dinamai gelombang transversal.

Contoh lain dari gelombang transversal yakni gelombang tali, gelombang air, dan semua bentuk gelombang eletromagnetik.


  • Gelombang longitudinal

Gelombang longitudinanal merupakan gelombang yang arah getarnya memiliki arah yang sama dengan arah rambatnya.

Contohnya piston, apabila kita menggerakkan piston itu satu kali bolak balik, maka fluktuasi tekanan akan berjalan sepanjang medium itu. Pada waktu ini, gerakan partikel-partikel medium itu ialah gerakan bolak-balik sepanjang arah yang sama seperti arah perjalanan gelombang.


  • Gelombang Tranversal-Longitudinal

Selain itu, terdapat macam gerakan yang berkarakter sebagai gelombang transversal sekaligus gelombang longitudinal.

Masing-masing sistem tersebut memiliki kondisi setimbang. Untuk dawai yang diregangkan, keadaan kesetimbangannya ialah pada saat sistem tersebut diam, dan diregangkan sepanjang sebuah garis lurus. Dalam setiap kasus, ada gaya yang cendrung memulihkan sistem itu ke posisi kesetimbangannya bila sistem itu digeser, seperti pada gaya gravitasi yang cendrung menarik sebuah bandul mengarah ke posisi kesetimbangannya yang lurus ke bawah jika bandul itu digeser.


Rumus Gelombang Mekanik

Persamaan yang digunakan dalam gelombang ialah

T = t/n
f = n/t
dan
T = 1/f
f = 1/T

Keterangan :

T ialah periode (s)
t ialah waktu (s)
n ialah banyaknya gelombang (kali)
f ialah frekuensi (Hz)

Untuk menentukan cepat rambat gelombang digunakan persamaan ;
v = λ.f atau v = λ/T

Keterangan :

λ ialah panjang gelombang (m)
v ialah cepat rambat gelombang (m/s)


Manfaat Gelombang Mekanik

  • Untuk Membunyikan Dawai

Pada saat gelombang mekanik berjalan lewat medium, maka partikel yang membangun medium yang mengalami beberapa jenis perpindahan atau pergeseran tergantung dari sifat gelombang. Pada saat tali atau ujung dawai mengalami tegangan saat digoyangkan sedikit ke arah atas, maka goyangan tersebut akan bergerak sepanjang dawai dan manfaat alat musik ritmis ini bisa menciptakan bunyi. Bagian dawai yang berurutan akan mengalami gerak sama dengan yang diberikan pada ujung dawai dan akhirnya memunculkan bunyi.

Baca Juga  Macam - Macam Bunyi

  • Untuk Menggerakan Piston

Pada saat menggerakan piston satu kali bolak balik, maka fluktuasi tekanan akan bergerak di sepanjang medium tersebut. Gerakan dari partikel medium tersebut ialah gerakan bolak balik sepanjang arah yang sama seperti arah perjalanan gelombang maka piston akhirnya bisa digerakkan.


  • Untuk Mendengar

Gelombang mekanik ialah suara dan suara sendiri merupakan salah satu manfaat gelombang mekanik yang merambat lewat perubahan tekanan udara yang rapat dan renggangnya molekul berada di dalam udara sehingga akhirnya setiap manusia dan juga hewan dapat mendengar.


  • Menggerakan Ombak

Ombak yang sering tampak di pantai juga bisa terbentuk sebab gelombang mekanik. Ombak memerlukan air sebagai medium sehingga jika tidak ada air, maka gelombang juga tidak bisa diciptakan dan inilah yang membuat mengapa ombak di laut terus saja bergerak sebab adanya gelombang mekanik dipantai tersebut seperti manfaat pasang surut air laut.


  • Memenuhi Kebutuhan Teknologi

Penerapan gelombang mekanik yakni gelombang bunyi yang juga merupakan bagian dari gelombang mekanik juga dapat diterapkan dalam teknologi. Dengan semakin berkembangnya dunia pengetahuan, maka gelombang mekanik bisa dipakai juga untuk keperluan penelitian seperti contohnya dalam bidang kelautan yakni untuk mengetahui kedalaman dari laut.


  • Kacamata Tunanetra

Berbeda dengan manfaat gelombang elektromagnetik, manfaat gelombang mekanik kemudian juga dimanfaatkan dalam kacamata tunanetra. Kacamata tunanetra dilengkapi dengan alat pengirim dan penerima ultrasonik dengan menggunakan pengiriman dan penerimaan gelombang mekanik ultrasonik. Dengan kacamata tunanetra ini, nantinya dapat digunakan untuk menduga jarak benda yang berada di dekatnya.


  • Untuk Seismograf

Gelombang mekanik juga dapat digunakan untuk seismograf. Getaran dari bumi atau ledakan dahsyat bisa menimbulkan manfaat gelombang bunyi yang bisa menempuh perjalanan sangat jauh lewat bumi. Jika getaran tersebut tercatat dalam seismograf di banyak permukaan bumi, maka catatan tersebut dapat digunakan untuk mendeteksi, menemukan lokasi dan juga klasifikasi gangguan atau untuk memberikan informasi mengenai struktur bumi.

Baca Juga  Rumus Kalor

  • Untuk Memeriksa Velg Mobil

Gelombang mekanik kemudian dapat digunakan untuk memeriksa velg mobil memakai alat bernama reflektoskop. Reflektoskop tersebut nantinya dipakai untuk mendeteksi cacat yang berada pada besi tuang velg mobil jadi hasil dari velg mobil yang siap jual sempurna dan tidak terdapat cacat.


Demikianlah bahasan kita mengenai gelombang mekanik. Terima kasih bagi yang menyempatkan waktu untuk membaca dan mampir di artikel √ Rumus Gelombang Mekanik : Pengertian, Jenis & Manfaatnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu 🙂


Baca Juga Artikel Lainnya