√ Teks Diskusi : Pengertian , Jenis , Struktur dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

√ Teks Diskusi : Pengertian , Jenis , Struktur dan Contohnya Lengkap

 

 

Materi.Co.ID – Hay hay bertemu lagi dengan artikel materi.co.id . Kali ini kita akan membahas tentang teks diskusi . Simak ulasan lengkap nya dibawah ini

 

√ Teks Diskusi : Pengertian , Jenis , Struktur dan Contohnya Lengkap
√ Teks Diskusi : Pengertian , Jenis , Struktur dan Contohnya Lengkap

 


 

Pengertian Teks Diskusi

 

Teks diskusi ialah sebuah tulisan yang mengulas suatu masalah (isu) dengan disertai argumen atau pendapat baik yang mendukung maupun yang menentang isu tersebut serta diakhiri dengan simpulan atau rekomendasi penulis.

Teks diskusi juga merupakan salah satu bentuk kegiatan wicara. Dengan berdiskusi kita bisa menambah dan memperluas pengetahuan dan memperoleh banyak pengalaman. Diskusi adalah pertukaran pikiran, gagasan, pendapat antara dua orang atau lebih secara lisan.

 


 

Jenis – Jenis Teks Diskusi

 

  • Seminar : sebuah pertemuan khusus yang memiliki teknis dan akademis tujuannya untuk melakukan studi menyeluruh mengenai topik tertentu dengan pemecahan suatu permasalahan yang memerlukan interaksi di antara para peserta seminar yang dibantu oleh seorang guru besar ataupun cendikiawan.

 

  • Lokakarya : suatu acara di mana beberapa orang akan berkumpul dengan tujuan memecahkan atau menyelesaikan masalah tertentu dan mencari solusinya.

 

  • Muktamar : konvensi untuk permusyawarah dan mengkaji sesuatu persoalan.

 

  • Simposium : merupakan pertemuan terbuka dengan beberapa pembicara yang menyampaikan ceramah pendek mengenai aspek yang berbeda tetapi saling berkaitan tentang suatu masalah.

 

  • Kongres : pertemuan besar para wakil organisasi ( politik, sosial, profesi) untuk mendiskusikan dan mengambil keputusan.

 

  • Diskusi panel : sekelompok individu yang membahas topik tentang kelebihan pada masyarakat atau pendengar.

 


 

Struktur Teks Diskusi

 

  • Isu : berisi masalah yang akan didiskusikan lebih lanjut.
  • Argumen mendukung : berisi tentang argumen yang mendukung tentang hal yang menjadi pokok masalah diskusi.
  • Argumen menentang : berisi tentang argumen yang bertentangan dengan argumen yang mendukung.
  • Kesimpulan : berisi kesimpulan dan rekomendasi mengenai isu yang dibahas. baiknya mengambil jalan tengah tentang suatu yang sedang didiskusikan.

 


 

Tujuan Teks Diskusi

 

  • Untuk bisa menyadari dan menguji bukti sistem nilai, opini dan respon dari suatu gagasan atau orang lain.
  • Melakukan pengujian secara bersama mengenai suatu gagasan yang dikemukakan orang lain
  • Untuk saling tukar pikiran dan ide
  • Untuk mempelajari mengungkapkan dan juga menanggapi keterangan yang searah
  • Untuk menghubungkan data dan kondisi dari berbagai pandangan oran glain dan latar belakang yang tidak sama.

 


 

Kaidah Kebahasaan Teks Diskusi

 

1.Penggunaan Konjungsi Perlawanan

Menggunakan tanda hubung perlawanan seperti tetapi, sedangkan, tidak tetapi, dan bukan melainkan, penggunaan kata kerja dan kata benda.

 

2.Penggunaan Kohesi Leksikal dan Kohesi Gramatikal

  • Kohesi leksikal ialah hubungan semantis antar—unsur pembentuk wacana dengan memanfaatkan unsur leksikal atau kata yang dapat diwujudkan dengan reiterasi dan kolokasi.
  • Kohesi gramatikal ialah kepaduan yang dicapai dengan menggunakan elemen dan aturan gramatikal. Kohesi gramatikal dapat terbentuk melalui rujukan, substitusi, dan elipsis.

 

3.Penggunaan Modalitas

Salah satu ciri unsur kebahasaan di dalam teks diskusi adalah adanya kata modalitas.

  • Modalitas ialah kata yang mempunyai makna kemungkinan, kenyataan, dan sebagainya yang dinyatakan dalam kalimat. Dalam bahasa Indonesia, modalitas dinyatakan dengan kata-kata seperti harus, akan, ingin, dan mungkin.

 


 

Manfaat Diskusi

 

  • Saling menghargai pendapat orang lain
  • Dapat menahan rasa ego yang ada dalam diri
  • Dapat menyelesaikan masalah yang sedang didiskusikan
  • Dapat mempererat hubungan antara yang satu dengan yang lain, mengapa dmikian? dengan berdiskusi, mengahargai pendapat orang, menyelesaikan masalah bersama-sama, mendengarkan lawan berbicara, dapat mempererat hubungan atau membuat lebih akrab.
  • Belajar untuk memahami karakter
  • Menambah wawasan
  • Bertukar ilmu
  • Dapat berbicara didepan orang lain dengan baik, mulai dari sopan santun, etika, sampai penyusunan kalimat atau dalam merangkai kata-kata.

 


 

Contoh Teks Diskusi

Dampak Kehadiran Ojek Online Terhadap Ojek Konvensional

Isu

Akhir-akhir ini marak bermunculan di kota-kota besar jasa layanan ojek secara online yang dapat dipesan melalui smartphone. Hanya bermodalkan smartphone, koneksi internet, dan gps layanan ojek online ini siap menjemput dan mengantarkan pemesannya ke tempat tujuan.

Karena kemunculannya yang terbilang baru, ojek online menuai pro dan kontra karena beberapa orang menganggap kehadirannya mengganggu penghasilan tukang ojek konvensional. Namun, beberapa orang lain menyatakan sangat terbantu oleh kehadiran ojek online yang praktis dan bisa dipesan kapan saja, dan dari mana saja.

Argumen Pendukung

Pada satu sisi, Ojek online di kota-kota besar didukung oleh beberapa kalangan. Mereka beranggapan bahwa kemudahan dalam memesan, dan tersedianya fasilitas pendukung tambahan membuat mereka tidak ragu untuk memilih ojek online dibanding ojek konvensional. Selain itu, kemampuan memesan dari segala tempat adalah keunggulan utama dari ojek online.

Argumen Penentang

Akan tetapi, di sisi lainnya, ojek online dianggap merebut konsumen dari ojek konvensional secara sepihak. Bahkan beberapa langganan ojek konvensional mulai beralih menggunakan jasa ojek online. Bahkan sempat terjadi perseteruan antara pengojek online dan konvensional mengenai perebutan konsumen yang mengakibatkan menurunnya penghasilan pengojek konvensional secara drastis.

Kesimpulan

Keunggulan dan Kelemahan dari suatu gagasan pasti ada. Menghapus ojek online secara serta-merta bukan keputusan yang bijak karena pasti ada pihak yang merasa dirugikan. Oleh karena itu, sebaiknya para ojek online dan ojek konvensional melakukan permusyawaratan guna mencari kesepakatan mengenai pengambilan calon konsumen.

Alternatif lainnya adalah pihak pemilik ojek online bisa memperlebar sayap dan mencoba merekrut para pengojek konvensional untuk dijadikan anggota pengojek online dengan dukungan pemberian perangkat-perangkat yang dibutuhkan, dan pelatihan penggunaan layanan sehingga para pengojek konvensional tetap mendapatkan pendapatan yang setara dengan pengojek lainnya.

 

 


Demikianlah bahasan kita mengenai teks diskusi . Terima kasih bagi yang menyempatkan waktu untuk membaca dan mampir di artikel √ Teks Diskusi : Pengertian , Jenis , Struktur dan Contohnya Lengkap . Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu 🙂

Baca Juga Artikel Lainnya

Baca Juga  √ Pamflet : Pengertian , Ciri , Jenis dan Contoh nya Lengkap
Baca Juga  √ Gurindam : Pengertian , Ciri , Jenis dan Contohnya Lengkap
Baca Juga  √ Ambigu : Pengertian, Faktor, Jenis & Contohnya Lengkap
Baca Juga  √ Sinopsis : Cara Membuat Sinopsis dan Pengertiannya Lengkap
Baca Juga  √ Pengumuman : Pengertian , Ciri , Jenis , Unsur dan Contohnya Lengkap